FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 16 Menit 59 Detik 

Kenali Azure Machine Learning & Cara Kerjanya

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9bbf8b3084d8f1ed1df5377ae0c1e11f_x_Thumbnail800.jpeg

Machine learning adalah bagian dari Artificial Intelligence, dimana sistem punya kekuatan yaitu belajar secara otomatis layaknya berpikir otak manusia. Salah satu layanan yang disediakan untuk bisnis skala besar dalam penerapan machine learning adala Azure Machine Learning. Layanan yang disediakan oleh Microsoft digunakan untuk mempercepat dan mengelola siklus hidup proyek machine learning. 


Tenaga ahli machine learning, data scientist dan teknisi dapat menggunakannya dalam alur kerja sehari-hari mereka. Mulai dari melatih, menyebarkan model dan mengelola MLOps. Anda dapat memilih beberapa rangkaian layanan dari Microsoft Azure ini untuk membuat dan mengembangkan aplikasi baru, menjalankan aplikasi yang sudah ada pada cloud.


Ada beberapa alasan terkait mengapa kamu perlu menggunakan Azure Machine Learning. Salah satunya adalah Microsoft Azure memiliki standar cyber security yang baik dengan sertifikasi ISO 27018. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir akan keamanan datamu. Data center yang dimiliki oleh Microsoft sudah melewati berbagai uji coba, dan telah terbukti dalam memberikan keamanan data yang terpercaya. Layanan ini tidak hanya menyediakan alat untuk memodelkan analisis prediktif, namun juga menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengelola model prediksi yang sudah dibangun.


Apa itu Azure Machine Learning? Lalu, fitur apa saja yang bisa kita manfaatkan dari Azure Machine Learning? Jawabannya bisa sahabat DQLab dapatkan pada artikel ini. Simak sampai tuntas ya


1. Kenalan Lebih Dekat dengan Azure Machine Learning

Microsoft Azure adalah suatu platform yang ditawarkan oleh perusahaan Microsoft untuk mengolah dan menganalisis data terutama data yang banyak melalui jaringan Cloud. Diluncurkan pada Juni 2014, Azure Machine Learning membawa analitik prediktif ke cloud publik. Hal ini beroperasi di cloud publik Azure dan pengguna tidak perlu membeli perangkat lunak dan perangkat keras apa pun secara terpisah. 


Mereka juga tidak perlu lagi khawatir tentang pemeliharaan dan penyebaran. Azure Machine Learning adalah platform seret dan lepas sederhana, yang dapat membangun, menguji, dan menempatkan solusi analitik prediktif pada data Anda.


Machine Learning


Alat ini memiliki potensi untuk menyelesaikan proyek pemrosesan data yang besar, dan karena alasan itu, alat ini diakui saat ini sebagai pengubah permainan di dunia pemodelan data. 


ML Studio memungkinkan pengguna non-IT untuk membuat model data dengan mudah menggunakan diagram aliran data dan gerakan drag and drop. Platform ini tidak hanya meminimalkan persyaratan pengkodean tetapi juga menghemat waktu melalui perpustakaan percobaan sampel Machine Learning Studio.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Cara Kerja Azure Machine Learning

Anda dapat masuk ke layanan web dengan mengakses: https://studio.azureml.net/. Setiap kali Anda perlu membuat sesuatu, Anda cukup mengklik tombol "+ Baru" di jendela kiri bawah database Anda.


Untuk membuat model analisis prediktif, biasanya kita menarik data dari berbagai sumber. Data ini dianalisis, dihitung, dan diubah melalui kombinasi beragam fungsi statistik dan manipulasi data sebelum memberikan hasil akhir.


Membuat model analisis prediktif adalah proses yang berulang karena Anda perlu memodifikasi berbagai fungsi dan parameternya berkali-kali hingga Anda dapat menemukan model analisis prediktif yang terlatih. Azure ML adalah platform tempat sumber daya cloud, analitik prediktif, dan data Anda terhubung satu sama lain.


Machine Learning


Seluruh platform bekerja dengan algoritma pembelajaran mesin yang belajar dari input sebelumnya dan memprediksi data secara akurat, setiap saat. Keuntungan dari Azure Machine Learning Studio adalah tidak diperlukannya pengkodean dan pemrograman untuk membuat algoritma pembelajaran. Anda cukup menarik dan melepas set data dan modul analisis, lalu menautkannya bersama untuk membuat eksperimen yang berjalan di Machine Learning Studio.


3. Fitur Azure Machine Learning

Berikut adalah fitur yang bisa kamu aplikasikan dalam Azure Machine Learning: 

Data preparation

  • Data labeling, memberi label pada data training dan mengelola project labeling data

  • Data preparation, melakukan eksplorasi dan persiapan data

  • Datasets, mengakses, membuat dan membagikan data


Machine Learning


Build and Train Models

  • Notebooks, yakni jupyter notebook yang dapat digunakan untuk menuliskan sintaks python

  • Automated machine learning, fitur yang digunakan untuk membuat model machine learning otomatis dan meningkatkan akurasi model dengan tune otomatis.

  • Open-source libraries and frameworks, tersedianya library maupun framework machine learning. Sebut saja tensorflow, keras dan pandas


Baca Juga: Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


4. Manfaat Azure Machine Learning

Dengan menggunakan teknologi machine learning dari Azure, perusahaan mendapatkan sejumlah manfaat. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mendeteksi penipuan, mendapatkan hasil pencarian web, menganalisis sentimen berbasis teks, memprediksi kegagalan pada peralatan, dan membuat pola dan pengenalan gambar.


Machine Learning


Nah, ada sejumlah tools yang tersedia di Azure Machine Learning yang bisa digunakan oleh developer dan data scientist, yaitu Azure Machine Learning Designer, Many Models Solution Accelerator, Machine Learning CLI, Visual Studio Code, dan sebagainya.


Selain itu, ada pula sejumlah inovasi dari Azure Machine Learning, yaitu Fitur MLOps, Automated ML, visual machine learning interface, dan masih banyak lagi. Semua itu dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, mulai otomasi pemasaran, mesin rekomendasi, hingga terjemahan bahasa


Machine learning adalah disiplin ilmu yang didukung berbagai ilmu. Salah satunya adalah komputasi. Selain kemampuan statistik, sahabat DQLab juga dituntut mampu menggunakan tools analisis data, semisal azure machine learning. Selain itu terdapat alternatif tools, seperti Python dan R. Kedua tools ini juga mumpuni dalam machine learning. Tentunya sahabat DQLab bisa meningkatkan ilmu machine learning melalui DQLab. Terdapat banyak sumber daya yang bisa sahabat DQ manfaatkan.


Beberapa modul bertema machine learning di DQLab diantaranya:

  • Machine Learning With Python for Beginner

  • Basic Feature Discovering for Machine Learning

  • Customer Churn Prediction using Machine Learning


Bagi sahabat DQ yang belum memiliki pengetahuan data science atau machine learning, atau berasal dari background non IT, tenang saja. Karena DQLab punya modul gratis yang bisa kamu coba loh seperti Introduction R dan Python.


Tunggu apa lagi? Yuk, Sign Up di DQLab.id sekarang!


Penulis: Reyvan Maulid






Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :