GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 12 Menit 25 Detik 

Kenali Kelebihan dan Kekurangan MySQL yang Perlu Kamu Tahu

Belajar Data Science di Rumah 19-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/26025d4f0f1c461543c2d1d080d9a946_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu perangkat lunak yang merupakan milik vendor dari DBMS adalah MySQL. Bagi kamu yang cukup sering melakukan pengolahan dan juga manajemen dari database, pastinya sudah sangat familiar dengan software DBMS yang satu ini. MySQL adalah salah satu jenis database yang bersifat Open Source. Tentunya, banyak sekali bentuk database selain MySQL sendiri. Dalam pembuatan sebuah aplikasi yang kompleks dan dapat dijalankan secara dinamis, database sangatlah dibutuhkan untuk menyimpan berbagai data dalam bentuk informasi. 

Dengan kelebihan dan kekurangannya, MySQL sangat banyak digunakan terutama dalam melakukan manajemen dan juga pengolahan database. Fungsi lain yang dimiliki MySQL adalah memudahkan pengguna dalam mengakses data berisi informasi dalam bentuk String (teks), yang dapat diakses secara personal maupun publik dalam web. Lalu selanjutnya, apakah kelebihan dan kekurangan MySQL yang dapat dipertimbangkan untuk memilih database yang sesuai dengan kebutuhan? Disini kita akan mencoba membahasnya satu per satu, untuk itu simak penjelasan berikut ini ya!


1. Merupakan Salah Satu Software yang Portable

MySQL memiliki keunggulan yang pertama, yaitu merupakan salah satu jenis software yang portable, Dimaksud dengan software portable karena MySQL dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu waktu karena bersifat Multi User dan Multi Platform.  Dengan kelebihan ini, MySQL dapat dijalankan oleh banyak user tanpa mengalami permasalahan seperti crash, dan lain sebagainya. Selain itu, sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac, dan sebagainya bisa menggunakan DBMS MySQL ini, sehingga hal ini membuat MySQL menjadi lebih baik dari segi efisiensi dan juga fungsionalitas yang lebih baik.


Baca juga : Perbedaan Python R dan SQL


2. MySQL Merupakan Salah Satu DBMS yang Bersifat Open Source

Salah satu keunggulan MySQL adalah gratis. Ya, MySQL dengan versi paling basic atau sederhana dijual dengan harga yang gratis, karena merupakan software Open Source. Meskipun gratis, bukan berarti database ini mempunyai kinerja buruk. MySQL sudah memiliki lisensi GPL di bawah pengelolaan Oracle sehingga tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Selain itu, bagi kamu yang membutuhkan fungsi lebih dari MySQL, software ini bisa didapatkan dalam versi enterprise, ataupun membeli source code yang ditawarkan oleh MySQL dengan harga yang cukup terjangkau, apabila dibandingkan dengan Oracle.


3. Kurang Mendukung untuk Pemakaian pada Perusahan dengan Database Berkapasitas Besar

Karena merupakan salah satu jenis DBMS yang ramah terhadap spesifikasi komputer, maka MySQL pun memiliki fitur yang tidak selengkap Oracle. Hal ini berhubungan dengan implementasi dari DBMS yang dilakukan, dimana MySQL tidak mampu atau diragukan kemampuannya untuk melakukan manajemen database dengan jumlah data yang sangat besar. Jika kamu ingin mengembangkan aplikasi atau sistem di perusahaan dengan database yang cukup besar, ada baiknya jika menggunakan database manajemen sistem selain MySQL. Kamu dapat mencoba dengan menggunakan Big Data atau BigQuery. 


4. Technical Support yang Kurang Mendukung

Sifatnya yang Open Source membuat MySQL tergolong sebagai software yang tidak memberikan technical support yang memadai. Hal ini membuat user akan mengalami kesulitan dalam menghubungi technical support. Apalagi jika pengguna mengalami masalah yang berhubungan dengan pengoperasian perangkat lunak tersebut dan membutuhkan bantuan technical support.

Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan aplikasi game atau perangkat mobile ada baiknya jika mempertimbangkan lagi jika ingin menggunakan MySQL. Kebanyakan pengembang game maupun aplikasi mobile tidak menggunakannya karena memang database manajemen sistem ini masih kurang bagus dipakai untuk sistem aplikasi tersebut.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Kenali Lebih Dalam Tentang MySQL Bersama DQLab!

MySQL adalah sebuah sistem manajemen database yang berguna untuk mengelola database di dalam website. Dengan keunggulan dan juga kekurangannya, sistem manajemen database dengan MySQL mempunyai banyak fitur. Selain itu, proses instalasi sampai dengan penggunaannya sangat mudah sehingga bagi pengguna yang masing awam pun mungkin akan cepat untuk memahaminya.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai MySQL serta bagaimana caranya menggunakan MySQL? Kunjungi langsung situs DQLab dan buat Akun GRATIS sekarang juga untuk menikmati pengalaman belajar bersama DQLab dengan mengakses module gratis "Introduction to Data Science". Kamu bisa mulai memperdalam ilmu kamu mengenai MySQL dan membangun portofolio datamu dengan belajar bersama DQLab!



Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :