SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 51 Menit 46 Detik

Kenali 4 Tools Unggulan Data Engineer 2023

Belajar Data Science di Rumah 21-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-04-3-2023-08-21-202544_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer adalah salah satu pekerja data science yang memiliki tugas utama untuk menyiapkan data untuk dianalisis dan tujuan operasional lainnya. Selain itu, seorang data engineer harus mampu untuk membangun jalur data untuk bisa menyatukan informasi dari sistem maupun sumber yang berbeda-beda dengan cara mengintegrasikannya, membersihkannya, dan juga menyusun data agar bisa dianalisis. Profesi ini juga bekerja sama dengan profesi lainnya seperti data analyst dan juga data scientist untuk bisa membantu mereka dalam mengakses dan juga mengoptimalkan ekosistem dalam database. 


Tools data engineer adalah salah satu faktor yang harus dikuasai oleh data engineer, karena dengan menggunakan tools khusus seorang data engineer mampu memberikan insight baru untuk bisa membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis mereka, mengevaluasi kinerja perusahaan, dan juga dapat menghasilkan peluang bisnis yang baru. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja tools data engineer yang sering dipakai, mari kita simak pembahasannya!


1. Fivetran

Fivetran adalah alat integrasi data yang memungkinkan untuk kalian dapat menggabungkan proses bisnis dan data customer yang dikumpulkan dari aplikasi, website, dan juga server. Data yang dikumpulkan kemudian dapat ditransfer ke alat analisis, marketing, dan warehousing. Dengan menggunakan Fivetran ini, data engineer dapat mengubah proses bisnis dan juga pengumpulan data customer perusahaan menjadi proses yang lebih efisien dengan mengumpulkan semua informasi yang perusahaan butuhkan. Kemudian fivetran ini dapat mentransfer informasi tersebut ke dalam tools lainnya.

data engineer

Credit by Fivetran


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. BigQuery

BigQuery adalah data warehouse yang dibuat oleh Google. Salah satu keutamaan dari data warehouse ini adalah memiliki kemampuan untuk menangani pertumbuhan yang tinggi. Selain itu, BigQuery ini juga serverless dan juga memiliki built in query engine. Dengan menggunakan query engine ini, BigQuery mampu untuk mengolah query SQL sampai ukuran terabyte dalam waktu yang singkat. Perusahaan teknologi besar dunia juga menggunakan BigQuery, salah satu perusahaan besar itu adalah spotify.

data engineer

Credit by Medium


3. Power BI

Power BI adalah salah satu software intelligence bisnis yang dimiliki oleh microsoft, yang memungkinkan kalian untuk mengolah data lebih detail dan menampilkannya dengan grafis yang lebih interaktif. Power BI ini juga bisa memvisualisasikan data yang sudah kalian masukkan atau data yang sudah terkoneksi oleh sistem ketiga. Kalian juga dapat mengontrol data kalian dengan mudah. Power BI ini juga sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi pengolahan data seperti Oracle, Salesforce, Microsoft Dynamic CRM, MySQL, dan lain sebagainya.

data engineer

Credit by Icon-Icons


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Looker

Looker adalah platform business intelligence dan analitik data yang menyediakan tampilan data terpadu dari berbagai sumber. Platform ini adalah salah satu alat rekayasa data yang paling diminati saat ini. Hal ini dapat memungkinkan seorang data engineer untuk membuat dan juga menyesuaikan model data serta membuat dasbor dan laporan interaktif lebih mudah. Looker ini juga menyediakan interface berbasis SQL untuk membuat kueri dan menganalisis datanya, yang memudahkan para data engineer untuk berintegrasi dengan alat dan aplikasi yang ada.

data engineer


Credit by Wikimedia Commons


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login