DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 46 Menit 37 Detik 

Kenali Jenis Data Penelitian dan Metode Analisis Data yang Tepat

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f51cc2d92851a23781f8266785d2b8b1_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data merupakan proses pengolahan data yang mana awalnya data tersebut tidak menghasilkan informasi namun setelah melalui proses analisis data menjadi menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk berbagai hal, salah satunya adalah membuat keputusan bisnis. Analisis data pun dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis metode analisis data. Pemilihan metode analisis data harus dicermati dengan baik agar tidak salah sasaran dan menghasilkan informasi yang sesuai.


Sebelum lebih lanjut mengenali metode analisis data, kita perlu mengetahui pula jenis-jenis data yang dapat dianalisis. Setelah mengetahui jenis data, lalu kita dapat memilih metode yang tepat berdasarkan jenis data tersebut. Data terbagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Sesuai dengan jenis data tersebut di atas, maka metode analisis data pun terbagi menjadi dua, yaitu metode analisis data kualitatif dan metode analisis data kuantitatif.


1. Analisis Data Kualitatif

Data kualitatif merupakan data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka atau bilangan. Beberapa contoh data kualitatif antara lain teks, audio, video, gambar, dan masih banyak lainnya. Data kualitatif sering digunakan dalam penelitian, terutama pada orang yang menekuni bidang sosial humaniora. Data kualitatif tentunya perlu dilakukan proses analisis pula, yaitu dengan analisis data kualitatif. Dengan menggunakan analisis kualitatif, kita dapat memahami konsep pemikiran atau pengalaman tertentu dari data yang kita gunakan.


Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Metode Analisis Data Kualitatif

Proses analisis data kualitatif harus menggunakan metode analisis data kualitatif agar tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisis data kualitatif dilakukan untuk mengetahui permasalahan secara detail dan mendalam. teknik-teknik yang dapat diterapkan seperti meringkas, mengkategorikan, menafsirkan, dan lain-lain. Beberapa contoh metode analisis data kualitatif yang dapat dilakukan antara lain analisis naratif, analisis konten, analisis wacana, dan masih banyak lainnya.


3. Analisis Data Kuantitatif

Data kuantitatif merupakan data yang dapat disajikan dalam bentuk angka atau bilangan, yang dapat mencakup data kategorik maupun numerik. Contoh data kuantitatif antara lain jumlah stok produk, harga barang, jumlah pembeli dan masih banyak lainnya. Sesuai dengan jenis datanya, data kuantitatif perlu dianalisis menggunakan metode analisis data kuantitatif. Analisis ini biasanya menggunakan teknik-teknik statistik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.


4. Metode Analisis Data Kuantitatif

Hampir sama seperti penerapan dari metode analisis data kualitatif, metode analisis data kuantitatif pun hanya dapat diterapkan pada data kuantitatif. Namun, metode kuantitatif ini lebih berfokus pada pengukuran dan hipotesis menggunakan matematika dan analisis statistik. Selain itu, metode ini dapat diukur berdasarkan angka dan grafik sehingga dapat menguji dan mengkonfirmasi teori dan asumsi dalam penelitian. Beberapa contoh metode analisis data kuantitatif antara lain analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif



5. Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab 

Data scientist kini bukan merupakan hal asing di sekitar kita. Seiring perkembangan teknologi, data semakin berkembang dan analisis data pun sangat diperlukan. Disinilah peran data scientist bermain. Nah, untuk menjadi data scientist kita perlu emahami ilmu-ilmu dasarnya dan sering berlatih pula. Semua itu bisa kita dapatkan di DQLab. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mulai mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :