Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenali Karir Data Scientist sebagai Profesi Cemerlang di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 15-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bc5ee292288c06aa457bf33f7f33258a_x_Thumbnail800.png

Data Science mempunyai profil kemajuan karir yang sering dijumpai dari pekerjaan teknologi populer lainnya seperti Data Analyst, Data Engineer dan yang paling populer yaitu adalah Data Scientist. Data Scientist sendiri tidak bisa terdefinisikan begitu saja, karena meskipun berada di bidang IT namun Data Scientist juga sering dijumpai dalam dunia bisnis bahkan pemerintahan sekalipun. Jika kamu suka dengan menganalisis menggunakan statistik atau ilmu matematika, atau gemar untuk memecahkan masalah dan menerima tantangan dari masalah yang terjadi di industri, berkarir menjadi Data Scientist mungkin menjadi pilihan yang sangat tepat untukmu di era digital ini. Mendapat dan memulai bekerja real case industri menjadi bantu loncatan yang tempat untuk berkarir menjadi Data Scientist, dengan demikian sahabat data DQLab bisa mempersiapkan karir hingga bisa pada tingkat yang lebih advance. Pada artikel DQLab kali ini sangatlah cocok untuk kamu untuk mengenal karir Data Scientist seperti apa dan juga prospek pada karir tersebut. Yuk, langsung saja simak artikel berikut!



1. Terampil dan Ahli Skill yang Dibutuhkan

Mengingat setiap saat data akan terus bertambah dan berubah, maka Data Scientist membutuhkan tools dan keterampilan yang kuat agar dataset tersebut dapat menghasilkan sebuah wawasan yang bermanfaat. Fundamental yang kuat akan berpengaruh pada hasil analisis sehingga Matematika dan Statistik sangatlah dibutuhkan untuk menganalisis data menjadi lebih baik, probability dalam analisis statistik menjadi salah satu konsep yang umum digunakan karena mengukur kemungkinan terjadinya suatu peristiwa atau suatu karakteristik menjadi benar. Hasil analisis tentunya akan dipresentasikan dan dilaporkan kepada stakeholders, sehingga visualisasi data dibutuhkan agar data yang sudah didapatkan dapat dipahami bagi orang awam sekalipun. Data Scientist akan bersinggungan dengan pembuatan model algoritma sehingga membutuhkan tools untuk coding seperti Python atau R dalam bahasa pemrogramannya. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Posisi Entry-Level Data Scientist

Pada posisi ini dalam profesi Data Scientist, mereka sudah memiliki pengalaman dan kemahiran tinggi dengan SQL, pengalaman visualisasi data, komputasi statistik dan juga komunikasi yang sangat baik. Jika kamu suka menerima tantangan dan juga ingin mengasah skill yang sudah kamu miliki maka mulailah untuk membangun sebuah project baik secara mandiri maupun bekerja dalam tim. Mengikuti internship menjadi pilihan yang tepat untuk memperdalam skill yang kamu miliki, karena pekerjaan yang dilakukan berdasarkan real case industry yang dimana biasanya bertanggung jawab untuk menganalisis, melakukan laporan pada data dari hasil analisis, dan keuntungan lainnya yaitu kamu bisa bekerja secara langsung dengan petinggi atau senior Data Scientist lainnya.


3. Menjadi Senior Data Scientist

Memasuki era digital, penggunaan Big Data kini sudah diterapkan di beberapa instansi besar hingga bisnis seperti UMKM sudah berjalan menerapkan ilmu-ilmu Data Science. Sehingga, membuat karir Data Scientist meningkat karena adanya permintaan ahli data yang membantu menganalisa data baik posisi entry-level hingga advance atau senior Data Scientist sekalipun. Sebagian besar Data Scientist yang sudah senior mereka akan memiliki pandangan holistik dari keseluruhan proyek, setidaknya memiliki pengalaman tiga sampai lima tahun. Dengan pengalaman tersebut, membantu Data Scientist dapat mengerjakan berbagai model dan membantu membuat keputusan yang strategi untuk stakeholders dalam instansi.


4. Data Science dalam Industri di Era Digital

Data Science merupakan bidang ilmu data yang tidak terbatas, karena realitanya penggunaan Data Science sangat membawa manfaat dan keefektifan dalam pengerjaannya. Dalam real case industry, misalnya seperti finance dalam menerapkan Data Science dan Data Scientist untuk membantu pengerjaannya maka dapat memantau dan mengidentifikasi penipuan yang dapat terjadi, atau menyediakan sebuah analisis pada pelanggan mereka. Selain itu dalam industri kesehatan, dengan penggabungan Big Data, Data Scientist dan juga teknologi yang canggih menjadi lebih efisien dalam mengetahui penyakit pada pasien, mengetahui cara mengurangi risiko dengan tepat dan akurat berdasarkan data. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Ingin Belajar dan Berkarir di bidang Data Science? DQLab Solusinya!

Selain memberikan manfaat dan tantangan di setiap pembelajarannya, Data Science juga memberikan prospek karir yang cerah karena semakin majunya teknologi maka penggunaan data akan semakin bertambah yang memungkinkan praktisi data terutama Data Scientist akan selalu dicari pada setiap instansi. Dengan adanya peluang besar, yuk mulai belajar Data Science dan mengaplikasikan ilmu-ilmunya di era digital ini! Tidak memiliki latar belakang STEM atau bidang NON IT bukan menjadi alasan untuk memulainya, kamu bisa belajar dengan mengikuti kursus bersama DQLab untuk mendapat module yang terstruktur dan tentunya module yang tersedia berdasarkan real case industri lho!


Caranya gampang lho, kamu tinggal signup di DQLab dan nikmati FREE module “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python” untuk memulai pembelajaran kamu. Selamat mencoba sahabat Data DQLab!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!