PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 53 Menit 58 Detik 

Kenali 4 Operator Andalan dalam SQL

Belajar Data Science di Rumah 01-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6f34a0ad6770f9ea4e4e041fee983418_x_Thumbnail800.jpg

SQL yang merupakan singkatan dari Structured Query Language adalah bahasa komputer standar yang digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem database atau lebih tepatnya sistem manajemen database relasional. jadi, user dapat menambahkan, mengubah, mengupdate, mencari dan menghapus data dari suatu sistem database dengan menggunakan SQL. Dalam penggunaannya terdapat sistem operasi SQL yang dapat membantu pengguna dalam menjalankan tugas. 


Terdapat beberapa kategori SQL yaitu Data Definition Language (DDL), yaitu berbagai perintah yang berfungsi lebih kepada memanipulasi struktur database, seperti membuat (create), mengubah (alter), dan menghapus (drop) struktur penyimpanan data. 


Kemudian selanjutnya adalah Data Manipulation Language (DML), yaitu berbagai perintah yang digunakan untuk menyisipkan data (insert), mengambil data atau query (select), mengubah data (update) dan menghapus data (delete). Pada artikel kali ini kita akan mencoba mengenali beberapa operasi yang sering digunakan dalam SQL. Yuk, simak bersama-sama! 


1. Arithmetic Operator

Operator aritmatika ini digunakan untuk menjalankan operasi matematika pada dua ekspresi dari satu atau beberapa jenis data. Operator aritmatika dijalankan pada data numerik seperti untuk penggunaan penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus.


Penggunaan operator aritmatika ini seringkali digunakan untuk pekerjaan seperti membuat laporan keuangan, laporan bulanan, laporan penjualan, dan masih banyak lainnya. Berikut ini merupakan contoh beberapa operator aritmatika yang dapat digunakan.

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Bitwise Operator

Operator bitwise merupakan operator yang dapat melakukan manipulasi bit antara dua ekspresi tipe data integer. Operator bitwise mengubah bilangan bulat menjadi bit biner dan kemudian melakukan operasi AND, OR, atau NOT pada setiap bit individu, sebelum akhirnya mengubah hasil biner kembali menjadi bilangan bulat. Gambar di bawah ini akan menunjukkan beberapa contoh bitwise operator.

SQL


3. Comparison Operator

Comparison operator atau operator perbandingan merupakan operator yang digunakan untuk membandingkan dua nilai dan menguji apakah keduanya sama. Operator perbandingan dapat digunakan pada semua ekspresi kecuali ekspresi jenis data teks, ntext, atau gambar. Hasil dari operator perbandingan memiliki jenis data boolean. Jenis dat aini memiliki tiga nilai yaitu true, false dan unknown. Adapun ekspresi yang mengembalikan jenis data boolean dikenal sebagai ekspresi boolean.

SQL


4. Compound Operator

Compound operator merupakan operator gabungan yang digunakan untuk melakukan operasi pada variabel dan kemudian mengatur hasil variabel ke hasil operasi. Sebagai contoh, misalkan variabel @z sama dengan 70, maka @z += 5 mengambil nilai @zasli, tambahkan 5 dan diatur ke @z ke nilai baru tersebut, yaitu 75.


Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa macam compound operator seperti pada gambar berikut.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggunaan operator dalam SQL merupakan bagian penting yang perlu dipelajari pula oleh para pemula. Tidak hanya pemula saja, bagi seseorang yang sudah mahir pun akan sering menggunakan operator-operator yang disebutkan di atas. Kalian bisa mulai mencoba mempelajarinya di modul yang ada di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :