[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 13 Menit 59 Detik 

Kenali Kelebihan Fungsi di Microsoft Excel

Belajar Data Science di Rumah 12-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4f5ea484f515cd161f1a7f36d14700f2_x_Thumbnail800.jpg

Kemampuan untuk menguasai Excel pasti akan menjadi persyaratan khusus bagi kamu yang ingin bekerja di bidang data. Ada banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan manajemen data, termasuk untuk membersihkan data, menambahkan variabel baru berdasarkan variabel yang telah ada, hingga melakukan analisis sederhana. Jika dieksplor lebih jauh, ternyata Excel tidak kalah powerfull dibandingkan tools pengolahan data lainnya.

Microsoft Excel merupakan software berbentuk spreadsheet yang dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation agar dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Menariknya, Excel telah berhasil menjadi software spreadsheet yang populer dan diakui pada tahun 1998. Ada banyak fitur yang disediakan oleh software ini. Jika kamu sedang mencari tahu tentang kelebihan Excel, maka kamu berada di artikel yang tepat karena disini akan dibahas mengenai kelebihan dari Excel ini. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Mampu Melakukan Manajemen Data

Kelebihan utama dari Microsoft Excel adalah kemampuan untuk melakukan manajemen data. Proses manajemen data ini akan mempermudah kita pada saat melakukan analisis data karena data yang ada telah bersih, rapi, dan lengkap. Setelah melewati proses manajemen data, kita juga akan lebih mudah untuk memahami pola data dan mencerna gambaran umumnya. Untuk melakukan proses manajemen data ini, tentu dibutuhkan kemampuan akan fungsi dan juga rumus-rumus yang ada.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Formula yang Mudah Dipahami

Untuk melakukan manajemen data, tentu akan dibutuhkan rumus-rumus tertentu. Ternyata jika kita menggunakan formula Excel untuk melakukan perhitungan, hasilnya akan lebih cepat didapatkan dibanding dengan menggunakan kalkulator. Formula Excel tidaklah serumit coding dengan Python, R, ataupun software pengolahan data lainnya. Namun tentu saja agar kita bisa lancar menggunakan formulanya, kita harus terus berlatih sehingga dapat memahami formula yang seperti apa yang bisa kita gunakan untuk menghadapi kasus yang saat ini kita dapatkan.

3. Dukungan Pihak Ketiga

Excel telah menjadi software spreadsheet nomor satu saat ini, sehingga tidak mengherankan jika Excel tidak hanya bisa digunakan di laptop atau komputer, namun bisa digunakan di perangkat lain seperti tablet dan smartphone. Hal ini tentu saja akan memudahkan kita dalam bekerja, bahkan di dalam perjalanan sekalipun, selama kita membawa tablet ataupun smartphone yang telah terinstall Excel.

4. Terintegrasi dengan Microsoft Office

Excel merupakan bagian dari Microsoft Office, sehingga tidak heran jika Excel akan lebih mudah terintegrasi dengan software lain yang dibawahi oleh Microsoft Office, seperti Microsoft Powerpoint, Microsoft Word, dll. Ini akan sangat berguna misalkan kita ingin membuat presentasi yang berbentuk lebih visual, atau membuat laporan dinamis di Microsoft Word. Tentu saja karena sama-sama berada di bawah Microsoft Office, maka proses penambahan spreadsheet Excel akan lebih mudah dibandingkan dengan dengan spreadsheet lainnya.

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

5. Belajar Excel Lebih Lanjut di Modul Platinum DQLab, Yuk!

Gimana, kelebihan Excel banyak banget kan? Kamu bisa mempelajari Excel lebih dalam di DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup membeli modul platinum yang ada, disana akan dijelaskan Excel dari yang sangat dasar hingga ke level yang cukup rumit. Keuntungan jika kamu membeli modul platinum di DQLab, kamu bisa mengakses modul tersebut secara unlimited. Nah, tunggu apalagi? Yuk buruan daftarkan akun mu dan mulai belajar Excel!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!