[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 29 Menit 31 Detik 

Kenali Jenis, Langkah-langkah dan Penerapan Teknik Pengolahan Data

Belajar Data Science di Rumah 03-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/97c567acb42d3a1e5846567956d6ee58_x_Thumbnail800.png

Pada era transformasi digital kini memberi pengaruh besar di bermacam-macam bidang. Mulai dari bidang pendidikan, infrastruktur, kesehatan, teknologi dan lain-lain. Perkembangan tersebut tentunya menghasilkan sangat banyak data. Data yang telah terkumpul itu perlu dilakukan proses pengolahan data sehingga menghasilkan informasi. Pengolahan data yang dilakukan itu memerlukan teknik pengolahan data yang sesuai dengan jenis data. Oleh karena itu sebelumnya kita perlu mengetahui pengertian teknik pengolahan data.


Teknik pengolahan data merupakan metode yang diterapkan dalam proses pengolahan data. Pemilihan teknik pengolahan data yang sesuai tentunya akan menghasilkan informasi yang akurat dan sesuai dengan tujuan penelitian. Pengolahan data dalam era transformasi digital yang menangani big atau biasanya dilakukan oleh data scientist. Pada artikel kali ini kita akan mengenali terlebih dahulu jenis-jenis data, jenis teknik pengolahan data, langkah-langkah teknik pengolahan data dan penerapan teknik pengolahan data.


1. Jenis-jenis Data


Data merupakan kumpulan informasi yang berisi fakta-fakta sehingga menggambarkan suatu kejadian yang terkait. Data bisa berupa angka atau bilangan, suara, gambar, video, dan lain-lain. Data terdiri menjadi dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data yang dapat ditampilkan dan diolah dalam bentuk angka atau numerik. Begitu pula sebaliknya, data kualitatif merupakan data yang tidak dapat ditampilkan dalam bentuk angka atau numerik, bisa berupa teks, gambar, dan lain-lain.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Jenis Teknik Pengolahan Data


Ketika kita melakukan proses pengolahan data tentunya memerlukan teknik atau metode yang diharapkan dapat memberikan hasil yang akurat dan sesuai dengan harapan kita. Oleh karena itu kita perlu memilih teknik pengolahan data yang sesuai dengan jenis data. Jika data yang digunakan adalah data kuantitatif maka menggunakan teknik pengolahan data kuantitatif. Begitu pula jika data yang digunakan adalah data kualitatif maka menggunakan teknik pengolahan data kualitatif. 


3. Langkah-langkah Teknik Pengolahan Data


Semua yang kita lakukan dalam kegiatan penelitian tentunya memiliki prosedur atau ketentuan tertentu. begitu pula dengan prosedur pengolahan data juga memiliki langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan satu persatu secara berurutan. Adapun langkah-langkah teknik pengolahan data adalah sebagai berikut:

  1. mengumpulkan data, pada proses ini pastikan sumber data terpercaya

  2. mempersiapkan data, berfungsi membersihkan dan mengatur data agar dapat digunakan di proses selanjutnya

  3. menginput data, data yang telah siap digunakan dimasukkan ke data warehouse

  4. pengolahan data, proses menganalisis data menggunakan algoritma machine learning yang sesuai

  5. interpretasi data, menjelaskan hasil analisis data dalam bentuk informasi


4. Penerapan Teknik Pengolahan Data


Teknik pengolahan data sudah dapat diterapkan di berbagai bidang, mulai dari bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang perbankan dan lain-lainnya. Sebagai contoh jika dalam bidang perbankan teknik pengolahan data dapat diterapkan untuk memverifikasi akun nasabah, detail transaksi keuangan nasabah, dll. Contoh dalam bidang kesehatan, memudahkan dalam penginputan data pasien, menganalisis jumlah pasien untuk kepentingan tertentu, dll. Dalam bidang logistik, dapat membantu proses pengambilan data pelanggan, data stok barang, dan masih banyak contoh lainnya di berbagai bidang.


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!


Analisis data merupakan proses dalam kegiatan penelitian yang sangat penting. Untuk melaksanakan proses analisis data itu kita memerlukan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan itu. Kita bisa mempelajarinya di DQLab . Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!