[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 2 Menit 21 Detik 

Kenali Beberapa Aplikasi Statistik untuk Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 16-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cf9ab0061774b87319816c95a95c0367_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan kumpulan data atau informasi merupakan salah satu hal penting dalam proses pelaksanaan penelitian yang memberikan gambaran dari sebuah kejadian atau peristiwa. Data menjadi salah satu komponen penting dalam kegiatan penelitian. Data yang diperoleh untuk penelitian itu pun perlu dianalisis menggunakan aplikasi statistik. Analisis data menggunakan metode statistik bertujuan untuk mendapatkan informasi penting dari data yang dapat dijadikan kesimpulan penelitian.

 

Aplikasi statistik merupakan program pengolah data statistik yang dapat memudahkan proses pengolahan data terutama untuk penelitian yang bersifat kuantitatif. Penggunaan aplikasi statistik pun juga memudahkan kita dalam Aplikasi statistik saat ini sudah sangat beragam jenisnya dan fungsinya yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja aplikasi statistik yang sering digunakan? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. SPSS

Statistical Package for Social Science atau SPSS merupakan salah satu aplikasi statistik yang sangat sering digunakan dan cukup populer mulai dari tahun 1970-an sampai sekarang. Bahkan aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh bidan eksak, akan tetapi bidang sosial humaniora pula mulai dari penelitian terkait komunikasi, pemasaran, pendidikan, politik, sosial, kesehatan, dan lain-lain. Pada aplikasi SPSS ini bisa digunakan untuk beberapa uji statistik seperti statistik deskriptif, statistik kuantitatif, distribusi frekuensi, uji korelasi, regresi, dan lainnya.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Microsoft Excel

Siapakah dari orang-orang pengolah data yang tidak mengenali Microsoft Excel? Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Microsoft Office yang tidak hanya dapat digunakan untuk tabulasi data saja, akan tetapi dapat untuk menganalisis data juga. Dalam Microsoft Excel terdapat banyak tools yang dapat membantu proses analisis data. Salah satu kelebihan Microsoft Excel adalah hampir di semua komputer memiliki aplikasi ini serta banyak yang telah menggunakannya sehingga memudahkan kita dalam bertanya jika menemui kesulitan.


3. E-View

E-View atau Econometric Views merupakan aplikasi statistik yang dirilis pada tahun 1994. Alat ini populer digunakan sebagai alat analisis statistika dan ekonometrika pada data berjenis runtun waktu. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Quantitative Micro Software (QMS). Aplikasi ini dapat pula digunakan untuk perhitungan statistik, peramalan, pemodelan dan lainnya. E-View memiliki berbagai jenis lisensi seperti edisi student atau akademik, license single user dan edisi komersial.


4. SAS

SAS atau Statistical Analysis System merupakan aplikasi analisis statistik yang dikebangkan oleh SAS Institute yang dirilis pada tahun 1966. Alat ini dapat digunakan untuk keperluan berbagai bidang dalam bidang analisis statistika, riset operasi, dan manajemen proyek. SAS sendiri memiliki ratusan fitur, diantaranya adalah basic procedures and data management, statistical analysis, operation research, interactive matrix language, data mining, quality control, applications facility, dan masih banyak lainnya. 


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Tertarik Menjadi Data Scientist?

Data scientist kini menjadi profesi primadona dalam dunia data. Apakah kamu tertarik menjadi data scientist? Kini, kita dapat memulai karir data scientist dengan kursus online di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL! Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!