GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 20 Menit 31 Detik 

Kenali Algoritma Deep Learning, Salah Satu Metode yang Sangat Dibutuhkan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 25-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5cc7f78e436874e87c17055a5f1d04b2_x_Thumbnail800.jpg

Deep Learning merupakan salah satu metode yang mungkin akan sangat dibutuhkan oleh Data Scientist, mengingat Deep Learning sendiri menjadi bagian dari Machine Learning. Bahkan di beberapa kualifikasi yang diberikan oleh perusahaan, Deep Learning menjadi hal yang wajib untuk dikuasai. Hampir semua sektor mulai tertarik dan merasa membutuhkan teknologi ini untuk dapat membuat pekerjaan yang dilakukan oleh manusia menjadi lebih efektif dan efisien.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami sebenarnya apa sih Deep Learning tersebut. Jika dilihat dari pengertiannya, Deep Learning merupakan proses pembelajaran secara mendalam yang memungkinkan komputer untuk mempelajari tugas-tugas yang akan disesuaikan dengan sifat manusia. Nah, untuk memahami tentang Deep Learning lebih jauh, dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan antara Deep Learning, Machine Learning, dan Artificial Intelligence, kemudian juga mengenai penggunaan Deep Learning dan bagaimana masa depan dari Deep Learning sendiri. Penasaran kan? Yuk, simak artkelnya!

1. Perbedaan Antara Deep Learning, Machine Learning, dan Artificial Intelligence

Mungkin bagi sebagian orang, Deep Learning, Machine Learning, dan Artificial Intelligence merupakan hal yang berbeda jauh, padahal sebenarnya ketiga hal ini saling berkaitan satu sama lain. Deep Learning sendiri merupakan salah satu teknologi yang mendukung proses pembelajaran mesin (Machine Learning) yang dilakukan secara mendalam atau bisa dikatakan bahwa Deep Learning ini merupakan bagian dari Machine Learning. Sementara Machine Learning sendiri menjadi bagian dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Artificial Intelligence merupakan bagian terbesar yang melingkupi Machine Learning dan juga Deep Learning.

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

2. Penggunaan Deep Learning

Tentu kalian akan bertanya-tanya, sebenarnya penggunaan Deep Learning itu bisa diaplikasikan untuk apa saja sih? Nah, jawabannya bisa digunakan untuk banyak hal, seperti:

  • Face Recognition

Dalam face recognition, sistem dapat mengenali dan membedakan wajah atau huruf dari gambar maupun video. Agar sistem dapat mengenali wajah, tentunya kita harus memasukkan beberapa gambar sebagai bahan pembelajaran. Teknologi ini banyak kita temukan di smartphone yang telah menerapkan face lock, serta di beberapa sosial media yang dapat mengenali wajah dan memberikan tag seperti facebook.

  • Natural Language Processing

Teknologi ini banyak digunakan dalam proses pembuatan chatbot. Sebisa mungkin pembuat chatbot akan menggunakan bahasa yang sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga meskipun berkomunikasi dengan bot, si pengguna akan merasa berkomunikasi dengan manusia.

  • Speech To Text

Speech to text merupakan teknologi yang digunakan untuk mengenal suara manusia. Beberapa teknologi speech to text ini dibangun agar dapat menuliskan apa yang didengar dalam bentuk teks, serta dapat mengidentifikasikan suara. Contohnya pada penggunaan Siri ataupun Asisten Google.

Selain tiga contoh di atas, masih ada juga contoh-contoh lainnya. Kamu bisa menanyakan nya pada Google untuk lebih lengkapnya!

3. Kebutuhan Akan Deep Learning di Masa Depan

Jika kita mulai membicarakan tentang masa depan dari Deep Learning, sudah pasti hal ini akan terus berkembang. Perkembangan ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang memang ditujukan untuk membuat pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Kemungkinan terbesar, hampir semua bidang akan mulai menerapkan penggunaan dari Deep Learning ini. Terlebih lagi saat ini kita telah berada di era cloud computing, bisa jadi dengan perkembangan Deep Learning akan melahirkan yang namanya edge computing. Nah, lalu hal apa yang harus kita lakukan agar tidak tergerus zaman dan teknologi? Tentu saja terus mengembangkan diri dan menambah skill kita terlebih di bidang teknologi agar kita bisa tetap bertahan dan tidak kalah dengan teknologi.

Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

4. Mulai Terapkan Kompetensi Machine Learning bersama DQLab Sekarang, Yuk!

Yuk, mulai terapkan kompetensi data science untuk implementasikan Machine Learning dengan belajar gratis bersama DQLab selama 30 hari. Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!