DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 11 Menit 4 Detik 

Kenali 4 Fungsi Utama Microsoft Excel yang Sering Dimanfaatkan Oleh Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 15-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6e812f5dbc74fa4647ffa1e054adbe5d_x_Thumbnail800.png

Inovasi-inovasi yang terus dilakukan membuat Microsoft menjadi salah satu perusahaan raksasa yang dikenali banyak orang. Padahal sebelumnya hanya merupakan startup yang berlokasi di rumah yang sempit. Pengambilan keputusan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lainnya membuat perusahaan ini terus berkembang dan bersaing dengan pesaingnya hingga saat ini. Ada banyak produk yang kemudian termasuk ke dalam bagian Microsoft Office, namun yang umum digunakan adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Powerpoint.


Microsoft Excel merupakan salah satu produk terbaik yang pernah diciptakan Microsoft. Hal ini karena Microsoft Excel berhasil mengungguli produk sejenis yang telah ada sebelumnya. Hingga saat ini, Microsoft Excel semakin banyak digunakan. Menariknya Excel tidak hanya oleh praktisi data saja, melainkan oleh posisi lainnya juga. Ada banyak fungsi yang disediakan oleh Excel sehingga Excel dianggap sebagai salah satu software yang powerfull. Apa saja sih fungsi Excel tersebut?


1. Membuat, Mengedit, Meringkas, dan Mengurutkan Data

Salah satu fungsi utama dari Microsoft Excel yang biasa dimanfaatkan adalah untuk membuat atau menginputkan data yang ada di lapangan. Setelah itu, data yang sudah diinputkan bisa langsung diedit dan dibersihkan untuk masuk ke tahapan analisa. Proses pengeditan bisa termasuk ke dalam validasi data untuk memastikan data tersebut telah benar-benar sesuai. Data yang akan dianalisis hanya akan memerlukan beberapa variabel saja, sehingga orang yang bertugas untuk melakukan analisa dapat meringkas data menjadi variabel yang dibutuhkan saja. Selain itu, kita juga bisa mengurutkan data di Excel dengan menggunakan fitur Sort, baik mengurutkan dari nilai tertinggi ataupun nilai terendah.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menyelesaikan Perhitungan Aritmatika dan Statistika

Excel merupakan salah satu software yang bisa menyelesaikan masalah perhitungan, misalnya saja perhitungan aritmatika dan statistika. Ada banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk hal ini. Misalkan untuk mencari jumlah data bisa menggunakan fungsi SUM(), untuk mencari tertinggi dan terendah bisa menggunakan fungsi MAX() dan MIN(). Untuk mencari rata-rata bisa memanfaatkan fungsi AVERAGE(), kemudian jika ingin mencari nilai tengah bisa memanfaatkan fungsi MEDIAN(). Selain itu, kita juga sangat dimungkinkan untuk melakukan perhitungan aritmatika dengan menggunakan beberapa operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian.


3. Bisa Menyelesaikan Permasalahan Logika

Fungs Excel lainnya yang banyak digunakan adalah menyelesaikan permasalahan logika yang ada. Fungsi paling sederhana yang bisa dimanfaatkan adalah fungsi IF() yang paling umum. Kamu bisa mengkombinasikan IF dengan fungsi lainnya untuk permasalahan logika yang lebih rumit, misalnya mengkombinasikan dengan fungsi AND, OR, LEFT, RIGHT, dan masih banyak lagi. Pengkombinasian ini tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Selain IF, ada fungsi lainnya yang juga termasuk fungsi logika, seperti LOOKUP, INDEX, MATCH, dan masih banyak lagi.


4. Membuat Grafik dan Diagram

Fungsi selanjutnya dari Excel yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk membuat berbagai jenis grafik dan diagram. Data visualisasi sangatlah penting, karena data menjadi lebih mudah untuk dipahami setelah menjadi bentuk visualisasi. Pemilihan grafik yang akan digunakan tentu harus disesuaikan dengan data yang dimiliki serta tujuan yang ingin dicapai. Umumnya jika salah memilih grafik, maka kemungkinan besar audiens yang melihat visualisasi tersebut bisa salah menangkap informasi yang ingin disampaikan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Tertarik Belajar Excel? Di DQLab Aja, Yuk!

Saat ini, kamu tidak hanya bisa belajar bahasa pemrograman yang umum digunakan praktisi data speerti R, Python, dan SQL, kamu jjuga bisa belajar Excel di DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup membeli modul Platinum Excel yang telah disediakan. Bedanya dengan modul premium yang harus terus berlangganan, modul platinum cukup dibeli satu kali saja dan kamu akan bisa mengaksesnya secara terus menerus tanpa waktu yang terbatas. Modul ini juga cocok untuk kamu yang masih pemula hingga kamu yang ada di level medium. Tunggu apalagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


Penulisnya: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :