DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 12 Menit 8 Detik 

Kenali Jenis Data Statistik yang Sering Digunakan Beserta Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 10-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a6b268fb4b9a502670ab4b781edb8f5d_x_Thumbnail800.jpg

Jenis data statistik adalah hal yang harus dipahami peneliti dan praktisi data. Yup, selain memahami metode penelitian, ada baiknya mengenal lebih dulu jenis datanya. Ketika sudah memahami jenis data, kita akan lebih mudah dalam menerapkan metode yang tepat. Hasil analisis pun akan menjadi optimal dan bisa menjadi pedoman dalam pengambilan keputusan. 


Seperti yang kita ketahui bahwa penelitian merupakan aktivitas yang penting dilakukan. Misalnya kita ingin mengetahui tingkat mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlaude. Nah, data mahasiswa bisa loh kita gunakan untuk mendapatkan informasi tersebut. Nantinya bisa menjadi pedoman universitas untuk meningkatkan kurikulumnya. Di industri, penelitian juga sangat bermanfaat bagi perusahaan. Yuk, kita lihat jenis data yang sering digunakan beserta contohnya!


1. Data Kualitatif

statistik

Data kualitatif adalah data yang berupa narasi atau teks (tidak dinyatakan dalam angka-angka). Jenis data ini sering digunakan dalam penelitian. Data kualitatif umumnya digunakan untuk penelitian yang mengandung subjektivitas seperti persepsi terhadap suatu fenomena yang terjadi di suatu kelompok atau komunitas.


Terdapat tiga teknik analisis kualitatif yang bisa diterapkan yaitu analisis konten, analisis wacana, dan analisis naratif. Sedangkan untuk mengumpulkan data, kita bisa melakukannya dengan wawancara, kuesioner, atau observasi. Contoh data kualitatif misalnya dalam suatu tabel ada tanggal lahir, nama, alamat, kode pos, dan nomor telepon. Pada tanggal lahir, kode pos, dan nomor telepon memang dituliskan dengan angka, namun tidak memiliki arti numerik. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Data Diskrit dan Kontinu

statistik

Selain data kualitatif, data kuantitatif juga merupakan data yang sering digunakan dalam penelitian. Data kuantitatif dibagi dua jenis yaitu data diskrit dan data kontinu. Data diskrit adalah data yang nilainya memiliki kemungkinan nilai terbatas dan antar nilai satu dengan yang lainnya terpisah, contohnya jumlah siswa dalam satu kelas, jumlah pasien di rumah sakit, jumlah manik-manik dalam kantong, dan lain sebagainya. 


Data kontinu adalah data yang nilainya memiliki kemungkinan nilai yang tidak terbatas dalam kisaran tertentu. Contoh data kontinu yaitu kisaran suhu, tinggi badan karena dapat diukur dalam meter dan pecahan meter, waktu terjadinya suatu peristiwa, dan lain sebagainya. 


3. Data Interval

statistik

Data interval yaitu data yang dikelompokkan berdasarkan ukuran yang sama. Data ini bersifat kontinu yang mana memiliki nilai yang tak terbatas dan bisa berupa angka desimal atau koma. Jenis data ini termasuk dalam jenis data kuantitatif dan menjadi bagian dari data kontinu. Cara memperoleh datanya antara lain dengan survei kuesioner atau data statistik. Variabel data interval berisi nilai numerik. Kekurangannya adalah data nilai interval tidak memiliki “nol yang benar” sehingga banyak teknik statistik deskriptif dan inferensial yang tidak dapat diterapkan. Contoh data interval adalah suhu pada tempat tertentu dan rata-rata pendapatan. 


4. Data Ordinal

statistik

Data ordinal yaitu data yang diurutkan berdasarkan atribut tertentu. Data ini juga bersifat diskrit dan termasuk dalam bagian data kualitatif. Data ordinal biasanya dipresentasikan dalam bentuk diagram lingkaran dan diagram batang. Jenis data ini dapat dianalisis dan disajikan menggunakan berbagai tools visualisasi. Informasi dinyatakan dalam bentuk tabel dimana setiap tabelnya menunjukkan kategori yang berbeda-beda. Penggunaan persentil, median, mode, serta rentang interkuartil dapat meringkas data ordinal. Contoh data ordinal adalah tingkat pendidikan responden, tingkat kelulusan, status sosial ekonomi, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Yuk, Mengenal Jenis Data Lainnya di DQLab!

Selain yang sudah kita bahas di poin-poin diatas, masih ada beberapa jenis data lainnya. Kamu bisa mempelajarinya dengan mengikuti kursus data science di DQLab.id. Selain dapat belajar bersama mentor data, kamu juga mendapatkan sertifikat setiap penyelesaian modul, membangun portofolio, dan kesempatan berkarir di bidang data. Jangan lewatkan event-eventnya juga, ya! Yuk, gabung sekarang!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :