[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 54 Menit 20 Detik 

Kenali Beberapa Contoh Teknik Pengolahan Data Kualitatif dan Kuantitatif

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3be43ff4d014a019cc4d380559b8a70b_x_Thumbnail800.png

Halo teman-teman, apakah kalian pernah melakukan suatu penelitian? Jika iya, tentunya kalian pernah melakukan proses pengolahan data. Ya, pengolahan data merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan penelitian yang sangat penting untuk dilakukan. Pengolahan data pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan, akan tetapi dikerjakan melalui teknik-teknik yang sesuai. Agar lebih memahaminya, pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa contoh teknik pengolahan data.


Teknik pengolahan data terdiri menjadi dua jenis, yaitu teknik pengolahan data kuantitatif dan teknik pengolahan data kualitatif. Kedua teknik pengolahan data di atas pun harus disesuaikan dengan jenis datanya. Data yang digunakan pun terdiri dari dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang berbentuk angka atau bilangan sehingga dapat diolah secara numerik dengan akurat. Sedangkan data kualitatif merupakan data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka atau numerik.


1. Pengertian Teknik Pengolahan Data

Pengolahan data merupakan suatu rangkaian proses dari kegiatan penelitian yang bertujuan menghasilkan informasi dari data yang ada. Sedangkan teknik pengolahan data merupakan metode yang digunakan dalam proses pengolahan data. Selain bertujuan untuk mendapatkan informasi dari data yang telah diolah, pengolahan data juga berfungsi untuk mendapatkan solusi dari permasalahan serta lebih memahami isi penelitian. Teknik pengolahan data harus diterapkan dengan data yang sesuai agar hasilnya bisa lebih maksimal dan akurat.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Teknik Pengolahan Data Kuantitatif

Data kuantitatif merupakan data yang dapat disajikan dalam bentuk angka atau numerik, sehingga biasanya data kuantitatif ini tidak jauh dari analisis matematika dan statistika. Berdasarkan jenis datanya, maka teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknik pengolahan data kuantitatif. Teknik-teknik dalam pengolahan data kuantitatif pada umumnya menggunakan metode statistika atau matematika serta dapat pula dibantu dengan aplikasi atau software pendukung.


3. Teknik Pengolahan Data Kualitatif

Jika pada bagian sebelumnya kita telah mengenal apa itu data kuantitatif, maka pada bagian ini kita akan mengetahui apa itu data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk numerik atau angka, sehingga teknik ini umumnya membahas secara mendalam bahasan konseptual dari suatu permasalahan atau kejadian. Teknik pengolahan data kualitatif ini bisa dilakukan dengan cara langsung turun ke lapangan untuk mengamati kejadian atau bisa pula menganalisis teori tanpa harus turun langsung ke lapangan.


4. Contoh Teknik Pengolahan Data

Setelah mengenali beberapa jenis data dan teknik pengolahan datanya, maka selanjutnya kita perlu mengetahui masing-masing contoh dari teknik pengolahan data. Pada teknik pengolahan data kualitatif, metode yang sering digunakan antara lain:

  1. Wawancara, sesi tanya jawab langsung dan mendapatkan informasi dari narasumber

  2. Observasi, melakukan pengamatan langsung untuk mendapatkan gambaran detail dari kegiatan

  3. Analisis naratif, bertujuan untuk membuat interpretasi tentang penilaian pelanggan, proses operasional, dll

  4. Focus group discussion, diskusi bersama untuk membahas tema atau topik penelitian

Sedangkan pada teknik pengolahan data kuantitatif metode yang sering digunakan antara lain:

  1. Analisis deskriptif, bertujuan memberikan gambaran umum dari data

  2. Analisis inferensial, menggunakan rumus dasar statistik sehingga memperoleh hasil perhitungan yang akan digunakan untuk membuat kesimpulan yang daat digeneralisasi.


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!

Analisis data merupakan proses dalam kegiatan penelitian yang sangat penting. Untuk melaksanakan proses analisis data itu kita memerlukan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan itu. Kita bisa mempelajarinya di DQLab . Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!