BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 53 Menit 6 Detik 

Kenali Empat Aplikasi Statistik Gratis yang Populer untuk Pengolahan Data

Belajar Data Science di Rumah 05-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6535b7f5bd07f51df565c5a97aa6b176_x_Thumbnail800.png

Pengolahan data statistik menjadi salah satu prosedur penting dalam kegiatan penelitian. Mengapa dikatakan penting? Hal ini dikarenakan data yang kita peroleh dalam penelitian tidak akan menjadi informasi apapun jika tidak diolah atau dianalisis. Informasi yang diperoleh pada proses pengolahan data itu akan menjadi pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Namun jangan dibayangkan bahwa proses pengolahan data itu dilakukan sepenuhnya dengan manual ya, namun tentu saja menggunakan aplikasi statistik agar memudahkan pengguna serta lebih cepat dan efisien.


Saat ini aplikasi statistik sudah sangat beragam jenisnya tentunya dengan kegunaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Aplikasi statistik merupakan tools yang digunakan sebagai sarana pengolahan data terutama penelitian yang bersifat kuantitatif. Aplikasi yang tersedia pun ada yang gratis dan berbayar atau perlu membeli lisensi. Penggunaan aplikasi ini akan sangat terasa membantu terutama dalam mengolah data yang jumlahnya sangat besar (big data) yang mana jika dipikir dengan logika saja jika dikerjakan secara manual tentunya akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan biaya yang tidak sedikit. Kira-kira apakah kalian telah mengetahui apa saja aplikasi statistik yang populer di kalangan praktisi data? Jawabannya ada di sini!


1. Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang paling populer saat ini. Bahkan banyak perusahaan besar yang telah menggunakan bahasa ini seperti Google, YouTube, Spotify, Netflix dan masih banyak lainnya. Python merupakan bahasa pemrograman yang bersifat interpretatif sehingga penulisan bahasanya lebih simpel dan mudah dipahami. Saat ini Python pun tidak hanya digunakan oleh pembuat software melainkan sudah banyak digunakan oleh para akademisi atau praktisi data untuk proses analisis data.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. R

R atau juga dikenal dengan GNU S adalah bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari bahasa S. Bahasa R didirikan oleh dua orang yaitu Ross Ihaka dan Robert Gentleman. Bahasa R pun telah digunakan oleh perusahaan besar seperti Google dan Microsoft serta perusahaan besar lainnya. bahasa ini dikenal memiliki beragam fungsi serta package yang lengkap untuk pengolahan data mulai dari proses data cleaning, data manipulation, data mining sampai analisis dan pemodelan statistika. Selain itu, hasil visualisasi data yang disediakan oleh bahasa R pun cukup menarik untuk digunakan.


3. SOFA

SOFA (Statistics Open For All) merupakan aplikasi untuk analisis statistik yang dapat digunakan secara gratis pula. SOFA juga sangat sering digunakan oleh banyak orang dikarenakan memiliki berbagai macam fitur yang dapat digunakan seperti One Way Anova, Mann Whitney, Range, Chi Square, integrasi data dengan MS.Access, MS SQL, SQLite, MySQL. Selain itu SOFA juga memiliki kelebihan berupa output yang rapi dan format tabel mendukung Excel.


4. GNU PSPP

Jika beberapa dari kita sering mendengar aplikasi SPSS maka kali ini kita akan mengenali aplikasi GNU PSPP yang mana hampir serupa dengan SPSS. Perbedaannya adalah PSPP ini bersifat open source sehingga kita tidak perlu membeli lisensi atau dengan kata lain gratis. Jangan khawatir kita tidak bisa menggunakan fitur yang ada pada SPSS. Pada GNU PSPP ini kita bisa menggunakan semua fungsi yang ada dalam SPSS bahkan dapat memproses data dengan cepat. Fitur tambahan dari GNU PSPP adalah mampu mengekstraksi data dari Gnumeric serta dapat mengimpor data dari Postgress.Selain itu aplikasi ini juga dapat berjalan di sistem operasi apa saja. Jadi, jangan khawatir tidak bisa digunakan di pc atau laptop kalian ya..


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Coba Yuk, Belajar Statistik di DQLab!

Statistik dapat kita pelajari dimana saja baik itu secara teori maupun praktik. Tapi, di DQLab , kita bisa mencoba keduanya sekaligus. Selain mendapatkan teori kita juga belajar secara live code serta memecahkan beberapa contoh kasus. Selain itu kita juga bisa membuat portofolio dan mendapatkan sertifikat dari hasil belajar kita. Mau tau caranya? Langsung aja coba DQLab.id/signup dan tentunya ada modul gratis loh di DQLab serta dilengkapi dengan bahasa pemrograman penunjang lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :