GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 32 Menit 36 Detik 

Kenali Apa Itu SQL Server & Komponennya

Belajar Data Science di Rumah 29-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61b1527010cf87d6d26b369f7be6cd9c_x_Thumbnail800.jpg

SQL Server adalah sistem manajemen basis data relasional dalam bahasa inggris dikenal dengan relational database management system (RDBMS) yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Microsoft. Mirip dengan software RDBMS lainnya, SQL Server dibangun di atas SQL, bahasa pemrograman standar untuk berinteraksi dengan database relasional.


SQL Server terikat dengan Transact-SQL, atau T-SQL, implementasi SQL Microsoft yang menambahkan satu set konstruksi pemrograman berpemilik.


SQL Server bekerja secara eksklusif di lingkungan Windows selama lebih dari 20 tahun. Pada tahun 2016, Microsoft memperluas penggunaan SQL Server hingga tersedia di Linux. SQL Server versi 2017 mulai bisa digunakan secara umum pada Oktober 2016 yang berjalan di Windows dan Linux. SQL Server terdiri dari dua komponen utama yaitu Database Engine dan SQLOS. 


Apa itu database engine dan SQLOS? Yuk kita simak penjelasan berikut!


1. Database Engine

Komponen inti dari SQL Server adalah Database Engine. Database Engine terdiri dari relational engine yang memproses kueri dan storage engine yang mengelola file basis data, page, indeks, dan lain sebagainya. Objek basis data seperti prosedur penyimpanan, tampilan, dan triggers juga dibuat dan dijalankan oleh database engine.


Relational engine  berisi komponen yang menentukan cara terbaik untuk mengeksekusi query. Relational engine juga dikenal sebagai prosesor kueri. Storage engine bertanggung jawab atas penyimpanan dan pengambilan data dari sistem penyimpanan seperti disk dan SAN.

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. SQLOS

Di bawah relational machine dan storage machine ada yang dikenal dengan SQLOS atau SQL Server Operating System. SQLOS menyediakan banyak layanan sistem operasi seperti memori dan manajemen I/O. Layanan lain yang juga disediakan oleh SQLOS adalah exception handling dan synchronization services.


3. SQL Server Services and Tools

Microsoft menyediakan tools dan layanan manajemen data dan business intelligence yang dikenal dengan SQL Server. Untuk manajemen data, SQL Server menyertakan SQL Server Integration Services (SSIS), SQL Server Data Quality Services, dan SQL Server Master Data Services. 


Untuk mengembangkan database, SQL Server menyediakan tools Data SQL Server untuk mengelola, menyebarkan, dan memantau database menggunakan SQL Server Management Studio (SSMS). Untuk analisis data, SQL Server menyediakan SQL Server Analysis Services (SSAS). SQL Server Reporting Services (SSRS) menyediakan report dan visualisasi data. 


4. SQL Server Instances

SQL Server dapat digunakan untuk menjalankan beberapa layanan sekaligus dengan setiap layanan memiliki login, port, database, dan komponen lain secara terpisah. SQL Server Instances dibagi menjadi dua yaitu Primary Instances dan Named Instances. Ada dua cara untuk mengakses Primary Instances. 


Pertama, kita bisa menggunakan nama server. Kedua, kita bisa menggunakan alamat IP-nya. Primary Instances diakses dengan menambahkan garis miring terbalik dan Named Instances.

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Ingin belajar SQL dengan data yang mencerminkan data real di dunia industri dengan modul dari DQLab! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses modul GRATIS dan nikmati live code editor dari DQLab untuk mencoba experience unik belajar script code SQL tanpa menginstall tools tambahan.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :