3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 22 Jam 50 Menit 44 Detik

Kenali Empat Metode Analisis Data Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/586525bf093ae91d0f86d0589e2a4834_x_Thumbnail800.png

Analisis data merupakan proses pengolahan data yang biasa dilakukan dalam kegiatan penelitian. Proses ini dapat dikatakan sebagai proses inti, dikarenakan pada proses ini data diolah agar menghasilkan informasi. Analisis data pun dilakukan dengan berbagai metode, tergantung dengan jenis data yang digunakan dalam penelitian. Jenis data sendiri terbagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Jika yang digunakan adalah data kualitatif maka menggunakan metode analisis data kualitatif. Begitu pula jika yang digunakan adalah data kuantitatif maka menggunakan metode analisis data kuantitatif.


Analisis data kualitatif merupakan rangkaian pengolahan data yang diterapkan pada jenis data kualitatif, yaitu data yang tidak dapat diolah atau disajikan dalam bentuk angka atau numerik, sehingga biasanya data kualitatif dapat berbentuk teks, gambar, video dan lainnya. Sedangkan analisis data kuantitatif diterapkan pada data kuantitatif, dimana data yang digunakan dapat disajikan atau diolah dalam bentuk angka atau numerik. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa metode analisis data kualitatif yang cukup sering digunakan, yuk simak bersama DQLab!


1. Wawancara

Wawancara adalah suatu kegiatan tanya jawab yang dilakukan secara lisan dengan tujuan mendapatkan informasi dari narasumber yang terpercaya. Informasi yang diperoleh pun dapat berupa tulisan, audio, visual dll. Wawancara ini dapat dilakukan secara individu, kelompok, atau konferensi. Adapun pelaksanaan secara teknis dapat dilakukan dengan cara pewawancara menyampaikan sejumlah pertanyaan untuk dijawab oleh narasumber.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Studi Dokumen

Dokumen merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan penelitian. Terlebih lagi jika kita menggunakan penelitian berbasis kualitatif, dokumen-dokumen yang ada dapat digunakan sebagai 'bahan' penelitian. Salah satu metode analisis kualitatif yang berkaitan dengan dokumen adalah studi dokumen, atau biasa dikenal pula sebagai studi pustaka. Penerapan pada metode ini dilakukan dengan cara mengkaji sejumlah dokumen atau kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian untuk analisis lebih lanjut.


3. Observasi

Beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah observasi. Kata observasi biasanya dikaitkan dengan kegiatan lapangan. Observasi merupakan salah satu metode untuk mendapatkan data dengan cara mengamati langsung terhadap objek penelitian, pelkasanaannya bisa dengan cara langsung mendatangi lokasi atau mengamati kondisi sekitar objek penelitian. Hasil pengamatan yang dilakukan tersebut bisa disusun menjadi data penelitian dan diolah untuk menghasilkan kesimpulan.


4. Diskusi

Selain tiga metode di atas yang telah disebutkan, masih terdapat satu metode lagi yang dapat kita gunakan untuk metode analisis data kualitatif, yaitu dengan cara diskusi. Diskusi atau dikenal pula dengan istilah focus group discussion (FGD) merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melakukan kegiatan diskusi bersama dengan sejumlah narasumber untuk membahas suatu topik tertentu. Dengan menggunakan teknik ini akan dapat membantu kita dalam mendapatkan data yang lebih jelas, detail serta memuaskan.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Belajar Analisis Data Bersama DQLab

Analisis data merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam kegiatan penelitian. Analisis data pun memerlukan berbagai teknik analisis data yang tepat. Semua itu dapat kita pelajari di DQLab . Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :