Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Empat Aplikasi Statistik Populer di Kalangan Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 01-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eee6873b6f88d0d7facf723baaa2ac6b_x_Thumbnail800.jpg

Statistik merupakan data yang biasa digunakan dalam penelitian baik oleh kalangan pelajar, mahasiswa maupun peneliti. Adapun ilmu yang mempelajari tentang statistik disebut dengan statistika. Statistika pada umumnya digunakan dalam penelitian kuantitatif yang berkaitan dengan jenis data numeric. Dalam pengolahannya, diperlukan aplikasi statistik sebagai media pembantu agar proses analisis lebih mudah serta tidak membutuhkan waktu yang lama.


Saat ini peranan statistik sudah banyak diterapkan dalam berbagai bidang seperti ekonomi, bisnis, marketing, pendidikan, manufaktur, dll. Dengan menggunakan ilmu statistik, peneliti dapat melakukan pengujian, mendapatkan gambaran umum maupun khusu mengenai peristiwa, serta dapat mengikuti perkembangan suatu peristiwa. Penggunaan aplikasi statistik pun sudah sangat sering diterapkan dengan berbagai macam aplikasi statistik seperti SPSS, R, E-Views, Microsoft Excel, dan masih banyak lainnya. Yuk, kita simak bersama DQLab artikel apa saja yang sering digunakan oleh para praktisi data! 


1.E-Views


E-views atau singkatan dari Econometric Views merupakan aplikasi statistik yang dirilis pada tahun 1994. Aplikasi ini dikembangka oleh perusahaan Quantitative Micro Software (QMS). Sesuai dengan namanya, aplikasi ini populer di kalangan peneliti ekonomi sehingga tidak mengherankan jika isi dari aplikasi ini didominasi oleh tools perhitungan ekonometrika seperti regresi linier, regresi data panel, dan regresi lainnya yang berbasis runtun waktu. E-views juga dapat menampilkan serta mengolah data dan dapat digunakan untuk uji statistik yang telah tersedia di dalam aplikasi.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Microsoft Excel

Pada zaman canggih ini, siapa yang tidak mengenal Microsoft Excel? Microsoft Excel merupakan aplikasi bawaan dari Microsoft Office yang dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi, salah satunya adalah untuk analisis statistik. Aplikasi Microsoft Excel ini dapat dikatakan sebagai aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh praktisi data dan cukup mudah untuk dioperasikan. Dalam Microsoft Excel tersedia berbagai macam fungsi rumus dan tools yang dapat digunakan untuk pengerjaan, perhitungan, sampai analisis data.


3. R

Aplikasi R merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sudah tidak asing bagi para data analyst maupun data scientist. R diciptakan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman pada tahun 1995 yang merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman S. Saat ini R tidak hanya digunakan oleh para akademis, namun  para analisis dalam dunia bisnis dan para pengembag aplikasi pun sudah menggunakan aplikasi ini. Keunggulan R adalah memiliki komunitas yang besar serta mudah diakses oleh para pengguna dan memiliki banyak package.


4. SPSS

SPSS atau singkatan dari Statistical Package for Social Science merupakan aplikasi statistik yang sudah ada sejak tahun 1968 dan populer di kalangan ilmu sosial humaniora. Oleh karena itu, SPSS tidak hanya orang berlatar belakang bidang eksakta saja yang dapat menggunakannya. Biasanya aplikasi ini sering digunakan oleh para akademis baik pelajar,mahasiswa atau dosen untuk mengolah data kuesioner. SPSS bisa digunakan untuk uji statistik deskriptif, distribusi frekuensi, uji parametrik dan non parametric, uji regresi, analisis statistik multivariat, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Yuk, Mulai Pelajari Dasar Statistik Bersama DQLab!

Statistik merupakan ilmu mendasar dalam dunia data. Bahkan saat ini penggunaan ilmu statistik sudah diterapkan di berbagai bidang dengan beragam tujuan. Untuk memudahkan analisis statistik kita perlu mengetahui dasar-dasar statistik. Semua itu dapat kita pelajari di DQLab . Bahkan di DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!