SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 18 Menit 37 Detik

Kenali Jenjang Karir Data Analyst Terupdate 2024

Belajar Data Science di Rumah 14-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-03-2024-01-12-173353_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst sekarang memegang peran yang sangat penting di dalam dunia bisnis. Dengan kemampuannya dalam mengolah data mentah menjadi informasi yang berguna, data analyst dapat mengambil sebuah keputusan bisnis melalui data-data tersebut. Sudah ada banyak orang yang tertarik dengan profesi ini, tetapi mereka masih bingung dengan jenjang karir yang harus ditempuh dimulai dari mana. 


Jenjang karir sebagai data analyst ini memiliki banyak sekali peluang dan pertumbuhan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas jenjang karir data analyst mulai dari awal sampai dengan jenjang teratas. Apa sajakah itu? Mari kita lihat pembahasannya di bawah ini!


1. Data Analyst Pemula

Jenjang karir paling awal sebagai data analyst adalah seorang data analyst pemula. Disini kalian berfokus kepada dasar-dasar analisis data, penggunaan tools data analyst seperti Microsoft Excel, dan juga teknik dasar memvisualisasikan data agar mudah dipahami. Kalian juga akan mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, membersihkan, dan juga mengolah data untuk bisa menghasilkan informasi baru bagi sebuah bisnis. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Data Analyst Junior

Jenjang selanjutnya yang harus kalian tempuh adalah menjadi seorang data analyst junior. Pada tahap ini, kalian akan lebih fokus lagi kepada pemahaman akan teknik analisis data, seperti menggunakan bahasa pemrograman seperti Python untuk menghasilkan proses analisis data yang lebih kompleks, dan juga kalian akan memanfaatkan tools data analyst lainnya seperti SQL untuk mengolah data dalam database ataupun untuk mengelola database tersebut.


Disini kalian akan langsung terlibat dalam proyek-proyek data analyst yang lebih sulit dibandingkan ketika kalian masih menjadi pemula, kalian juga bisa menampilkan kelebihan kalian disini kepada tim perusahaan.


3. Data Analyst Menengah

Setelah kalian sudah memiliki cukup pengalaman di bidang data analyst ini, kalian akan naik tingkat ke tingkat data analyst menengah. Disini, kalian harus menguasai teknik analisis data lanjutan termasuk analisis prediktif dan juga memahami machine learning.


Kalian juga harus bisa mengatasi proyek-proyek analisis data yang lebih kompleks dan memiliki peran yang lebih strategis dalam memberikan wawasan untuk mengambil keputusan bisnis. Tidak hanya itu, kalian juga akan membantu data analyst junior dalam mengembangkan keterampilan mereka.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Data Analyst Senior

Pada tingkat ini sudah di pastikan kalian memiliki pengalaman dan juga keahlian yang sudah mendalam. Disini kalian memiliki tanggung jawab atas proyek-proyek analisis data secara end-to-end dan juga dapat menyajikan hasil analisis data tersebut kepada manajemen perusahaan. Senior data analyst juga akan berkolaborasi dengan tim-tim lainnya seperti data engineer dan juga data scientist untuk bisa menemukan informasi terbarukan bagi strategi bisnis perusahaan.


Kita berada di era dimana data adalah tonggak utama dalam pengambilan keputusan. Untuk itu peran seorang data analyst menjadi semakin penting. Update portfolio secara berkala adalah keharusan. Yuk, Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk mahir data analyst bersama DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login