DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 46 Menit : 50 Detik

Pentingnya Business Intelligence (BI) dalam Dunia Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c93c1220b9bd1ffeb99bcf23737df882_x_Thumbnail800.jpg

Ingin menjadi praktisi data yang kompeten? Bisa! Melalui DQLab kamu akan lebih leluasa mempelajari ilmu Data Science. Sebelum itu, kamu harus terlebih dahulu memahami dan mengenali peran-peran terkait karir ini. Peran ini termasuk Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, dan Business Intelligence.

Business Intelligence (biasa disebut BI) adalah salah satu profesi praktisi data, dan kamu perlu menguasai kemampuan tersebut! Profesi Intelegensi Bisnis atau BI ini mengandalkan data dan menerjemahkannya ke dalam prospek bisnis perusahaan atau client yang menggunakan data tersebut. Tapi apakah perannya hanya seperti itu? Apakah seorang BI hanya perlu memahami data dan memiliki pengetahuan tentang bisnis saja? Yuk, kita simak artikel berikut!

1. Apa Itu Business Intelligence? 

Menurut CIO, Business Intelligence adalah profesi yang menggunakan perangkat lunak dan layanan untuk mengubah data menjadi wawasan yang dapat dimanfaatkan untuk keputusan strategi bisnis. Sepert posisi lainnya, posisi ini juga sangat penting di perusahaan. Alasannya, karena merekalah yang akan menentukan arah dan strategi bisnis pada perusahaan tersebut. Strategi yang salah dapat membingungkan rencana bisnis perusahaan.

Oleh karena itu, Business Intelligence sering disebut sebagai Business Strategist. Akan tetapi, BI berbeda dengan Business Analytics. Jika Business Analyst hanya berupa analisis saja, maka BI ini harus dapat menggambarkan hasil dari analisis tersebut.

Baca juga: Implementasikan 3 Tips Ini untuk Siap Berkarir menjadi Business Intelligence

2. Skills dan Kualifikasi yang Diperlukan BI

 -   Kemampuan analisis data

Tentunya skill ini menjadi hal terpenting yang harus diutamakan di bidang Business Intelligence. Dengan memiliki keterampilan analisis data, kamu bahkan dapat melihat relevansi dan makna dari ribuan data mentah. Dan ini yang disebut dengan kemampuan analitis atau kemampuan menganalisis.

-    Ilmu komunikasi

Profesi Business Intelligence memang membutuhkan keahlian khusus yang tidak bisa dipelajari langsung. Namun, ilmu komunikasi tidak bisa dianggap remeh karena keterkaitannya dengan profesi ini. Jika kamu ingin bekerja di bidang ini, kamu tidak hanya harus dapat menganalisis data, tetapi kamu juga harus menyampaikan hasilnya ke orang lain dengan benar dan mudah dimengerti, termasuk ke pelanggan dan kolega yang belum tentu paham dengan bidang ini.

-   Pengetahuan di bidang industri

Skill lainnya adalah pengetahuanmu di dunia industri. Keterampilan ini harus dimiliki oleh seorang Business Intelligence, sesuai dengan industri mana tempat perusahaan kamu bekerja. Misalnya, jika kamu bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce, kamu perlu memahami tren yang sedang berlanjut di bidang tersebut. Oleh karena itu, kamu dapat memahami data lebih dalam untuk mendapatkan solusi yang lebih efektif.

3.  Pekerjaan dan Tanggung Jawab Business Intelligence

  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber

  • Melakukan analisis terhadap data bisnis

  • Mengembangkan hasil analisis

  • Mengolah hasil analisis data menjadi sebuah laporan yang dapat dimengerti oleh perusahaan atau klien

  • Mengamati dan melakukan evaluasi terhadap data secara menyeluruh

  • Dan yang terakhir, mengembangkan bisnis dan profit perusahaan dari wawasan hasil analisis.

Baca juga: Belajar Data Science Mengenal Business Intelligence VS Data Analyst, Apa Bedanya?

4. Akses DQLab Project dan Aplikasikan Tipsnya Sekarang!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung bersama di DQLab! Bangun portofolio datamu dengan belajar data science dan mengakses modul serta project yang tersedia di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.    Akses module Introduction to Data Science

3.    Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQL

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!