Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali COUNTIF, Salah Satu Fungsi di Excel untuk Menghitung Data Unik

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1265836a41c696818c56f7a1e1feb617_x_Thumbnail800.png

Sejak data menjadi hal yang penting dalam proses pembuatan keputusan, ada banyak permasalahan baru yang muncul. Salah satunya adalah dengan adanya duplikasi data. Dalam beberapa keadaan, kita terkadang butuh untuk mengetahui jumlah data yang unik bukan jumlah data setelah mengalami duplikasi. Menghitung jumlah data unik berarti kita perlu untuk mencacah banyak data, namun jika pada data tersebut memiliki duplikat hanya dihitung satu kali saja.

Excel merupakan salah satu tools pengolahan data yang cukup powerful dalam proses cleaning data, termasuk untuk menghilangkan data yang duplikat atau bahkan membiarkan data yang duplikat tetap ada namun hanya menghitung data uniknya saja. COUNTIF menjadi salah satu fungsi yang bisa dicoba untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Ingin tahu lebih jauh tentang COUNTIF? Yuk, simak artikelnya!


1. Fungsi COUNTIF

COUNTIF adalah fungsi Excel untuk menghitung sel dalam rentang tertentu yang memenuhi satu kondisi. COUNTIF dapat digunakan untuk menghitung sel yang berisi tanggal, angka, dan teks. Kriteria yang digunakan dalam COUNTIF mendukung operator logika (>,<,<>,=) dan wildcard (*,?) untuk pencocokan sebagian. Rumus umum COUNTIF adalah:

=COUNTIF(range, criteria)

Dimana:

  • range : rentang data yang akan dihitung

  • criteria : kriteria yang menjadi kunci agar data bisa dihitung.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menghitung Jumlah Data Unik

Nah, bagaimana jika akan menghitung data unik? Ternyata kita bisa menggunakan kombinasi antara COUNTIF dengan SUM atau kombinasi COUNTIF dengan SUMPRODUCT. Misalkan kita telah mengambil 10 sampel karyawan di perusahaan X untuk mengetahui pekerjaannya. Ternyata ada beberapa karyawan yang memiliki pekerjaan yang sama. Jika kita ingin menghitung jumlah pekerjaan yang ada berdasarkan sampel, kita bisa menggunakan rumus berikut:

excel

Didapatkan hasilnya adalah 4 dengan menggunakan SUMPRODUCT dan COUNTIF. Untuk perhitungan menggunakan SUM dan COUNTIF bisa dengan cara yang sama loh.


3. Menghitung Data Unik dengan Data Kosong

Selain menghitung data unik yang lengkap, kita juga bisa menghitung data unik yang didalamnya terdapat data kosong dengan menggunakan SUMPRODUCT dan juga COUNTIF. Berikut contohnya:

excel

Jika dilihat, data unik yang ada berjumlah 4 data, namun karena data yang kosong ikut dihitung maka jumlahnya menjadi 5 data unik.


4. Menghitung Data Unik dengan Mengabaikan Data Kosong

Lalu bagaimana jika data kosong tersebut tidak ingin dimasukkan dalam perhitungan? Tenang, kita masih tetap bisa menggunakan kombinasi SUMPRODUCT dan juga COUNTIF. Seperti gambar berikut:

excel

Dapat dilihat bahwa data yang terhitung hanya 4, artinya cell yang kosong tidak lagi dihitung.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Tertarik untuk Belajar Excel Lebih Lanjut? 

Seru kan belajar Excel? Kamu harus mengeksplorasi Excel lebih jauh agar meningkatkan pemahaman mu tentang pengolahan data. Kamu bisa mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan Excel lainnya di DQLab, loh. Caranya gampang banget, kamu cukup membeli modul platinum yang ada. Kamu bisa mulai belajar Excel dari level dasar hingga ke level yang cukup rumit. Keuntungan jika kamu membeli modul platinum di DQLab, kamu bisa mengakses modul tersebut secara unlimited. Nah, tunggu apalagi? Yuk buruan daftarkan akun mu dan mulai belajar Excel!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!