PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 6 Jam 49 Menit 39 Detik

Yuk, Kenali Berbagai Macam Metode Pengumpulan Data Sekunder

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5de09d3060488c1b395680673df4bc3f_x_Thumbnail800.jpg

Data sekumpulan informasi yang didapatkan dari hasil pengamatan atau riset dalam sebuah penelitian. Data merupakan salah satu komponen penting yang menunjang keberhasilan penelitian. Menurut cara pengumpulannya data terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data yang digunakan harus dikumpulkan sesuai dengan metodenya masing-masing. Untuk data primer menggunakan metode pengumpulan data primer, begitu pula untuk data sekunder menggunakan metode pengumpulan data sekunder.


Pada sebuah penelitian tentunya diharapkan menghasilkan kesimpulan yang baik dan sesuai. Agar hasil kesimpulan penelitian baik dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah data yang baik atau berkualitas. Data yang baik atau berkualitas dapat diperoleh salah satunya dengan mengupayakan metode pengumpulan data yang dilakukan sudah tepat dan sesuai dengan jenis datanya. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa macam metode pengumpulan data sekunder yang cukup sering digunakan.


1. Lembaga Pemerintahan

Semakin meningkatnya jumlah data pada masa kini seiring dengan meningkatnya jumlah peminat data sekunder. Oleh karena itu saat ini semakin banyak lembaga yang melayani permintaan data sekunder baik itu lembaga pemerintahan negeri maupun swasta. Pada umumnya peneliti akan menghubungi pihak instansi terkait yang akan dimintai data yang sesuai dengan kebutuhan data peneliti tersebut.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Media Massa

Pada masa kini data yang disimpan tidak hanya dalam bentuk media cetak saja akan tetapi terdapat beberapa data yang disimpan dalam bentuk digital, terutama data yang berukuran sangat besar. Berhubungan dengan hal itu, media massa dalam bentuk digital juga dapat menjadi salah satu metode pengumpulan data sekunder. Jadi data yang dikumpulkan tidak hanya terfokus pada media cetak saja. Bahkan keuntungan dari media digital ini adalah lebih efisien dalam hal penyimpanan serta pencarian data.


3. Badan Pusat Statistik (BPS)

Badan Pusat Statistik merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang mana salah satu peranannya adalah menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat. BPS merupakan salah satu media yang paling sering digunakan untuk menunjang kebutuhan data dalam suatu penelitian. Data yang didapatkan biasanya berasal dari sensus atau survei yang dilakukan sendiri dan juga dari departemen atau lembaga lainnya. data yang disediakan oleh BPS ada yang berbayar dan ada yang gratis. Selain itu, BPS juga menerbitkan publikasi yang dapat kita beli atau kita akses dalam official websitenya.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Latifah Uswatun

    Editor : Annissa Widya Davita


      Mulai Karier
      sebagai Praktisi
      Data Bersama
      DQLab

      Daftar sekarang dan ambil langkah
      pertamamu untuk mengenal
      Data Science.

      Buat Akun


      Atau

      Sudah punya akun? Login