GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 23 Jam 59 Menit 34 Detik 

Yuk, Kenali Beberapa Aplikasi yang Menggunakan Python

Belajar Data Science di Rumah 29-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c6ee3d1a3c5c0a308596d9f3f7dbbf3a_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang interpretatif serta multiguna yang cukup mudah dibaca dan mudah dipahami. Saat ini Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer di seluruh dunia dan dipergunakan untuk banyak hal.


Python memiliki berbagai macam kegunaan seperti dapat digunakan untuk mengembangkan situs web, algoritma, membuat aplikasi, membuat software, serta dapat digunakan pula oleh pelajar, mahasiswa maupun akademisi lainnya untuk menyelesaikan  proses analisis data. Python sendiri dibuat oleh Guido van Rossum dan dirilis pada tahun 1991. Pada era teknologi kini Python sangat berperan dalam mengembangkan aplikasi yang sebenarnya aplikasi itu cukup sering kita gunakan. Kira apa saja ya? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Spotify

Apakah dari kalian pernah menggunakan spotify? Yaa, spotify merupakan salah satu aplikasi pemutar musik dan podcast yang saat ini sering digunakan. Aplikasi ini menyediakan pula penggunaan premium sehingga kita dapat mendengarkan musik tanpa iklan. Waah, siapa sangka ya ternyata aplikasi pemutar musik yang populer ini menggunakan bahasa pemrograman Python juga dan dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lainnya. Khususnya pada Python menggunakan Luigi (modul Python yang disinkronkan dengan Hadoop).


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula

 

2. Instagram

Instagram merupakan aplikasi pembagi foto dan video yang sangat populer saat ini dan bisa dijangkau dengan mudah oleh siapapun. Saat ini pengguna aktif instagram sekitar lebih dari 400 juta pengguna. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Python karena ramah pengguna, sederhana, rapi dan cukup populer sehingga memudahkan developer ketika membutuhkan tim.


3. Netflix

Pada masa pandemi kini menonton film menjadi salah satu hiburan kita ketika di rumah saja. Netflix merupakan salah satu aplikasi penyedia film dari berbagai macam negara. Aplikasi ini pun sangat populer digunakan oleh berbagai kalangan usia. Bahasa pemrograman Python digunakan dalam aplikasi ini salah satunya adalah Central Alert Gateway yang dapat digunakan untuk menelusuri history atau riwayat serta untuk mengubah pengaturan keamanan.


4. Gojek

Beberapa dari kita sering menggunakan penyedia jasa atau layanan tumpangan atau pengiriman barang maupun makanan. Saat ini terdapat banyak aplikasi penyedia layanan tersebut, salah satunya adalah Gojek. Gojek merupakan aplikasi penyedia layanan penumpang yang dipesan secara online. Gojek sendiri menggunakan bahasa pemrograman Python dan menerapkannya pula dalam penerapan aplikasinya menjadi beberapa fitur seperti gosend, gocar, gopay, dan lain-lain. 


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!

Data scientist masa kini merupakan salah satu profesi yang sedang naik daun. Berbagai latar belakang pendidikan tertarik untuk menjadi data scientist lohh. Apakah kamu salah satunya? Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!