[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 9 Menit 45 Detik 

Kenali Manfaat dan Pentingnya Visualisasi Data

Belajar Data Science di Rumah 19-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/46cd7f5225b70fc67ae47f996b00e9ad_x_Thumbnail800.jpg

Pada saat melakukan penelitian pada umumnya kita melalui proses analisis atau pengolahan data. Setelah data selesai dianalisis kita perlu menyampaikan atau mempresentasikan hasil analisis kita, salah satu caranya adalah dengan cara visualisasi data. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui apa itu visualisasi data serta manfaat visualisasi data dan seberapa pentingnya proses itu dalam kegiatan penelitian kita.

Visualisasi data merupakan suatu proses yang sangat penting dalam pengelolaan bisnis, tampilan data yang menarik dan mudah dipahami akan memudahkan juga dalam proses pemahaman pada saat penarikan kesimpulan untuk keputusan bisnis. Visualisasi data biasanya ditampilkan dalam bentuk grafik yang berdasarkan informasi dari data. Mudahnya, dengan visualisasi data kita akan lebih memahami secara visual apa maksud dan tujuan dari sekumpulan data yang ada.


1. Memudahkan Pembaca

Proses visualisasi data akan memudahkan pembaca dikarenakan informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik tersebut bersifat komunikatif. Selain bersifat komunikatif, tentunya data juga tetap memberikan informasi yang berguna untuk kepentingan bisnis. Karena inti dari visualisasi data adalah data atau informasi tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami sehingga dapat memberikan informasi demi kemajuan bisnis dan memberikan insight yang positif untuk meningkatkan performa.


Baca juga : Belajar Python Pemula : Pahami Beberapa Poin Berikut Sebelum Melakukan Visualisasi Data Menggunakan Matplotlib!ntuk-hasilkan-visualisasi-data


2. Meningkatkan Nilai Produk dan Jasa

Data merupakan kumpulan informasi yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian. Data bernilai sangat berharga jika diolah atau dianalisis dengan benar. Data yang telah dianalisis akan memberikan informasi yang mana hal itu perlu dikemas secara baik dengan proses visualisasi data. Dari hasil visualisasi data itu akan memberikan informasi seperti dapat memberikan informasi untuk peningkatan nilai produk maupun jasa.


3. Menambah Wawasan

Wawasan atau pengetahuan merupakan hal yang selalu beriringan dengan manusia. Kita semakin bedaya dengan wawasan yang kita miliki jika dikelola dengan baik. Sebagai contoh dalam proses visualisasi data kita akan menampilkan hasil analisis data secara keseluruhan dan dapat membantu pembaca atau user dalam menggunakannya serta dapat  membangun pemahaman tentang kinerja bisnis, peluang, risiko dan masih banyak lainnya. .


4. Penyampaian Data Secara Komunikatif

Visualisasi data memiliki beberapa jenis atau tipe, seperti chart line, box plot, pie chart, scatter plot, dan masih banyak lainnya. Jika hasil analisis data tidak divisualisasikan maka sebagian besar orang tidak akan memahaminya. Oleh karena itu pentingnya visualisasi data disini adalah dapat menyampaikan hasil analisis data secara baik, menarik dan mudah dibaca serta dipahami oleh pembaca. Proses visualisasi data tidak perlu terlalu ramai yang penting menarik dan nyaman untuk digunakan dan dipandang .


Baca juga : Cara Membuat Visualisasi Data Trends dengan Excel


5. Profesi Terpopuler di Era Milenial

Profesi data scientist menjadi salah satu profesi yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Untuk menjadi seorang data scientist pun kita harus memiliki beberapa keterampilan dan keahlian seperti ilmu statistik dan bahasa pemrograman. Semua itu bisa kamu dapatkan di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan muali mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!