Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Yuk, Kenali Beberapa Fakta Terkait Python Programming

Belajar Data Science di Rumah 26-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/02eb5853622075ef5f3ea1bd3c617a37_x_Thumbnail800.jpg

Haloo teman-teman semua.. apakah kalian pernah mendengar istilah python programming? Ya, python programming merupakan bahasa pemrograman python. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman. Jadi python bukan hanya nama ular yaaa hihi. Python saat ini merupakan bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan, baik bagi para mahasiswa, akademisi, programmer, web designer, dan lain-lain.


Python merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengembangkan situs web, algoritma, dan beberapa permasalahan data. Bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman yang cukup ringkas dan mudah dimengerti. Selain itu, proses coding dalam python cukup ringkas sehingga memudahkan para pengguna. Python sendiri telah diterapkan pada beberapa aplikasi atau software seperti Linux, Windows, Android, dan lain-lain. Kira-kira ada apa saja fakta tentang python programming? Yuk, cek artikel berikut ini!


1. Bahasa Open Source

Bahasa pemrograman python yang cukup populer ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya open source. Open source berarti tidak memiliki lisensi kepemilikan. Bahasa pemrograman yang open source berarti tidak dikontrol oleh pemilik lisensi. Selain itu, pengguna pun dapat berkontribusi dalam ekosistem Python. Sifat open source ini tentunya sangat memudahkan pengguna terutama dalam hal biaya karena kita tidak perlu membeli lisensinya. 


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Memiliki Berbagai Macam Aplikasi

Bahasa pemrograman python memiliki berbagai macam kegunaan, salah satunya adalah sudah sangat banyak diterapkan pada berbagai macam software. Seperti dapat diterapkan dalam permasalahan big data, pengembangan web, Internet of Things (IoT), penerapan machine learning, data mining, Artificial Intelligence, aplikasi mobile, dan lain-lain. 


3. Bahasa Pemrograman Terpopuler di Dunia

Bahasa pemrograman Python pada masa kini termasuk salah satu dari tiga bahasa pemrograman terpopuler di dunia, beriringan dengan bahasa pemrograman C dan Java. Bahasa Python cukup banyak diminati dan digunakan untuk berbagai macam kepentingan dikarenakan bahasa Python termasuk dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi namun tingkat kesulitannya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.


4. Pengkodean dalam Python

Selain kepopuleran dari Python, terdapat beberapa hal menarik dari Python seperti tidak ada tanda titik koma (;), tidak ada kurung kurawal ({}), fungsi yang dapat mengembalikan beberapa nilai, mendukung tugas secara bersamaan, memiliki operator slice,mendukung eksekusi perbandingan rantai, dapat menggabungkan secara otomatis dua atau lebih literal string (contoh : Good Job menjadi GoodJob), dan masih banyak keunikan atau ciri khas bahasa Python lainnya.


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!

Data scientist masa kini merupakan salah satu profesi yang sedang naik daun. Berbagai latar belakang pendidikan tertarik untuk menjadi data scientist lohh. Apakah kamu salah satunya? Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!