MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 27 Menit : 37 Detik

Kenali Alasan Diminatinya Pengumpulan Data Sekunder

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c99b8c8429d5e6b9072b956cefb43bc7_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan komponen yang paling penting dalam analisis data. Data yang digunakan dalam analisis data dapat diperoleh dari berbagai macam sumber dan berbagai macam cara pengumpulan data. Menurut Hanke dan Reitsch (1998), berdasarkan sumbernya data terbagi menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder.


Data primer merupakan data yang diperoleh dengan cara observasi langsung ke lapangan. Dengan kata lain, orang tersebut merupakan tangan pertama dalam proses pengambilan data tersebut. Sedangkan data sekunder merupakan data yang telah dikumpulkan oleh lembaga pengumpulan data. Saat ini tidak sedikit orang menggunakan data sekunder dengan pertimbangan biaya yang dikeluarkan lebih efektif dan waktu yang digunakan lebih hemat.


1. Pentingnya Pengumpulan Data dengan Baik dan Benar

Pengumpulan data merupakan salah satu proses yang penting dalam serangkaian proses analisis data.Setiap penelitian memiliki proses pengumpulan data yang berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa pengumpulan data penelitian tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terdapat tahapan-tahapan yang harus diikuti dalam proses pengumpulan data. Pengumpulan data ini harus dilakukan dengan benar supaya mendapatkan data yang valid sehingga hasil dari analisis data tersebut valid pula.


Baca juga : Macam-macam Metode yang Ada Pada Pengolahan Data Statistik


2. Proses Pengumpulan Data

Menurut Nan Lin, proses pengumpulan data terdiri dari 8 tahap, yaitu :

  1. Tinjauan literatur dan konsultasi dengan ahli

  2. Mempelajari dan melakukan pendekatan terhadap kelompok masyarakat

  3. Membina dan memanfaatkan hubungan yang baik dengan responden dan lingkungannya

  4. Uji coba

  5. Merumuskan dan menyusun pertanyaan

  6. Mencatat dan memberi kode

  7. Cross checking, validitas dan reliabilitas

  8. Pengorganisasaian dan kode ulang data


3. Pengumpulan Data Sekunder

Pengumpulan data sekunder merupakan teknik pengumpulan data yang paling diminati pada saat ini. Hal ini dikarenakan pengumpulan data sekunder dirasa tidak sesulit menggunakan teknik pengumpulan data primer. Pada data primer kita mengumpulkan data secara langsung. Hal itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup besar pula. Oleh karena itu pada saat ini mayoritas orang-orang menggunakan teknik pengumpulan data sekunder dikarenakan dapat menghemat waktu dan biaya. Namun yang tidak kalah penting dalam pengumpulan data sekunder adalah tetap memperhatikan kualitas dan validitas data. Mengapa seperti itu? karen data yang berkualitas akan menghasilkan hasil analisis data yang berkualitas sehingga dapat memberikan informasi yang berguna bagi perusahaan atau pengguna.


Baca juga : Metode Pengolahan Data dengan Machine Learning untuk Perbaikan Forecasting Bisnismu


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!



Penulis : Latifah Uswatun

Editor : Annissawd



Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!