Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Data Scientist, Salah Satu Profesi ‘Primadona’ Bidang Data Science

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/def2744862226ee0873ea5c4d0ea5ce3_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia data, Big Data hadir ketika perusahaan atau instansi bersinggungan dengan data yang jumlahnya besar. Sehingga, perlunya seseorang yang handal dan ahli dalam menyimpan data dengan benar dan memastikan bahwa data bisa digunakan untuk kepentingan perusahaan atau instansi lainnya. Seiring peningkatan data yang didapat, aksesibilitas dan kekuatan data menjadi lebih umum atau semua bisa menggunakannya, maka sudah banyak perusahaan atau instansi mencari sumber tenaga atau praktisi yaitu Data Scientist. Kini, Data Scientist membantu bisnis baik dalam pengumpulan, mengamankan proses bisnis, hingga menghubungkan pola baru dengan mengikuti trend yang ada di pasar.


Hal ini menjadikan data enthusiast semakin berkompetisi untuk mendapatkan posisi sebagai Data Scientist pada perusahaan yang diincarnya. Namun jangan khawatir bagi kamu yang baru saja terjun atau memasuki dunia Data Science, tentunya kamu bisa step up the game dengan mengenal terlebih dahulu seperti apa profesi Data Scientist itu. Nah, pas banget pada artikel DQLab kali ini akan membantu kamu mengenal lebih terkait profesi primadona ini di kalangan data enthusiast. Penasaran? Yuk langsung saja simak artikel berikut!


1. Brief Tentang Profesi Data Scientist

Praktisi data membantu dalam mengorganisasikan volume data yang besar untuk memanfaatkan keputusan bisnis secara optimal dan lebih baik. Data Scientist memiliki tanggung jawab dimana mereka mengumpulkan informasi dari berbagai sumber atau dataset yang kemudian dianalisis menjadi sebuah informasi atau wawasan yang berguna. Seorang Data Scientist diharuskan bisa bekerja secara kolaboratif dengan pemangku kepentingan yang bersangkutan, seperti engineers, tim analitik, atau tim yang bertanggung jawab untuk menghadapi pelanggan sekalipun. Dalam metode menganalisisnya pun menggunakan ilmu statistik dan metode Machine Learning, sehingga dalam bertindak analisis menjadi lebih tepat dan akurat.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Tugas yang Dilakukan Data Scientist

Adapun berbagai fungsi yang dilakukan oleh Data Scientist dalam memanfaatkan ilmu Data Science untuk memeriksa, menafsirkan, dan menjelaskan dari kumpulan data dan juga membuat sebuah prediksi aktivitas serta tren yang ada di pasar. Berikut beberapa tanggung jawab dan tugas yang dilakukan Data Scientist:

  • Bertanggung jawab dalam membantu memecahkan suatu masalah menggunakan data dengan metode statistik

  • Melakukan pengembangan melalui dataset serta menguji dan menyempurnakan parameter model untuk meningkatkan metodologi yang ada

  • Bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan hasil olahan data yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

  • Memastikan bahwa data terintegrasi untuk tujuan analisis, data dapat diproses, dibersihkan serta diversifikasi.

  • Bertanggung jawab atas eksplorasi keakuratan pada data baik dari sumber internal dan eksternal untuk mencari wawasan dan korelasi yang tidak terlihat. 


3. Skills Data Scientist

Jika kamu sudah mengetahui beberapa tugas penting yang dilakukan oleh Data Scientist, kamu juga harus tahu bahasa pemrograman atau software aplikasi apa saja untuk mendukung proses kelancaran dalam mengolah data. 

  • Secara edukasi, kamu perlu tahu ilmu dasar yang dimiliki oleh Data Scientist seperti ilmu matematika, ilmu komputer sains, dan juga ilmu statistik. 

  • Adapun bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh praktisi data yaitu R, Python, SQL, dan lainnya. Selain itu kamu juga sudah familiar dengan algoritma Machine Learning, visualisasi data, dan lainnya

  • Keterampilan untuk berkomunikasi juga menjadi salah satu requirement yang ada pada Data Scientist, baik secara verbal dan non verbal seperti berkomunikasi menggunakan visualisasi agar mudah dipahami bagi orang awam atau semua orang.

  • Problem solver dan analytical thinking


4. Data Scientist dalam Revolusi Industri 4.0

Dengan menggunakan keterampilan pemrograman, bahasa pemrograman, penggunaan Machine Learning pada penelitian mereka, maka profesi Data Scientist kini sudah membuat dunia data dipahami oleh semua orang terutama. Banyaknya orang yang sudah melek keunggulan data, banyak instansi atau perusahaan mencari profesi Data Scientist untuk membantu permasalahan tertentu menggunakan kecerdasan teknologi yang ada. Data Science akan terus berkembang dan akan semakin meningkatnya inovasi pembaharuan yang memungkinkan dapat membantu aktivitas kita sehari-hari, salah satunya seperti penggunaan Artificial Intelligence (AI) sebagai asisten virtual kita di masa yang akan mendatang.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya

5. Ingin Memulai Berkarir Sebagai Data Scientist? Yuk, Bergabung Bersama DQLab!

Perlu diketahui untuk sahabat Data DQLab, bahwa belajar Data Science sendiri cukup mudah karena bersifat fleksibel dan jika kamu memiliki kemauan yang tinggi, pantang menyerah dan memiliki medium yang terstruktur dalam pembelajarannya tentunya kamu juga bisa lho menjadi praktisi data, salah satunya Data Scientist! Bersama DQLab kamu bisa mewujudkan karirmu menjadi Data Scientist, karena di DQLab kamu akan mendapat module sesuai dengan kebutuhanmu dan sertifikat jika kamu sudah menyelesaikan semua modulenya. Selain itu adanya fitur project untuk membantu kamu dalam mengasah skill, membangun portofolio serta sebagai batu loncatan menjadi Data Scientist. Last but not least, di DQLab terdapat job connector untuk kamu yang ingin berkarir dala, bidang Data Science. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu dengan signup di DQLab dan nikmati GRATIS module “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”. 


Selamat mencoba sahabat Data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!