PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 19 Jam 2 Menit 18 Detik 

Kenali dan Pahami Fungsi Data Science dalam Industri Finance

Belajar Data Science di Rumah 31-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d2684c1721f7e0e9f1d3899dcf066f5a_x_Thumbnail800.jpg

Kini, semua lini bisnis sudah menyadari betapa pentingnya kompetensi Data Science untuk kelancaran strategi bisnis. Dengan bantuan teknologi dan data, dapat memecahkan berbagai masalah dan mendapatkan keuntungan strategis. Data Science sendiri merupakan penggabungan beberapa ilmu disiplin dengan menggunakan metode statistik dan ilmiah pada data untuk mendapatkan wawasan yang luas, sehingga nantinya dapat berguna untuk pengambilan keputusan.  Dari sejumlah volume data yang didapatkan tentunya butuh seseorang atau praktisi data yang terlatih dan berpengalaman untuk melakukan perincian dengan tepat. Dengan demikian, semakin meningkatnya praktisi Data Science yang berkontribusi memajukan sektor industri finance.


Mengingat sektor finance sangatlah krusial maka kamu selaku stakeholder perlu mengetahui aspek atau ilmu yang bisa membantu bisnis kamu menjadi lebih unggul. Pada artikel DQLab kali, sangat cocok untuk kamu! Karena pada artikel ini akan membahas fungsi yang dimiliki Data Science jika bisnismu bergerak di sektor finance. Penasaran? Yuk, kita simak bersama!


1. Membantu Menganalisis Konsumen

Pada dasarnya, konsumen menjadi salah satu peran penting dalam sektor keuangan. Untuk memaksimalkan perannya tersebut, kini banyak sektor industri terutama bidang finance telah menerapkan ilmu Data Science untuk membantu dalam menganalisis konsumen. Menjadikan pengalaman pelanggan dan personalisasi merupakan prioritas utama, penerapan ilmu Data Science memperoleh wawasan baru tentang perilaku pelanggan. Misalnya, seperti sebuah perusahaan asuransi menggunakan Machine Learning untuk memahami perilaku konsumen yang bertujuan untuk meningkatkan peluang penjualan. Adanya penerapan Machine Learning, kini terbantu membaca perilaku konsumen sehingga perusahaan asuransi dapat merekomendasi atau menawarkan layanan lainnya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Meminimalisir Terjadinya Penipuan

Transaksi pembelian dengan nominal yang sangat tinggi pada pembelian atau pembelian diluar wilayah sering kali terjadinya penipuan kartu kredit. Apabila terdeteksi, maka kartu biasanya akan terblokir secara otomatis. Dengan begitu, bank dapat melindungi semua data-data yang dimiliki oleh klien dan juga melindungi perusahan. Peran Data Science datang untuk membantu melacak dan menentukan menggunakan metode lain apakah faktor tersebut cukup menunjukkan kecurigaan. Dibantu dengan kemajuan teknologi juga, hal ini perusahaan menambahkan pada sistem mereka dengan sidik jari atau pengenalan wajah sehingga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya pencurian. 


3. Menganalisis Secara Real-Time

Adapun alasan perusahaan sudah menerapkan Data Science yaitu dapat membantu dalam menganalisis secara real-time. Real-time sendiri merupakan sebuah kegiatan analisis dengan jumlah volume data besar yang diperoleh dari berbagai sumber, kelebihan jika menggunakan real-time adalah hasil yang didapatkan lebih cepat sehingga perusahaan tidak perlu menunggu terlalu lama dan dapat menemukan solusi yang tepat. Adapun pengujian yang dilakukan secara real-time seperti A/B dimana membantu dalam mengoptimalkan data yang sudah ada dan  selanjutnya digunakan untuk membuat keputusan menjadi lebih jelas. 


4. Algoritma Trading

Dalam algoritma trading, rumus matematika yang kompleks dan perhitungan dengan kecepatan tinggi membantu perusahaan atau industri finance dalam merancang strategi menyambut revolusi industri. Algoritma trading memiliki dampak yang signifikan pada data real-time. Dengan demikian, memiliki metode tercepat dalam menganalisis data dengan bantuan secara real-time sangat membantu perusahaan atau instansi kamu menjadi unggul. Dengan memiliki lebih banyak informasi juga dapat membangun model yang lebih baik dan maju. Cara kerja pada algoritma trading sendiri yaitu algoritma mengembangkan kondisi lalu akan membentuk ‘sinyal. Begitu keduanya bertemu, sinyal ini akan dikirim ke algoritma dan akan mendapatkan dari hasilnya sehingga dari proses tersebut terciptanya ‘trade’.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Mulai Implementasikan Data Science bersama DQLab Hadapi Revolusi Industri 4.0!

Ilmu Data Science kini sudah memberikan banyak pengaruh dan juga memberikan wawasan tentang seberapa baik suatu produk yang dijual, terutama layanan atau industri finance dapat mengoptimalkan dengan baik dalam melayani pelanggan dan perilaku mereka. Dengan demikian, penerapan ilmu Data Science dan Machine Learning kini sudah terlibat dalam keberlangsungan perusahaan atau instansi. Jika kamu ingin memulai belajar Data Science dan menerapkannya dalam bisnismu, yuk signup sekarang di DQLab dan jangan lewatkan akses GRATIS module “Introduction to Data Science with R” atau  “Introduction to Data Science with Python”. Selangkah lebih maju dan siap berkompetisi di Industri 4.0!



Penulis: Agnes Nurlisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!