MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 42 Menit : 0 Detik

Kenali Apa itu Data Scientist, Profesi Favorit Kekinian

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/db58724b340e6c264af3aaa4e4d214dc_x_Thumbnail800.jpg

Mungkin saat ini sudah banyak yang familiar dengan profesi satu ini, Data Scientist. Profesi Data Scientist digadang-gadang sebagai pekerjaan paling dicari perusahaan dengan bayaran tertinggi diantara berbagai pekerjaan khususnya dunia IT. Tidak heran jika profesi satu ini menjadi profesi favorit yang kekinian. Kalau begitu, apa itu Data Scientist ? Jadi, Data Scientist adalah salah satu profesi multidisiplin yang berfokus pada teknologi informasi. Sederhananya seorang Data Scientist bertanggung jawab untuk melakukan pengolahan data yang nantinya dari data tersebut dapat menghasilkan sebuah insight yang dapat berguna untuk kemajuan bisnis atau instansi.


Seorang Data Scientist bekerja dengan cara melakukan analisis terhadap data yang kemudian melakukan eksperimen dengan algoritma yang paling optimal, lalu menggabungkan beberapa parameter data untuk melihat suatu pola dibalk data tersebut. Sebagai contoh, untuk mencari pola untuk memprediksi pergerakan bisnis suatu produk berdasarkan kebiasaan dan preferensi konsumen, dan masih banyak lagi contoh lainnya.


Untuk mengenal Data Scientist lebih dalam lagi, bersama DQLab artikel ini akan mengajak kamu jauh lebih dekat dengan profesi favorit satu ini. Makanya, simak artikel ini sampai tuntas, ya !

1. Apa Saja Jobdesk Data Scientist di Perusahaan ?

Seperti yang sudah sering kamu dengar, seorang Data Scientist selalu dekat dengan analisis data. Seorang Data Scientist akan selalu berkutat dengan data mulai dari skala menengah yang cara penanganannya cukup menggunakan tools Microsoft Excel atau SQL hingga skala besar atau sering disebut big data yang penanganannya bisa menggunakan tools Hadoop dan Hive. Selanjutnya, seorang Data Scientist juga melakukan penelitian data, dimana data yang diteliti akan diimplementasikan pada produk analytical platform perusahaan itu sendiri. Tak lupa juga, seorang Data Scientist harus dapat menafsirkan data untuk menemukan pola dan peluang dengan melakukan visualisasi yang akan digunakan untuk pembuatan model baku terhadap prediksi-prediksi. Last but not least, jobdesk seorang Data Scientist yang paling penting dan merupakan goals dari profesi ini adalah memberi saran berdasarkan hasil temuan analisis yang telah diuji dengan tujuan untuk membantu klien meningkatkan pelayanan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Hardskill dan Softskill yang Harus Dimiliki

Setiap profesi pasti memiliki requirement tertentu yang harus dimiliki, terutama untuk seorang Data Scientist. Maka dari itu jika kamu ingin memulai karir sebagai praktisi data khususnya Data Scientist kamu perlu mempersiapkan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi seorang Data Scientist yang handal. Seorang Data Scientist handal perlu memiliki hardskill antara lain: pemahaman analisis statistik beserta tools yang digunakan, memahami konsep data mining yang kuat, memahami algoritma machine learning atau deep learning, dan memiliki kemampuan programming.


Beberapa orang sibuk untuk meningkatkan hardskill mereka tapi,lupa bahwa ada hal yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang Data Scientist handal yaitu, softskill yang kuat. Adapun softskill yang harus dimiliki oleh seorang Data Scientist adalah kemampuan berpikir kritis yang baik, kemampuan berkomunikasi yang efektif, proaktif dalam hal pemecahan masalah, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, dan memahami proses bisnis.


3. Background dari Data Scientist

Banyak orang yang masih salah kaprah mengenai background yang harus dimiliki oleh Data Scientist. Tapi, sebenarnya siapa saja bisa menjadi seorang Data Scientist selama memiliki skill-skill yang harus dimiliki seorang Data Scientist. Mengingat sekarang sudah banyak kursus online yang memungkinkan siapa saja untuk mempelajari skil-skill Data Scientist. Hanya saja, alangkah lebih baik jika kamu mengambil jurusan kuliah Data Scientist. Saat ini di Indonesia sudah ada PTN dan juga PTS yang membuka jurusan tersebut meski dengan penamaan yang berbeda-beda atau kamu juga bisa mengambil kuliah yang satu rumpun seperti: jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Statistika, Matematika, dan Teknik.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk, Belajar Data Science Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!