Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kenali Keseharian Job Description Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 21-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6e87a7e67ee8f6e2a1fa33c74b9fe477_x_Thumbnail800.jpeg

Pada saat seseorang mencari tahu tentang profesi yang diminati tentu yang tidak luput dari pencarian adalah job description dari profesi tersebut. Begitu halnya dengan data scientist, job description data scientist saat ini termasuk ke dalam salah satu hal yang diminati. Data scientist pun memang cukup menarik banyak minat para pencari kerja terutama para fresh graduate. Namun kalian jangan khawatir, tidak hanya orang yang memiliki latar belakang terkait saja yang bisa menjadi data scientist. Akan tetapi terbuka untuk siapa saja dan dari latar belakang pendidikan apa saja.


Data scientist sama seperti profesi lainnya yang memiliki tugas, tanggung jawab serta kualifikasi kompetensi atau skill yang harus dimiliki. Secara umum data scientist bertanggung jawab terhadap data perusahaan dan nantinya diharapkan dapat menemukan insight yang berguna untuk memajukan perusahaan. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa job description data scientist, sehingga kamu tidak perlu bingung ke arah mana profesi ini nantinya.


1. Mengidentifikasi Masalah

Salah satu job description data scientist adalah mengidentifikasi masalah. Seorang data scientist harus mengerti terlebih dahulu data yang akan digunakan serta masalah apa yang akan diselesaikan. Dengan proses identifikasi masalah ini akan memudahkan data scientist dalam menentukan ilmu apa yang diterapkan, teknik yang digunakan, serta tools yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan data yang ada. Dengan demikian hasil analisis akan lebih valid dan mudah untuk dikomunikasikan terhadap pihak perusahaan.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memvalidasi Data

Proses validasi data merupakan tugas penting untuk seorang data scientist. Validasi data merupakan suatu langkah untuk memastikan bahwa data sudah sesuai dengan kriteria dan dapat dipastikan kebenaran dan sumbernya. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan pada saat proses validasi data yaitu pemeriksaan tipe data (mengkonfirmasi bahwa data yang dimasukkan memiliki tipe yang benar), pemeriksaan format data (sesuai dengan format standar tertentu yang diinginkan), pemeriksaan konsistensi dan pemeriksaan keunikan. 

Data Scientist


3. Menganalisis Data

Proses analisis data adalah tugas inti bagi data scientist. Seorang data scientist menganalisis data menggunakan dasar-dasar ilmu data science. Hasil analisis data tersebut nantinya akan menghasilkan insight atau kesimpulan yang dapat digunakan sebagai dasar bahan pertimbangan dalam membuat keputusan. Setidaknya terdapat berbagai macam analisis data yang wajib dikuasai oleh data scientist yaitu descriptive analytics, predictive analytics, dan prescriptive analytics.

Data Scientist


4. Memberikan Saran

Selain menganalisis data, seorang data scientist juga bertugas memberikan saran kepada pihak perusahaan. Saran-saran yang diberikan tentunya juga berdasar dari hasil analisis data. Saran yang diberikan diharapkan sesuai dengan permasalahan data yang ada serta dapat memberikan efek baik atau kemajuan untuk perusahaan kedepannya. Saran yang diberikan pun harus sesuai dengan tujuan analisis. Dengan demikian saran yang diterima stakeholder akan sesuai dengan yang diinginkan.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Menjadi seorang data scientist memang saat ini menjadi impian bagi banyak orang. Namun hal penting yang perlu diketahui adalah job description dari data scientist itu sendiri sehingga calon data scientist mengetahui ke arah mana serta apa tugas dan tanggung jawab mereka. Kalian bisa mulai mengenali dan mempelajari data scientist di DQLab yang menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login