[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 34 Menit 1 Detik 

Kenali Macam-Macam Tools dan Software Analisis Statistik Beserta Kelebihannya

Belajar Data Science di Rumah 08-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3c7123aef2a700f10ca75e754d5e386f_x_Thumbnail800.jpg

Analisis statistik adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data untuk menemukan informasi yang tersembunyi pada kumpulan data, seperti pola dan trend. Untuk menganalisis data, dalam analisis statistik kita perlu menghilangkan bias agar informasi yang kita dapatkan lebih akurat. Selain itu, metode statistik juga bisa digunakan sebagai tools ilmiah untuk membantu proses decision making. Menurut TechTarget.com, sebuah perusahaan teknologi online menjelaskan analisis statistik sebagai sebuah aspek dari business intelligence yang berisi proses mengekstrak data bisnis untuk mendapatkan insights yang bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis.


Analisis statistik dapat diterapkan di berbagai sektor industri. Namun tidak semua industri memiliki expert di bidang statistik yang bisa menghitung analisis data secara manual. Oleh karena itu, kita membutuhkan tools statistik berupa software analisis statistik. Selain itu, penggunaan software analisis statistik juga mengurangi adanya human error saat melakukan perhitungan secara manual. Dengan demikian, proses analisis akan lebih cepat dan akurat. Saat ini, ada berbagai software atau tools analisis statistik yang bisa kita gunakan, baik software berbayar maupun gratis. Setiap software pun memiliki kelebihan fungsi masing-masing. 


Pada artikel kali ini kita akan membahas software-software statistik yang banyak digunakan oleh praktisi data untuk menganalisis data dengan berbagai tujuan. 


1. Software SPSS

SPSS adalah package software statistik yang paling banyak digunakan. Software dengan kepanjangan Statistical Package for the Social Sciences ini menyediakan berbagai kemampuan untuk menganalisis data dengan sangat mudah, seperti analisis statistik deskriptif, analisis parametrik dan non parametrik, serta dilengkapi dengan berbagai grafik dan diagram menarik untuk mempertajam hasil analisis. SPSS juga menyediakan fitur untuk membuat skrip untuk mengotomatisasi analisis atau untuk proses analisis lebih lanjut.

statistik


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Microsoft Excel

Jika kita membahas mengenai analisis statistik, maka tools yang satu ini tidak akan pernah terlewatkan. Yaps! Microsoft Excel. Software yang satu ini merupakan salah satu software paling terkenal di kalangan praktisi data. Microsoft excel tidak kalah powerful untuk mengolah berbagai jenis data. Ditambah dengan berbagai fitur yang disediakan seperti ratusan formula, fitur chart, serta fitur-fitur lainnya menyebabkan excel masih menjadi primadona untuk menganalisis data. Selain itu, excel juga memiliki fitur excel macro sehingga kita bisa membuat sintaks untuk analisis data lebih lanjut.

statistik


3. Bahasa Pemrograman R

Bahasa pemrograman R adalah package software statistik yang banyak digunakan di berbagai research, terlebih untuk research yang membutuhkan big data. Bahasa pemrograman R memiliki toolbox yang tersedia untuk analisis data dengan range yang besar namun bisa menyederhanakan berbagai aspek dari pemrosesan data. Berbeda dengan dua tools sebelumnya, bahasa pemrograman R menggunakan pendekatan coding sehingga user harus menulis sintaks dan me-run sintaks tersebut untuk menghasilkan insight. Namun demikian, bahasa pemrograman R bisa digunakan untuk data berukuran sangat besar tanpa harus membayar lisensi atau biasa dikenal dengan open source.

statistik


4. Matlab

Matlab adalah sebuah platform analisis dan bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh engineer dan scientist. Sama seperti bahasa pemrograman R, user harus memiliki pemahaman coding, menulis sintaks, serta me-run sintaks tersebut untuk mengekstrak dataset menjadi informasi yang berguna. Matlab memiliki bermacam-macam toolbox untuk membantu menjawab pertanyaan research kita, seperti EEGLab untuk analisis data EEG. 

statistik


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Pelajari Berbagai Metode Analisis Statistik Bersama DQLab

Dalam dunia statistik, ada berbagai metode yang bisa kita gunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat bagi berbagai industri. Seiring berjalannya waktu, metode ini terus berkembang menjadi lebih kompleks namun lebih powerful. Tools yang digunakan untuk analisis data pun beragam. Yuk pelajari berbagai metode dan tools analisis statistik bersama DQLab! Gunakan modul pembelajaran dari DQLab sebagai guidance dalam belajar dan nikmati proses belajar menyenangkan kapanpun dan dimanapun. Klik button di bawah ini untuk sign up dan nikmati modul dan e-book gratis dari DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!