PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 46 Menit 55 Detik 

Kenali Beberapa Hal Terkait Algoritma Data Science

Belajar Data Science di Rumah 15-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/916f3e7ce972dab5ea09001386a72cd4_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian mengetahui apa itu algoritma? Algoritma merupakan urutan langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Lalu apakah kalian juga pernah mendengar istilah data science? Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data, mulai dari pengumpulan data sampai analisis data. Dari kedua pengertian tersebut, apakah kita sudah memiliki bayangan terkait pengertian dari algoritma data science?


Algoritma data science merupakan langkah atau prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan data science. Salah satu kegunaan algoritma data science adalah untuk membuat model. Namun sebelum membuat model kita perlu menganalisis data terlebih dahulu sehingga mengetahui pola atau tren dari data tersebut. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal terkait algoritma data science. Yuk, simak artikel ini bersama DQLab!


1. Jenis Algoritma Data Science

Algoritma data science sangat berperan penting dalam penyelesaian masalah sehingga menghasilkan informasi yang berguna bagi perkembangan bisnis. Data yang dianalisis menggunakan algoritma data science mulai dari data terstruktur sampai data tak terstruktur. Dengan keberagaman data tersebut tentunya menyesuaikan dengan bermacam-macam algoritma yang ada, antara lain sebagai berikut:

  1. Unsupervised learning, algoritma ini bekerja dengan cara mempelajari data untuk melihat kemiripan atau kedekatan data tersebut. Algoritma ini memiliki salah satu model yang sangat populer, yaitu model clustering.

  2. Supervised learning, algoritma yang bekerja dengan cara mempelajari terlebih dahulu data yang sudah memiliki label atau kelas tertentu, algoritma ini terbagi menjadi 3 model, yaitu klasifikasi, regresi dan forecasting.

  3. Semi-supervised learning, biasanya diterapkan pada situasi dimana ada kalanya kita memiliki variabel target dan prediktor namun terdapat data yang hilang di beberapa observasi di variabel targetnya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Manfaat Algoritma Data Science

Beberapa orang saat ini sudah begitu banyak mengetahui apa itu algoritma data science. Namun, banyak yang belum mengetahui pemanfaatan algoritma data science. Padahal, kita telah merasakan manfaat dari algoritma data science dalam kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari penggunaan marketplace, m-banking dan masih banyak lainnya. Sehingga, secara umum pemanfaatan dari algoritma data science adalah sebagai berikut:

  1. Hasil analisis lebih efisien

  2. Hasil analisis lebih akurat

  3. Tercapainya kepuasan pelanggan

  4. Mengembangkan dan menghasilkan produk relevan, dll


3. Contoh Algoritma Data Science

Pada masa kini sangat banyak algoritma data science yang dapat kita terapkan untuk memudahkan pekerjaan kita, baik itu model clustering maupun model klasifikasi. Algoritma data science pun telah banyak digunakan oleh peneliti maupun para akademisi untuk riset penelitian mereka. Permasalahan data yang dihadapi pun sangat beragam, mulai dari masalah klasifikasi penyakit, prediksi kelulusan, membaca trend marketing dan masih banyak lainnya. Adapun beberapa contoh algoritma yang sering digunakan antara lain:

  1. Algoritma C4.5

  2. Algoritma K-Means

  3. Algoritma apriori

  4. Algoritma Naive Bayes

  5. Algoritma Support Vector Machines

  6. Algoritma ID3

  7. Algoritma jaringan syaraf buatan, dll


4. Peran Data Science

Data science kini sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan secara sadar maupun tidak sadar, dalam keseharian kita sudah menggunakan peranan data science. Beberapa contoh adalah dalam bidang marketing, penjual atau pemilik bisnis dapat memahami tren serta minat pembeli dari data pembelian yang ada. Dengan menggunakan data science serta dibantu oleh data scientist, proses analisis tersebut akan menghasilkan kesimpulan yang berguna dalam pengambilan keputusan bisnis kedepannya. Selain dalam bidang marketing atau bisnis, data science juga sangat berperan dalam berbagai bidang seperti bidang kesehatan, pendidikan, manufaktur, teknik, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Tertarik Menjadi Data Scientist?

Data scientist kini menjadi profesi primadona dalam dunia data. Apakah kamu tertarik menjadi data scientist? Kini, kita dapat memulai karir data scientist dengan kursus online di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL! Yuk, mulai bangun protofolio datamu!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :