PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 4 Menit 40 Detik

Ketahui Perbedaan Data Scientist, Data Analyst, Dan Data Engineer, Profesi Yang Paling Dicari Saat Ini!

Belajar Data Science di Rumah 16-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4bf73e572357100ba78952b0b1ad0970_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer adalah tiga profesi di bidang data yang paling dicari saat ini. Era kini sudah memasuki era data dimana data menjadi komponen penting dalam perkembangan industri. Setiap hari data terus bertumbuh dengan cepat dan dalam bentuk yang beragam. Butuh pengelolaan yang benar agar bermanfaat sebagai sumber informasi untuk pengambilan keputusan kedepannya. 


Serupa tapi tak sama, Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer bertugas mengelola data namun tetap ada perbedaan dalam pekerjaannya. Siapa saja yang ingin membangun karir menjadi praktisi data, penting untuk tahu perbedaan ketiga profesi tersebut. Sehingga dalam mulai belajar atau membangun portofolio data bisa lebih fokus pada skill maupun tools yang wajib dikuasai. Yuk, simak pembahasannya satu per satu perbedaan Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer!


1. Mengenal Role Setiap Profesi 

Data Engineer bertugas merancang infrastruktur data, membangun interface untuk pengumpulan data dari berbagai sumber, dan membangun hingga melakukan pemeliharaan arsitektur datanya. 

Data Scientist bertugas mengumpulkan data, mengolah data, dan melakukan analisis data dalam jumlah besar dan kompleks atau disebut juga big data. Data yang digunakan biasanya berasal dari data yang sudah dikumpulkan oleh Data Engineer. Role Data Scientist bertujuan untuk menghasilkan kesimpulan dari kumpulan data yang dapat dimengerti semua orang. 

Data Analyst bertugas membersihkan, menganalisis, dan membuat visualisasi data untuk menemukan insight dari kumpulan data yang besar dan dapat digunakan dalam pengambilan keputusan atau kemajuan bisnis dari berbagai aspek. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Apa Saja Skill Yang Wajib Dikuasai?

Perlu diingat kembali, data science adalah ilmu yang dibangun berdasarkan tiga bidang ilmu yaitu matematika, statistik, dan komputer atau programming. Maka ketiga bidang ilmu yang terkandung dalam data science wajib kamu kuasai. Jika kamu sudah mahir di programming, bisa perkuat matematika dan statistik. Sebaliknya jika lebih paham matematika dan statistik, maka mulailah belajar programming untuk menerapkan komputasinya. 

Selain ketiga skill dasar tersebut, Data Engineer harus memiliki kemampuan database dalam membangun arsitektur data yang tepat serta up-to-date untuk terus melakukan penyesuaian dalam arsitektur datanya, dan juga kemampuan dalam big data. Data Scientist harus memiliki kemampuan dalam menerapkan metode pengolahan data yang baik dengan terus mengeksplorasi data dan menguji metode-metode yang ada. Data Analyst harus memiliki kemampuan analisis yang baik serta paham tentang bisnis dan istilah-istilah bisnis agar dapat menjadi penghubung bagi tim lainnya yang berhubungan dengan jalannya bisnis. 


3. Mengenal Tools Yang Digunakan 

Setiap profesi punya tools andalannya masing-masing yang mendukung pekerjaan. Data Engineer sering menggunakan NoSQL, Hadoop, atau Python yang mendukung dalam membangun arsitektur data. Data Scientist sering menggunakan Python, SQL, atau R yang mendukung proses pengolahan data lebih efisien dan akurat. Python dan R juga mudah dipelajari dan dipahami saat menggunakannya. Data Analyst akan sering menggunakan Excel, Tableau, dan SQL yang mendukung dalam melakukan analisis data dan visualisasi data yang menarik sehingga lebih mudah dipahami semua orang khususnya tim yang bersangkutan dalam jalannya bisnis. Bila dilihat ada tiga tools yang sama digunakan Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst yaitu SQL, Python, dan R. Yup, ketiga tools ini adalah yang paling populer digunakan dalam dunia data. Selain karena mudah dipelajari oleh pemula sekalipun, ketiga tools tersebut bersifat open source yang artinya bisa digunakan oleh siapa saja untuk mengembangkan program. Untuk kamu yang ingin menjadi praktisi data, bersama DQLab kamu bisa mempelajari ketiga tools tersebut dengan fitur live code yang disediakan menggunakan real data. 

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissawd


    Mulai Karier
    sebagai Praktisi
    Data Bersama
    DQLab

    Daftar sekarang dan ambil langkah
    pertamamu untuk mengenal
    Data Science.

    Buat Akun


    Atau

    Sudah punya akun? Login