PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 51 Menit 0 Detik

Yuk, Kenali 2 Jenis Metode Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 28-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c17f7624455e3bf4be67287fbebfbc35_x_Thumbnail800.jpg

Dalam suatu kegiatan penelitian terdapat salah satu proses penting, yaitu proses analisis data. Analisis data adalah sebuah proses pengumpulan, penyusunan sampai dengan menarik informasi yang berguna dari kumpulan data yang banyak. Informasi yang didapatkan dari proses analisis data dapat mengoptimalkan proses dalam suatu bisnis sehingga menjadi efisien secara keseluruhan. Oleh karena itu, agar informasi yang dihasilkan akurat maka proses analisis data harus dilakukan dengan benar sesuai dengan jenis data yang ada pula.


Data yang telah ada akan dianalisis menggunakan metode analisis. Metode analisis merupakan bagian dari proses analisis data. Secara umum terdapat dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan jenis data ini maka terdapat dua metode analisis pula, yaitu analisis kuantitatif yang diterapkan pada data kuantitatif dan analisis kualitatif yang diterapkan pada data kualitatif. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.


1. Pentingnya Analisis Data


Proses analisis data merupakan proses yang penting dikarenakan proses ini menjadi sebuah solusi dari permasalahan suatu perusahaan. Apalagi dalam dunia yang saat ini serba digital dimana data sudah sangat berlimpah, permasalahan data menjadi salah satu masalah utama jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu proses analisis data sangat diperlukan untuk menghasilkan informasi yang berguna kepada perusahaan tersebut dari kumpulan data yang ada.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Analisis Kuantitatif


Metode analisis kuantitatif diterapkan pada data kuantitatif. Data kuantitatif adalah data yang dapat dideskripsikan dalam bentuk numerik atau angka. Metode analisis data kuantitatif merupakan metode yang bergantung kepada kemampuan untuk menghitung data secara akurat dan memerlukan kemampuan untuk menginterpretasi data yang kompleks. Kelebihan dari metode ini adalah memiliki kesimpulan yang lebih terukur dan komprehensif. Metode yang dapat digunakan seperti diagnosis, prediksi dan preskriptif.


3. Analisis Kualitatif


Metode analisis kualitatif diterapkan pada data kualitatif. data kualitatif adalah data yang tidak dapat dideskripsikan dalam bentuk numerik atau angka. Metode analisis kualitatif dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti wawancara dan observasi. data yang dianalisis dapat berupa teks atau narasi . Metode ini merupakan metode pendekatan yang sifatnya lebih subjektif. Kelebihan dari metode ini adalah kedalaman hasil analisisnya yang didapatkan secara mendalam dari hasil pengamatan, wawancara dan literatur.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Mulai Karier
      sebagai Praktisi
      Data Bersama
      DQLab

      Daftar sekarang dan ambil langkah
      pertamamu untuk mengenal
      Data Science.

      Buat Akun


      Atau

      Sudah punya akun? Login