[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 6 Menit 1 Detik 

Kenali Contoh Aplikasi Statistik di Berbagai Industri

Belajar Data Science di Rumah 05-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f87828e7bb15600b9e4b7df3076a3786_x_Thumbnail800.jpg

Tahukah kamu banyak kegiatan sehari-hari kita yang menggunakan statistika? Aplikasi statistik bahkan dapat diterapkan di kegiatan paling sederhana, seperti menghitung rata-rata penjualan perhari. Bahkan tanpa disadari kita telah menggunakan rumus statistika dalam kehidupan sehari-hari. Statistik tidak hanya digunakan dalam dunia research atau penelitian, tapi juga digunakan di berbagai bidang. Bahkan statistika dasar sudah diajarkan di SMP atau mungkin sekolah dasar. Ilmu yang satu ini dapat dikombinasikan dan digunakan di berbagai bidang ilmu.

Di era big data, penggunaan statistika terus meningkat. Namun, sebelum big data booming pun statistik sudah banyak digunakan di berbagai bidang industri. Statistik bisa digunakan dalam bidang kesehatan, bisnis, pemerintahan, hukum, pendidikan, perdagangan, dan lain sebagainya. Penggunaan statistik ini juga bisa digunakan untuk berbagai tujuan mulai dari melihat bagaimana pola pasar dan memprediksi pola pasar beberapa waktu kedepan, menghitung rata-rata penjualan dan keuntungan pada periode tertentu, bahkan statistik bisa digunakan untuk memprediksi peluang munculnya penyakit tertentu. Pada artikel kali ini kita akan membahas pengaplikasian statistik di berbagai industri.


1. Bidang Pemerintahan

PBB menjelaskan bahwa peran statistika adalah sebagai elemen yang sangat diperlukan dalam sistem informasi demokratis. Pada masa pemilihan umum, tim sukses suatu partai atau koalisi menggunakan statistik untuk memetakan target pendapatan suara sehingga kegiatan kampanye lebih optimal. Di Amerika Serikat, pemerintah sudah menggunakan statistik untuk berbagai tujuan, seperti menghitung angka ekonomi terutama terkait keuangan dan pajak. Selain itu, pemerintah US juga menggunakan data pendidikan untuk mendapatkan informasi mengenai indikator kondisi pendidikan sehingga stakeholders terkait bisa mengambil kebijakan yang lebih baik.

Statistik


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Bidang Kesehatan

Statistik berperan penting dalam dunia farmakologi karena pada bidang ini akan banyak penemuan, pengujian, dan kegiatan penelitian lain yang membutuhkan uji statistik. Selain farmakologi, statistik juga berperan dalam bidang epidemiologi, penghitungan nutrisi, dan lingkungan kesehatan. Bahkan dalam berbagai acara, WHO juga menggunakan data dan statistik untuk memperkuat publikasinya.

Statistik


3. Bidang Hukum

Dalam suatu persidangan, kita pasti sering mendengar saksi ahli. Seorang expert statistik dapat dijadikan sebagai saksi ahli untuk berbagai kasus, misalnya melibatkan detail perbedaan gaji, tes DNA, cluster penyakit, survei konsumen, dan lain sebagainya. Selain itu, institusi hukum juga menggunakan berbagai data dan analisis statistik untuk memperkuat publikasi yang berhubungan dengan masyarakat seperti jumlah etnik yang bermasalah di suatu wilayah.

Statistik


4. Bidang Keuangan

Pengaplikasian statistik sering digunakan di bidang finance baik dalam skala pribadi maupun global. Seseorang menggunakan statistik untuk membuat keputusan dalam perencanaan dan penggunaan keuangan sementara organisasi menggunakan statistik untuk memutuskan kebijakan keuangan. Selain itu, bank juga menggunakan statistik untuk menurunkan risiko pengoperasian pinjaman, menganalisis aktivitas pasar keuangan, dan memprediksi dampak krisis ekonomi.

Statistik


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Mengaplikasikan Statistika di Berbagai Bidang

Statistika dapat diaplikasikan di berbagai bidang industri. Pertanyaannya bagaimana cara belajar mengaplikasikan ilmu tersebut? Well sebenarnya ada berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus. Yuk belajar cara mengaplikasikan statistika di berbagai bidang dan tools yang sering digunakan didunia industri bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk signup dan nikmati berbagai modul menarik plus latihan menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!