DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 39 Menit : 18 Detik

Bahasa Pemorgraman Python, Yuk Kenali Beberapa Aturan Dasar Saat Belajar Coding Python

Belajar Data Science di Rumah 15-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/060f3012c208d3aa659933e329b2e201_x_Thumbnail800.jpg

Setelah memahami apa itu Bahasa pemrograman python dan telah mempersiapkan segala perlengkapan untung belajar coding python, sekarang kita akan belajar beberapa aturan dasar dalam penulisan coding Python. Pentingnya mempelajari aturan penulisan ini karena jika tidak berdasarkan aturan, maka kemungkinan terjadinya error sangat besar. Jika dibandingkan dengan Bahasa pemrograman C++, Java, ataupun Pascal, Python memiliki code program yang lebih sederhana.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa aturan dasar penulisan saat belajar coding Python. Tujuannya adalah, agar mudah saat penulisan dan memudahkan kita dalam mengatasi error apabila terjadi error pada program yang kita jalani. Yuk kita lihat apa saja aturan tersebut!

 1. Penulisan Statement di Python

Statement (pernyataan) adalah sebuah instruksi atau kalimat perintah yang akan dieksekusi oleh Python. Contohnya nama = “DQLab”, nama adalah statement penugasan dengan nilai didalamnya “DQLab”. Penulisan satu statement ini tidak diakhiri dengan tanda titik-koma. Sedangkan jika ingin menulis lebih dari satu statement dalam satu baris, maka dipisah dengan titik-koma. Akan tetapi, sebaiknya tidak menulis lebih dari satu statement dalam satu baris, karena akan sulit untuk dibaca. Selain itu ada juga statement pengecekan (IF) dan perulangan (FOR)

Baca juga: Keuntungan Belajar Python Secara Komprehensif Bersama DQLab untuk Awali Karirmu sebagai Praktisi Data

2. Aturan Penulisan Syntax Dasar Python

Saat belajar coding Python, kita juga harus mengetahui bagaimana aturan penggunaan case sensitive atau huruf besar kecil dalam Bahasa Pemrograman Python. Contohnya, penulisan “Nama” dan “nama” memiliki arti yang berbeda. Aturan lainnya adalah penulisan String, yaitung teks atau kumpulan dari karakter. String dalam Bahasa pemrograman biasanya ditulis dengan dibungkus oleh tanda petik tunggal maupun ganda. Penulisan  code(syntax)nya boleh untuk tidak diakhiri dengan tanda titik-koma (;) dan boleh juga untuk menggunakannya, karena tidak ada pengaruhnya.

3. Penulisan Komentar pada Python

Sama juga halnya dengan Bahasa pemrograman lainya, komentar pada Python berfungsi untuk memberikan keterangan untuk code tertentu. Komentar merupakan baris kode yang tidak akan dieksekusi. Fungsi lainnya adalah untuk menonaktifkan baris-baris kode tertentu. Ada beberapa cara menuliskan komentar pada coding Python, dari cara yang paling sering digunakan yaitu menggunakan tanda pagar (#), menggunakan tanda petik (‘ ‘) walaupun cara ini jarang digunakan, dan menggunakan triple tanda petik (“””  “””) yang digunakan untuk membuat komentar multiple line atau membuat dokumentasi.

Baca juga: Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

4. Mulai Tertarik untuk Belajar Python Bersama DQLab? Yuk, Mulai Belajar Data Science Gratis sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  •  Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  •  Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1.    Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2.    Akses module Introduction to Data Science

3.    Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab 

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!