[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 9 Menit 22 Detik 

Kenali Berbagai Data Statistika Berdasarkan Jenis, Skala, Sumber, dan Waktu Pengumpulannya!

Belajar Data Science di Rumah 09-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b54474c7bac400357fc4e95da7b9e424_x_Thumbnail800.jpg

Data dan teknik pengolahan data merupakan kombinasi yang sangat penting untuk membuat keputusan. Keduanya harus benar-benar diperhatikan agar yang digunakan adalah data dan juga teknik pengolahan data yang terbaik. Data yang digunakan haruslah data yang valid, terupdate, dan juga reliable. Sementara teknik yang digunakan untuk mengolah data haruslah teknik yang sesuai dengan data yang dimiliki. Hingga saat ini memang belum ada teknik terbaik yang bisa cocok untuk semua data, setiap teknik pengolahan data pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Itulah mengapa, sebagai praktisi data, kita harus jeli dalam memilihnya.

Statistika merupakan salah satu ilmu yang sangat erat kaitannya dengan data. Bahkan jika seseorang berbicara tentang data, hal yang pertama terlintas di pikirannya adalah Statistika. Metode Statistika akan sangat dibutuhkan untuk mengolah data, sehingga bisa didapatkan kesimpulan terbaik. Data yang ada di dalam Statistika kemudian terbagi menjadi data berdasarkan jenis, skala data, sumber, dan juga waktu pengumpulannya. Kali ini, kita akan banyak membahas tentang berbagai data yang ada di Statistika ini loh, penasaran kan? Check this out!


1. Data Berdasarkan Jenis

Jika dilihat berdasarkan jenisnya, data dapat terbagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan juga data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang sifatnya non numerik atau bukan angka. Biasanya jenis data ini digunakan untuk penelitian yang membutuhkan banyak informasi yang mendalam dari narasumber, dan informasi ini tidak bisa untuk diangkakan. Semakin dalam informasi yang bisa didapatkan dari narasumber, maka akan semakin baik penelitiannya. Sementara data kuantitatif merupakan data yang berbentuk angka yang umum digunakan saat ini.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Data Berdasarkan Skala

Berdasarkan skala, data dapat terbagi menjadi empat skala yang kemudian akan masuk ke dua kelompok besar, yaitu kategorik dan numerik. Skala yang termasuk ke dalam kelompok kategorik adalah nominal dan ordinal. Nominal hanya digunakan untuk membedakan data, sementara ordinal digunakan untuk membedakan dan juga mengurutkan data. Kemudian skala yang masuk ke kelompok numerik adalah interval dan rasio. Skala data interval digunakan untuk membedakan dan mengurutkan data berdasarkan intervalnya, sementara skala rasio digunakan untuk membedakan, mengurutkan dengan interval, dan memiliki 0 absolut.


3. Data Berdasarkan Sumber

Berdasarkan sumber, data dapat terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang sengaja diambil langsung ke lapangan. Biasanya data ini akan dijadikan sebagai data utama dalam penelitian, karena peneliti dapat memahami keadaan lapangannya juga. Sementara data sekunder merupakan data yang diambil berdasarkan data yang telah digunakan di penelitian sebelumnya. Data sekunder umumnya akan digunakan sebagai data pelengkap penelitian. Data sekunder ternyata lebih murah dibandingkan dengan data primer, karena peneliti tidak perlu terjun langsung ke lapangan.


4. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulan

Berdasarkan waktu pengumpulan, data dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu data cross section dan time series. Data cross section merupakan data yang dikumpulkan dalam satu waktu, sehingga isi dari variabel waktunya hanya satu tanggal. Data cross section biasanya memiliki banyak variabel. Data time series merupakan data yang diambil dari rentang waktu tertentu, misalnya selama satu tahun. Di data time series, variabel yang ada biasanya hanya dua, yaitu waktu dan data. Karena kita akan lebih fokus ke arah waktunya.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Nikmati Modul R Gratis di DQLab, Yuk!

R  merupakan software yang sengaja diciptakan untuk mempermudah pekerjaan Statistician. Ada banyak function dan juga library yang tersedia di R. Belakangan ini, software R juga banyak digunakan oleh Data Scientist. Tentu saja hal ini tidaklah mengherankan karena pekerjaan Data Scientist akan berhubungan erat dengan Statistika. Jika kamu tertarik untuk mempelajari R secara gratis, DQLab memiliki free modul yang bisa kamu nikmati loh, yaitu modul “Introduction to Data Science with R”. Modul ini berisi hal-hal basic tentang R, sehingga sangat cocok untuk dipelajari oleh pemula. Tunggu apa lagi, buruan sign up dan nikmati free modulnya!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!