GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 14 Menit 26 Detik 

Kenali Analisis Antrian, Metode Statistika yang Berguna di Masa Pandemi

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2bd13362f7f0563df1b635691e051ca4_x_Thumbnail800.jpg

Hingga hari ini, pandemi COVID-19 masih berlangsung di Indonesia dan juga di negara negara lainnya. Peningkatan jumlah penduduk yang terkena COVID-19 bahkan sampai meninggal membuat pemerintah membuat berbagai kebijakan. Setelah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pemerintah kini membuat kejikakan baru, yaitu PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Salah satu aturan yang sempat menjadi sorotan publik di masa PPKM adalah pembatasan waktu makan di tempat selama 20 menit saja.


Sebenarnya, tujuan utama dari adanya kebijakan itu adalah untuk mengurangi kerumunan di tempat makan. Pasalnya, kerumunan akan sangat membahayakan di masa-masa seperti ini. Ternyata, ada satu metode statistika yang bisa digunakan untuk mengatur antrian sehingga kerumunan bisa diminimalisir, yaitu Analisis Antrian. Selain di tempat makan, analisis ini juga berlaku di berbagai tempat yang menerapkan sistem antri. Nah, ingin mengenal tentang metode Analisis Antrian? Yuk, simak artikelnya!


1. Analisis Antrian

Analisis Antrian merupakan salah satu metode analisis yang ada di dalam Statistika. Metode ini akan menghasilkan informasi mengenai probabilitas (lebih sering disebut sebagai operation characteristics). Operation characteristics ini dapat membantu proses pengambil keputusan saat merancang fasilitas pelayanan antrian sehingga bisa mengatasi permintaan pelayanan yang fluktuatif secara tiba-tiba, serta menjaga keseimbangan antara biaya pelayanan dan biaya menunggu. 

Teori antrian pertama kali diperkenalkan pada tahun 1909 oleh A.K Erlang. Peristiwa antrian dapat muncul karena adanya kebutuhan akan layanan di luar kapasitas yang disediakan oleh layanan atau fasilitas layanan, sehingga memungkinkan nasabah (pelanggan) yang datang tidak bisa segera mendapatkan layanan.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Komponen Dasar dari Antrian

Ada tiga komponen utama yang digunakan dalam analisis antrian, yaitu kedatangan, pelayanan, dan antrian. 

  • Kedatangan, komponen ini bisa disebut sebagai proses input. Pola kedatangan dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu Constant Arrival Distribution (pelanggan yang datang setiap periode tertentu) dan arrival pattern random (pelanggan yang datang secara random). 

  • Pelayanan, komponen ini dapat dilakukan oleh satu atau lebih fasilitas pelayanan yang dimiliki. Pelayanan juga terbagi menjadi dua komponen, yaitu Constant Service (pelayanan yang dilakukan setiap periode tertentu), dan Service Pattern Random (pelayanan yang dilakukan tanpa terikat waktu).

  • Antrian, yang merupakan inti dari metode analisis antrian. Antrian ini sangat bergantung pada jumlah kedatangan dan juga proses pelayanan.

3. Disiplin Antrian

Disiplin antrian merupakan sebutan untuk cara pelanggan dilayani. Ada 4 bentuk dari disiplin antrian, yaitu:

  • First Come First Served (FCFS) atau First In First Out (FIFO)

Dalam disiplin antrian ini, pelanggan yang datang duluan adalah yang akan dilayani terlebih dahulu, atau bisa dikatakan bahwa pelayanan diberikan sesuai dengan urutan kedatangan. Contohnya, saat mengantri memberi makan, membeli bensin, dll.

  • Last Come First Served (LCFS) atau Last In First Out (LIFO)

Untuk disiplin yang ini, orang yang terakhir datang adalah orang yang diberikan pelayanan duluan. Contohnya adalah saat menggunakan lift, orang yang terakhir masuk adalah orang akan keluar pertama kali dari lift.

  • Service In Random Order (SIRO) atau Random Selection For Service (RRS)

Disiplin antrian jenis SIRO ini memungkinkan semua orang baik yang datang paling cepat atau datang terakhir memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih pertama kali untuk dilayani. Contoh penggunaannya adalah saat arisan, baik yang membayar arisan paling cepat ataupun yang membayar arisan paling lama akan memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan arisan pertama kali.

  • Priority Service (PS)

Antrian jenis ini akan lebih dulu memberikan pelayanan ke orang-orang yang dianggap prioritas. Misalnya di rumah sakit akan mendahulukan orang yang memiliki penyakit kronis untuk dilayani terlebih dahulu.

4. Struktur Antrian

Struktur antrian yang umum digunakan dapat terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Single Channel-Single Phase, jenis antrian ini merupakan sistem antrian yang memiliki satu jalur antrian atau satu server dan satu fase pelayanan.

  • Multi Channel-Single Phase, jenis antrian ini terjadi ketika ada dua atau lebih fasilitas pelayanan yang dialiri oleh satu satu antrian tunggal.

  • Single Channel-Multi Phase, merupakan tipe antrian yang memiliki satu jalur antrian dan beberapa fase pelayanan yang disusun secara seri. Contoh penggunaannya di pelayanan perpanjangan surat ijin mengemudi (SIM).

  • Multi Channel-Multi Phase, memiliki antrian tunggal yang melewati beberapa jalur server yang tersusun secara paralel dan tiap jalur server terdapat beberapa server yang tersusun secara seri. Contohnya adalah pada pendaftaran pasien di rumah sakit, dimana pasien akan menuju loket pendaftaran yang biasanya terdiri dari beberapa loket kemudian pasien melanjutkan proses antriannya menuju klinik yang diinginkan.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Data Science Tetapi Tidak Memiliki Background Statistika? DQLab Bisa Membantumu, Loh!

Statistika dan Data Science memiliki kaitan yang sangat erat, karena salah satu ilmu yang mendasari berdirinya Data Science adalah Statistika. Jika kamu tidak memiliki background Statistika sama sekali, namun kamu tertarik untuk belajar Data Science, DQLab bisa kamu jadikan pilihan tempat kursus mu. Selain tentang hal-hal basic di pemrograman, di DQLab juga menyediakan modul khusus untuk belajar Statistika yang telah digabungkan dengan bahasa pemrograman. Sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Sekali belajar, dua hal basic dari Data Science bisa dikuasai. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan daftar, dan nikmati semua modul yang ada!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!