FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 23 Menit 26 Detik 

Kenali Job Description Junior vs Senior Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cf66835189a424d836b0f423790717dd_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist merupakan salah satu profesi yang sedang on the rise banget nih. Hal ini dibuktikan dengan laporan dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat bahwa antara 2020 hingga 2030 proyeksinya naik sebesar 22 persen. Situs job portal Amerika, Glassdoor juga menyebutkan bahwa posisi data scientist masuk dalam 3 besar dari 50 pekerjaan terbaik di Amerika Serikat selama 7 tahun berturut-turut. Jadi sudah jelas ya teman-teman bahwa data scientist ini merupakan posisi yang paling hot di era sekarang. Tidak jarang apabila setiap tahunnya di belahan dunia membuka banyak sekali lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan data scientist.


Sekarang ini, peran data scientist mulai dibutuhkan dalam beberapa jenis industri. Posisi ini ternyata juga dibagi ke dalam beberapa tingkatan atau level berdasarkan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya. Mulai dari Junior Data Scientist yang paling bawah dan Senior Data Scientist yang berada pada tingkatan paling atas. 


Perbedaan level menandakan perbedaan tingkat load dari pekerjaan yang ditugaskannya. Lalu kira-kira apa perbedaannya dari kedua jabatan ini dalam posisi data scientist? Simak selengkapnya melalui artikel berikut ini yuk sahabat DQLab.


1. Kenalan dengan Profesi Data Scientist

Profesi data scientist merupakan orang yang bertugas untuk memberikan pemahaman dengan menggunakan data untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi perusahaan. Mereka membuat prediksi model dan merancang algoritma untuk mengekstraksi data besar, melakukan analisis data, dan mengevaluasi dari hasil analisis yang sudah dilakukan.


Data Scientist


Dalam artikel ini, kita akan bahas terkait jabatan dari posisi data scientist. Pada umumnya dibagi menjadi dua tingkatan yaitu Junior Data Scientist dan Senior Data Scientist.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Area Kerja Junior dan Senior Data Scientist

Sebelum kita bahas lebih lanjut terkait job description, kita jelaskan dulu area kerja dari masing-masing jabatan. Apabila junior data scientist lebih kepada menguji data, melakukan manipulasi data, memeriksa dan menganalisis model prediksi pada data. 


Data Scientist


Sedangkan pada jabatan senior data scientist bertugas untuk mengerjakan tugas yang lebih kompleks. Mulai dari manajemen data, pemodelan prediktif dan penerapan data yang belum diproses.


3. Job Description Junior Data Scientist

Berikut adalah rincian tugas dan tanggung jawab dari Junior Data Scientist:

Data Scientist

  • Mengajukan pertanyaan. Junior Data Scientist perlu mengetahui cara mengajukan pertanyaan dan berkomunikasi secara efisien dengan atasan mereka untuk meningkatkan pengetahuan dasar soal ilmu data mereka dalam analitik deskriptif dan prediktif. Hal ini akan membantu mengembangkan keterampilan mereka dalam perselisihan data, machine learning, analisis data, matematika, dan statistik.

  • Ekstrak data. Sebagian besar tanggung jawab Junior Data Scientist berkisar pada mengekstraksi data dari berbagai sumber data, membersihkan data, dan memuat data ke lokasi terpusat.

  • Menganalisis data. Junior Data Scientist juga menganalisis kumpulan data, mencari nilai yang hilang, dan menguji serta memoles data memasukkan untuk model. Junior Data Scientist perlu memiliki pengetahuan database yang kuat, seperti Oracle Database atau MySQL untuk melakukan analisis data.

  • Mengukur hasil. Junior Data Scientist memilih model prediktif yang tepat untuk mengekstrak wawasan yang bermakna dari data. Hal ni memungkinkan mereka mengukur hasil secara efektif dan memberikan saran kepada senior mereka tentang cara meningkatkannya. 

  • Memberikan hasil akhir. Junior Data Scientist mempresentasikan hasil akhir mereka kepada anggota senior tim. Jika Senior Data Scientist meminta penyesuaian, mereka harus melakukan perubahan yang diperlukan


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Job Description Senior Data Scientist

Berikut adalah rincian tugas dan tanggung jawab dari Senior Data Scientist:

Data Scientist


  • Mentoring. Senior Data Scientist memimpin dan membimbing Junior Data Scientist dengan memberikan bimbingan dan dukungan saat dibutuhkan. Mereka meninjau karya Junior Data Scientist, memberikan umpan balik pada proyek analisis data, dan memberikan saran tentang teknik sains data. Salah satu tanggung jawab utama mereka adalah mengajar dan mengevaluasi rekan junior.

  • Mengelola. Senior Data Scientist mengelola tim Data Scientist dan mendelegasikan tugas harian. Hal ini memastikan bahwa proyek diselesaikan dengan sukses. Senior Data Scientist juga mengelola garis waktu proyek dan memastikannya disampaikan tepat waktu.

  • Pemantauan. Senior Data Scientist memantau pelaksanaan proyek dan mengawasi prosesnya. Mereka bertanggung jawab untuk mengadakan rapat harian, mengusulkan solusi untuk penyimpangan dari rencana, dan berkomunikasi dengan klien.

  • Menyusun strategi. Senior Data Scientist bertanggung jawab untuk membuat agenda yang jelas dan merancang strategi analitis. Seorang Senior Data Scientist lebih mementingkan kesuksesan dan menerapkan sistem untuk mengukurnya daripada benar-benar mengekstraksi data dan hasil.

  • Berkomunikasi. Senior Data Scientist memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa. Mereka harus mampu menjelaskan informasi teknis yang kompleks tentang model data dengan cara yang mudah didekati. Ilmuwan data senior menjelaskan hasil dan membagikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dengan berkomunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan, pemilik bisnis, dan klien.


Jadi bisa dibayangkan ya, apabila tugas data scientist bisa menjadi sebuah perpanjangan tangan kepada pemangku kepentingan untuk bisa merumuskan kebijakan yang tepat bagi sebuah bisnis. Nah, apakah kamu pengen juga seperti mereka sahabat DQLab? Untuk menjawab kebutuhan kamu, sekarang ini DQLab punya tiga bahasa pemrograman yang bisa kamu kuasai. Ada R, Python dan SQL. Belajarnya juga seru karena pakai live code editor biar langsung sekalian praktik. Terus cobain modul gratis dari kita yaitu “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”. 


Kalau pengen nambah belajarnya gimana min? Bisa banget! Caranya gimana? Langsung aja yuk signup di  DQLab. Kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan bikin akunnya secara gratis dan lakukan SIGNUP dari sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :