Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Azure Machine Learning untuk Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 05-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b7f6d88ace41b20af69434f54827d421_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning adalah salah satu cabang dari teknologi artificial intelligence. Machine learning merupakan mesin pembelajar yang membangun model matematika berdasarkan data latih atau data training. Model yang telah dibuat dapat memprediksi data selanjutnya. Microsoft azure machine learning merupakan layanan yang tersedia di dalam Microsoft Azure Cloud Computing yang dapat memprediksi atau mengklaster data sehingga menghasilkan kesimpulan.


Microsoft azure machine learning merupakan platform bagian dari Microsoft yang berguna untuk mengolah atau menganalisis data. Tools ini berfungsi untuk mengolah data dengan berbagai metode konversi serta terdapat beragam fungsi statistik dalam algoritma machine learning. Tools ini pun menerapkan sistem proteksi yang terpercaya serta layanan cloud yang terbuka, fleksibel dan transparan. Selain itu, tools ini juga mendukung berbagai sistem operasi dan bahasa pemrograman sehingga tidak salah jika tools ini banyak dipilih oleh data scientist untuk menyelesaikan pekerjaannya.


1. Komponen Microsoft Azure

Microsoft Azure Machine Learning memiliki tiga komponen di dalamnya, antara lain compute, storage dan fabric. Komponen pertama adalah compute yang mengorganisir seluruh proses komputasi. Komponen kedua adalah storage, yang berfungsi untuk menyimpan seluruh data yang ada. Terdapat dua jenis storage yaitu Azure Storage dan SQL Azure. Adapun komponen ketiga adalah fabric, yang berfungsi mengatur sistem penyimpanan dalam azure.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2. Mengapa Harus Microsoft Azure?

Terdapat beberapa alasan kenapa sebaiknya kita memilih menggunakan microsoft azure, antara lain: 1) microsoft azure menerapkan sistem keamanan yang terpercaya, 2) microsoft azure merupakan layanan cloud yang terbuka fleksibel dan transparan, 3) dapat meningkatkan skalabilitas dengan compliance yang pasti, 4) adanya interoperabilitas sehingga mengurangi biaya secara signifikan, 5) sebagai solusi untuk mengambil keputusan terbaik.


3. Penerapan Azure Machine Learning

Machine learning yang ditunjang dengan software microsoft azure dapat memudahkan kita untuk menyelesaikan permasalahan dalam dunia bisnis. Sebagai beberapa contoh, azure machine learning telah diterapkan dalam beberapa hal seperti analisis data keuangan secara keseluruhan untuk mendapatkan peluang bisnis baru. Kedua, untuk memprediksi suatu tren bisnis atau perilaku pasar. Ketiga, dapat membantu merekomendasikan produk sehingga memudahkan konsumen pada saat mencari produk, dan berbagai macam penerapan lainnya.


4. Implementasi Machine Learning di Azure

Pada beberapa bagian sebelumnya kita telah mengetahui pengertian dari azure machine learning, komponennya, alasan menggunakan azure machine learning, serta penerapannya dalam dunia bisnis. Kita perlu juga mengetahui bagaimana machine learning diimplementasikan dalam microsoft azure, antara lain sebagai berikut:

  1. Buka portal Azure dan pilih Machine Learning

  2. Pilih tombol Add, lalu masukkan nama workspace dan resource group dan tekan tombol review + create

  3. Tunggu proses deployment dan jika sudah selesai pilih Go to resource

  4. Pilih menu Experiment dan pilih Launch the Studio

  5. Pilih Start Now di Notebooks

  6. Buat komputasi baru (jika belum ada) dan isi compute name dan tipe virtual machine

  7. Tekan tombol create dan tunggu proses pembuatannya

  8. Jika sudah running pilih tombol Edit untuk mengedit file hello.ipynb dengan Jupyter notebook. Di Jupyter notebook ini kita akan membuat model machine learning dengan spek komputasi yang telah kita buat.


Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


5. Mulai Belajar Menjadi Data Scientist dari Sekarang!

Tahukah kalian bahwa data scientist kini sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan. Data scientist merupakan profesi terseksi di abad ini serta gaji dan jenjang karirnya pun cukup menjanjikan. Jadi, Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!




Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!