GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Kenali Aplikasi dari Tipe-Tipe Machine Learning

Kenali Aplikasi dari Tipe-Tipe Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 21-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/895058bc1ad4e2a8554f1d6b84b8d5c5_100_persen.png

Semakin hari perkembangan teknologi semakin berkembang dengan cepat. Machine Learning merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang berperan besar di dalamnya. Kini hampir semua orang menggunakan produk yang dihasilkan dengan penerapan Machine Learning. Data Science dan Machine Learning adalah dua ilmu yang saling berhubungan dan dapat diaplikasikan di berbagai jenis bidang. Diantaranya bidang kesehatan, bisnis, perbankan maupun pemerintah menggunakan algoritma Machine Learning dan Data Science guna mengambil manfaat yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan setiap bidang data memiliki data dan dapat memanfaatkan data tersebut. Machine Learning akan melatih algoritma dan menghasilkan model dari Machine Learning itu sendiri, dan model tersebut akan digunakan dalam pengambilan keputusan kedepannya.

Jika kamu adalah seorang yang berasal dari non IT, tenang saja jangan khawatir karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya Machine Learning dan Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Oleh karena itu, DQLab akan berbagi ilmu tentang penerapan algoritma Machine Learning yang mungkin secara tidak sadar sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Yuk, simak terus penjelasan dalam artikel ini!

 

1.  Bidang Informasi Retrieval

Algoritma Machine Learning berperan besar dalam menyaring (filter) spam baik di dalam email, website, hingga media komunikasi dengan berbasis software. Machine Learning mampu membantu menerjemahkan bahasa dengan mengubah suara menjadi teks dan juga filter anti spam. Dengan menggunakan algoritma Decision Tree, penerapan filtering spam ini dapat menentukan suatu pesan termasuk spam atau bukan.

 

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

 

2. Bidang Kedokteran

Penerapan algoritma Machine Learning di bidang kedokteran dapat berupa deteksi penyakit pasien dengan mempelajari data-data yang berhubungan dengan gejala yang ditunjukan. Misalnya mendeteksi sakit jantung yang dilihat dari hasil rekaman elektrokardiogram. Penerapan lainnya seperti diagnosa medis menggunakan bantuan chatbot sudah marak dilakukan. Chatbot ini dilengkapi  dengan speech recognition untuk mempermudah percakapan.

3. Recommendation Search Pada Google

Siapa yang tidak mengenal mesin pencari Google, sepertinya ini yang paling sering digunakan oleh kita. Saat ingin mengetik sesuatu di dalam kolom search Google, maka Google akan memunculkan rekomendasi dari hal yang sedang kita cari. Sebenarnya tidak hanya Google Search, penerapan recommendation search juga sering ditemukan di media sosial saat kita sedang mencari seseorang, atau pada saat sedang mencari produk di salah satu e-commerce. Jadi, teknologi machine learning ini sangat membantu kehidupan kita.

 

Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

 

4. Yuk, BELAJAR MACHINE LEARNING GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                             

Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!