BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 18 Menit 29 Detik 

Kenali Beberapa Materi Pelatihan Excel di DQLab Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 15-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c74ca0630b8d1b649edfa5a2491a0ab0_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat DQ, apakah kalian pernah mendengar software Excel? Ya, Excel merupakan salah satu aplikasi yang didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat digunakan sistem operasi Windows dan Mac OS. Excel saat ini sudah sangat familiar bagi sebagian besar orang, bahkan dari tingkat sekolah pun aplikasi ini sudah sangat banyak digunakan oleh pelajar baik untuk menghitung, mentabulasi, atau lainnya. Namun, untuk penggunaan lebih lanjut, adakalanya kita perlu mengikuti pelatihan excel. Pelatihan excel in tentunya bertujuan agar pengguna lebih memahami excel lebih dalam baik dari tools yang dapat digunakan atau sampai rumus-rumus yang telah tersedia.


Microsoft Excel sudah sangat banyak membantu para pelajar, mahasiswa, pengusaha atau pebisnis lainnya. Excel sebagai salah satu program spreadsheet menyediakan berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan. Sehingga tidak heran jika excel ini telah mendunia dan diterapkan di berbagai bidang seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, bisnis, dan masih banyak lainnya. 


Hal ini dikarenakan salah satu kelebihan dari Excel yaitu fleksibel dan mudah untuk dioperasikan. Selain itu, Excel pun mampu menampung data yang cukup besar. Dengan demikian, saat ini tidak heran jika banyak orang yang ingin mengikuti pelatihan excel untuk belajar mulai dari tingkat dasar sampai dengan tingkat mahir. Kira-kira apa saja ya materi dalam pelatihan excel? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Dasar Excel

excel


Aplikasi excel seringkali dipahami oleh sebagian besar orang sebagai aplikasi yang mempermudah proses tabulasi dikarenakan sudah terdapat kumpulan baris dan kolom atau sel di dalamnya. Padahal, dasar-dasar excel tidak hanya sebatas itu. Jika dimulai dari awal, dalam pelatihan dasar excel pengguna akan mengetahui bagaimana cara menjalankan excel untuk pertama kalinya, memahami tampilan dasar excel, membuat dan menyimpan file excel. Setelah mengetahui hal-hal di atas, selanjutnya adalah menggunakan fitur yang tersedia dalam excel seperti rumus dan fungsi sampai pengolahan data dan grafik. Hal-hal dasar excel seperti ini lah yang dapat kita peroleh dengan mengikuti pelatihan excel.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus dan Fungsi

excel


Microsoft Excel dikenal sebagai salah satu aplikasi yang memiliki banyak rumus dan fungsi yang dapat digunakan sebagai penunjang kinerja serta memudahkan penyelesaian masalah. Dengan menggunakan rumus dan fungsi dalam excel ini mulai dari rumus yang paling sederhana, para pengguna akan sangat terbantu dalam menyelesaikan pekerjaannya. 


Terdapat beberapa rumus dan fungsi yang sangat perlu diketahui bagi pengguna excel antara lain seperti rumus SUM, AVERAGE, AND, NOT, OR, SINGLE IF, MULTI IF, COUNTIF, COUNTA, FIND, HLOOKUP, VLOOKUP, AREAS, CHOOSE, MATCH, INDEX, DAY, MONTH, YEAR, DATE, dan masih banyak  lainnya.


Ingin mengukur seberapa Sahabat DQ menguasai rumus dasar Excel? Yuk, coba quiznya di DQLab!


3. Excel Tingkat Lanjut

excel


Setelah mengetahui dasar-dasar penggunaan aplikasi excel dan penggunaan fitur-fitur di dalamnya, ternyata excel tidak hanya dapat digunakan untuk perhitungan matematika atau tabulasi saja, akan tetapi lebih dari itu. Pada tingkat lanjut pengguna akan diberi tips cara cepat dan mudah menguasai hal-hal seperti menemukan dan memperbaiki error, menggunakan fungsi tanggal dan waktu, mengenal Range dan Named Range, menggunakan Table (data list), menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, mengenal dan menggunakan Pivot Table, Filter dan Sorting, dan menggunakan Mikro.



4. Data Cleaning

excel


Apakah kalian tahu bahwa Excel dapat digunakan untuk pengolahan data science? Salah satu tahapan dalam pengolahan data science adalah data cleaning. Data cleaning merupakan proses pembersihan data agar pengguna dapat memilih mana data yang benar-benar akan digunakan sesuai keperluan. 


Dengan menggunakan excel untuk data science, pengguna akan diajarkan cara mendownload data yang digunakan, mengecek ejaan, fungsi yang biasa digunakan, cara menghapus spasi dan mengisi data yang missing, mengkonversi angka dalam numerik, menghapus duplikat, menandakan error serta menghapus huruf besar dan kecil.



Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Kenali Excel Lebih Dalam Bersama DQLab!

Excel merupakan salah satu software yang biasa digunakan oleh sebagian besar orang. Seorang data scientist pun cukup sering menggunakan microsoft Excel. Nah, Microsoft Excel ini dapat kita pelajari di DQLab loh. 


DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dan dapat kita gunakan sebagai media belajar dan media latihan belajar data science. 


Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan coba quiz gratis Excel di DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :