[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 54 Menit 32 Detik 

Kenali 4 Ilmu Dasar Excel untuk Profesi Admin

Belajar Data Science di Rumah 17-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/061072cbf43b240cf5eb780f32f770d7_x_Thumbnail800.jpg

Halo Sahabat DQ, apakah dari kalian ada yang berprofesi menjadi admin dalam suatu perusahaan? Jika iya, tentu menggunakan aplikasi excel bukan? Bagi admin pemula mungkin masih sering bingung apa saja ilmu excel untuk admin yang dapat digunakan agar pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.


Bahkan seringkali kita melihat salah satu syarat untuk menjadi admin adalah menguasai Microsoft excel. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tugas admin tidak hanya sebatas memasukkan data ke dalam excel, akan tetapi ada kalanya perlu menerapkan tools atau rumus excel bahkan bisa juga sampai pengolahan data secara kecil-kecilan.


Pekerjaan bagian administrasi baik itu administrasi gudang atau logistic, administrasi keuangan, administrasi marketing, dan administrasi perkantoran memerlukan berbagai rumus excel dasar seperti SUM, MIN, MAX, AVERAGE, IF, VLOOKUP, HLOOKUP, SUMIF, INDEX, dan masih banyak lainnya. Mendengar beberapa poin di atas, ternyata excel sangat penting untuk dipelajari secara mendalam. 


Tidak hanya profesi admin saja, profesi lainnya pun membutuhkan kemampuan untuk menerapkan rumus excel secara mahir. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa ilmu excel dasar untuk profesi admin.


1. AVERAGE

AVERAGE adalah rumus excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata kumpulan angka dalam suatu range. AVERAGE merupakan salah satu rumus dasar yang wajib dikuasai oleh profesi apapun itu, salah satunya adalah admin. Bahkan pelajar pun menggunakan rumus AVERAGE ini untuk membantu memudahkan tugas mereka. Rumus umum dari fungsi AVERAGE cukup mudah, yaitu cukup menuliskan =AVERAGE(value1,[value2]). Hal ini berarti excel akan menghitung nilai rata-rata yang ada di dalam range yang dituliskan di dalam rumus.

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. COUNT

Rumus excel dasar selanjutnya adalah COUNT, fungsi COUNT dalam excel adalah untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka. Rumus COUNT dapat digunakan untuk menghitung jumlah angka dalam suatu baris maupun kolom. Namun berbeda dengan rumus SUM, rumus COUNT ini hanya dapat digunakan sebatas menghitung jumlah, bukan menjumlahkan. Rumus umum dari COUNT adalah =COUNT(value1,[value2],..) dengan keterangan value1 merupakan item pertama yang diperlukan, berisi sel atau rentang yang akan dihitung angkanya. Adapun value2 bersifat opsional yang juga berisi sel atau rentang yang ingin dihitung angkanya.


3. MIN dan MAX

Rumus excel selanjutnya adalah MIN dan MAX, yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dan terendah dalam suatu range. Fungsi MAX digunakan untuk menentukan nilai tertinggi atau nilai maksimum dari sekumpulan range data. Sedangkan fungsi MIN digunakan untuk menentukan nilai terendah atau nilai minimum dari sekumpulan range data. Rumus umum dari fungsi MAX adalah =MAX(number1;[number2];…). Adapun rumus umum dari fungsi MIN adalah =MIN(number1;[number2],…)


4. UPPER dan LOWER

Jika sebelumnya telah diberi beberapa rumus dasar excel yang berkaitan dengan angka, maka ada pula rumus dasar excel yang digunakan pada teks. Beberapa diantaranya adalah rumus UPPER dan LOWER. Rumus UPPER berfungsi untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar atau huruf kapital. Begitu pula sebaliknya, rumus LOWER berfungsi untuk mengubah huruf besar atau huruf kapital menjadi huruf kecil. Rumus umum fungsi UPPER adalah =UPPER(text). Adapun rumus umum untuk fungsi LOWER adalah =LOWER(text).


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Kenali Excel Lebih Dalam Bersama DQLab!

Excel merupakan salah satu software yang biasa digunakan oleh. Sebagian besar orang. Seorang data scientist pun cukup sering menggunakan microsoft excel. Nah, microsoft excel ini dapat kita pelajari di DQLab loh. 


DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dan dapat kita gunakan sebagai media belajar dan media latihan belajar data science. Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!