GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 42 Menit 37 Detik 

Kenali Kelebihan Python untuk Project Data Science

Belajar Data Science di Rumah 08-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4b8bc2a5c5883e4f471a498958427073_x_Thumbnail800.jpg

Di abad ke-21, data science merupakan salah satu bidang yang paling banyak dibicarakan. Saat ini setiap perusahaan menjadi profesional yang memahami data science yang bisa membantu meningkatkan produktivitas mereka. Data science merupakan studi mendalam mengenai sejumlah bg data yang terdiri dari data mining untuk mendapatkan data yang dibutuhkan baik data terstruktur maupun tidak terstruktur yang diproses menggunakan metode ilmiah dan algoritma yang powerful. Data science merupakan bidang multidisiplin yang menggunakan alat dan teknik untuk memanipulasi data sehingga data scientist dapat menemukan hal baru yang bermanfaat. 

Saat ini produksi data terus meningkat, diprediksi 2,5 kwintal bytes data diproduksi setiap hari dan pada tahun 2020, data yang diproduksi oleh seseorang setiap detik adalah 1,7 MB. Fenomena ini merupakan peristiwa yang sangat menakjubkan dan merubah pola pikir stakeholder dalam perusahaan yang secara signifikan mulai menggunakan data untuk bekerja, tumbuh, dan meningkatkan bisnis. Untuk dapat menghasilkan insight dari kumpulan big data tersebut, perlu adanya tools khusus yang powerful, salah satunya adalah Python. Mungkin, istilah bahasa pemrograman python sudah tidak asing lagi, namun apakah kamu tahu apa kelebihan python untuk data science? Pada artikel kali ini DQLab akan membahasnya khusus untukmu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Sederhana

Salah satu kelebihan bahasa pemrograman python adalah kesederhanaannya. Hal ini menyebabkan python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang user friendly khususnya bagi para pemula. Python memiliki sintaks yang rapi dan jelas sehingga proses mempelajarinya lebih mudah jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti C++ atau Java. Selain itu, python banyak digunakan untuk analisis data, analisis statistika, web development, pemrosesan teks, game development, dan lain sebagainya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Library yang Powerful

Kelebihan lain dari python adalah memiliki berbagai macam library dengan ratusan fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Tiga library python yang banyak digunakan dalam bidang data science adalah NumPy, Pandas, dan SciPy. NumPy adalah salah satu library paling awal untuk menemukan kasus dalam data science. Library ini menggabungkan fungsi matematika tingkat tinggi yang beroperasi pada array dan matriks multi dimensi yang sangat powerful untuk komputasi ilmiah. Pandas merupakan library analisis data python yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari mengimpor data dari spreadsheet hingga memproses kumpulan data untuk analisis time series. Library SciPy memiliki semua tools yang diperlukan untuk integrasi numerik dan analisis data science yang efektif. Selain itu, ada pula library lain yang juga banyak digunakan dalam data science, seperti Matplotlib, Scikit-Learn, dan PyBrain.


3. Terintegrasi dengan Jupyter Notebook

Python tidak akan jauh dari jupyter notebook. Jupyter notebook merupakan web open source yang dimanfaatkan oleh data scientist untuk menulis kode. Tools ini merupakan tools yang sangat berguna di bidang data science dan machine learning karena data scientist dapat  digunakan untuk menyimpan visualisasi data dan kode dalam satu tempat yang sama.


4, Memiliki Komunitas User yang Besar

Salah satu keunggulan python adalah memiliki komunitas yang besar yang tersebar di berbagai belahan dunia. Biasanya sesama user python saling berinteraksi di suatu platform seperti Stack overflow untuk saling membantu. Di platform ini user python juga saling berdiskusi untuk menyelesaikan problem yang diupload oleh user python yang lain.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Python Bersama DQLab

Walaupun python termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipahami, namun untuk pemula tetap perlu guideline agar proses belajar lebih terstruktur. Yuk belajar python bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul python dengan berbagai level, mulai dari pemula hingga advanced yang sudah dirancang khusus sehingga proses belajar lebih terarah. Modul DQLab dilengkapi dengan live code, video penjelasan menarik, dan ilustrasi yang membantu kita untuk memahami setiap materi yang sedang dipelajari. Penasaran? Yuk klik button di bawah ini untuk mengakses modul ‘Introduce to Data Science’ sebagai langkah awal sebelum belajar python lebih dalam lagi.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!