[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 30 Menit 2 Detik 

Kenali 4 Skill Data Analyst yang Harus Kamu Kuasai

Belajar Data Science di Rumah 11-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b547c624f0caa47f50a215231c3957ee_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst merupakan salah satu jenis pekerjaan yang berurusan dengan data, dimana mereka bertugas untuk mengumpulkan, membersihkan, serta menafsirkan kumpulan data untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah yang ada. Kebutuhan akan praktisi data yang terus bertambah di semua sektor industri memang tidak bisa dipungkiri. Hal ini karena perusahaan akan membutuhkan orang yang benar-benar ahli untuk mengolah data yang mereka miliki. Karena jika tidak diolah dengan cara yang tepat, data yang banyak tersebut tidak akan berarti apapun.


Untuk bisa menjadi seorang praktisi data seperti Data Analyst, tentu kita akan membutuhkan beberapa skill yang dapat mendukung pekerjaan kita. Biasanya di setiap loker, akan diberikan beberapa kualifikasi tertentu yang memang harus dipenuhi oleh calon praktisi data. Secara umum, skill dapat terbagi menjadi hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan skill yang berhubungan dengan hal yang bersifat teknikal dan berhubungan langsung dengan pekerjaan. Sementara soft skill merupakan skill yang sifatnya non teknikal namun dapat membantu mempermudah pekerjaan. Nah, untuk menjadi seorang Data Analyst, kira-kira skill apa saja sih yang harus dikuasai?


1. Microsoft Excel

data analyst


Microsoft Excel merupakan salah satu tools pengolahan data yang banyak digunakan. Meskipun Excel dirilis sejak tahun 1985, namun tools ini tetap melakukan banyak inovasi sehingga tidak kalah jika dibandingkan tools pengolahan data lainnya. Meskipun dalam pengolahan data, Excel tidak bisa sehebat R atau bahasa pemrograman lainnya, namun untuk pengolahan sederhana, masih mampu dilakukan karena didukung oleh berbagai fungsi yang ada. Selain itu, Excel juga menyediakan fitur untuk membuat visualisasi data dengan berbagai chart. 


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Bahasa Pemrograman

data analystdata analystdata analyst


Skill selanjutnya yang harus dikuasai oleh praktisi data adalah bahasa pemrograman. Mau tidak mau, penggunaan bahasa pemrograman akan sangat dibutuhkan terlebih jika data yang ada tidak bisa diolah dengan menggunakan Excel saja. Umumnya, bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Analyst adalah R dan SQL, namun tidak jarang mereka akan menggunakan Python juga. R dan Python digunakan untuk mengolah data yang ada, sementara SQL digunakan untuk mengambil dan mengolah data yang berhubungan dengan database. Ketiga bahasa pemrograman ini bisa kamu pelajari di DQLab, loh!


3. Tools Visualisasi Data

data analyst

Seorang Data Analyst akan sangat akrab dengan visualisasi data yang disatukan dalam bentuk dashboard visualisasi. Sehingga skill selanjutnya yang harus dikuasai adalah kemampuan untuk membuat visualisasi data serta penguasaan beberapa tools visualisasi. Umumnya, setiap perusahaan akan memiliki referensi tools visualisasi datanya masing-masing. Beberapa tools yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan adalah Tableau, Google Data Studio, Fine Report, dan masih banyak lagi. Jika tidak bisa menguasai semua tools nya, paling tidak kamu harus menguasai tools visualisasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu.


4. Soft Skill

Data Analyst

Jika di atas telah membahas tentang beberapa tools dan bahasa pemrograman yang akan dibutuhkan sebagai hard skill seorang Data Analyst, maka skill selanjutnya yang harus dikuasai adalah soft skill. Meskipun tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan seperti hard skill, penguasaan soft skill tidak kalah penting nya, loh. Dengan menguasai soft skill, pekerjaanmu akan terasa lebih ringan dan mudah diselesaikan. Untuk menguasai soft skill, kita biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan hard skill. Kita bisa mempercepatnya dengan menjadikan skill tersebut sebagai kebiasaan kita.


Beberapa soft skill yang pasti dibutuhkan oleh seorang Data Analyst adalah skill komunikasi, ketertarikan terhadap data, intuisi data, kreativitas, rasa ingin tahu yang tinggi, serta problem solving. Selain skill yang disebutkan tersebut, masih ada banyak soft skill lainnya yang mungkin bisa kamu kuasai juga.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Tertarik untuk Menjadi Data Analyst? Yuk, Belajar Bahasa Pemrograman Bersama DQLab!

DQLab merupakan salah satu lembaga kursus Data Science online yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar berbagai bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Analyst. Ada 3 bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di DQLab saat ini, yaitu bahasa R, Python, dan juga SQL. 

Modul-modul yang ada di DQLab disusun oleh praktisi data yang telah berpengalaman di bidangnya selama bertahun-tahun. Bahasa yang digunakan juga bahasa yang sangat sederhana serta mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Selain modul yang berbayar, kamu juga bisa menikmati free modul dari DQLab loh. 

Caranya gampang banget, kamu cukup sign up menjadi member dan akan bisa menikmati modul-modul yang ada. Yuk, tunggu apa lagi?


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!