Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kenali Lebih Dekat Cloud Azure Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 20-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/884a968c2897d5119038c940f11c7666_x_Thumbnail800.jpeg

Berbicara mengenai machine learning tentunya istilah ini sudah tidak asing di telinga kita.  Berbagai penerapan machine learning pun sudah sering kita jumpai dalam kegiatan keseharian. Machine learning dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai aplikasi atau software maupun layanan cloud. Salah satunya adalah Azure machine learning, yaitu sebuah layanan cloud yang dapat digunakan untuk mengolah dan menganalisis data. 


Machine learning ini merupakan salah satu ilmu yang harus kita ketahui dan kuasai terutama di jaman yang mayoritas menggunakan sistem digital. Terdapat berbagai hal yang perlu kita ketahui terkait machine learning seperti pengertiannya, tujuannya, teknik yang digunakan dan macam-macam tipe machine learning. 


Penggunaan algoritma machine learning pun harus tepat dan sesuai agar hasil analisis benar-benar maksimal. Nah pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa hal terkait azure machine learning, yaitu sebuah layanan cloud yang dapat digunakan pada machine learning


1. Apa Itu Azure Machine Learning

Azure machine learning merupakan suatu layanan cloud yang bertujuan untuk membuat dan juga mengelola solusi yang dihasilkan dari machine learning. Azure machine learning juga berfungsi untuk memprediksi hasil dari sekumpulan data atau meng cluster data yang ada serta menganalisis keseluruhan datanya menggunakan beragam algoritma. Tools dalam azure machine learning menerapkan sistem proteksi dan privasi yang terpercaya agar pengguna mendapatkan sistem keamanan yang terpercaya.


Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Komponen Azure Machine Learning 

Dalam proses penggunaannya, azure machine learning memiliki beberapa komponen yang dapat mendukung kinerjanya. Komponen azure machine learning tersebut antara lain compute, storage dan fabric. Compute digunakan untuk mengatur proses komputasi. Storage berguna untuk menyimpan data. Terdapat dua jenis storage yaitu Azure Storage dan SQL Azure. Komponen terakhir adalah Fabric, yang berguna untuk mengatur sistem penyimpanan di Azure.


3. Kelebihan Menggunakan Microsoft Azure

Microsoft Azure menjadi salah satu pilihan bagi para praktisi data dikarenakan dipercaya dapat menghasilkan solusi yang lebih efektif. Selain itu terdapat beberapa kelebihan Microsoft Azure antara lain pengembangan dan pelatihan model yang sangat cepat, pengembangan model AI yang bertanggung jawab dengan kelayakan dan kemudahan, penyebaran, manajemen dan berbagi model machine learning cepat untuk kolaborasi lintas ruang kerja dan MLOps, serta tata kelola dan keamanan bawaan untuk menjalankan beban kerja machine learning dari mana saja


4. Cara Kerja Azure Machine Learning

Layanan cloud Microsoft Azure ini memiliki cara kerja yang perlu dipahami oleh pengguna. Berikut ini langkah-langkahnya : 1) Buka portal Azure dan pilih Machine Learning, 2) Pilih tombol Add, 3) Masukkan nama Workspace dan Resource Group lalu tekan tombol Review + Create, 4)Tunggu proses deployment. Jika sudah selesai pilih Go to resource, 5) Pilih menu Experiment di sidebar kiri dan pilih Launch the Studio lalu selanjutnya akan diarahkan ke halaman baru domain ml.azure.com, 6) Pilih Start Now di Notebooks, 7) Buat file baru, 8) Buat komputasi baru (jika belum ada) lalu tekan tombol creat dan tunggu proses pembuatannya, 9) Jika sudah status running pilih tombol Edit untuk mengedit file hello.ipynb dengan Jupyter Notebook, 10) Selanjutnya diarahkan ke halaman Jupyter Notebook dan membuat model machine learning.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pemahaman terkait Microsoft Azure Machine Learning ini perlu dipahami pula oleh pengguna. akan tetapi kita perlu juga memahami dasar-dasar machine learning yang salah satunya dapat dipelajari di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login