PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 3 Menit 45 Detik

Kenali Manfaat Data Science dalam Bidang Maritim

Belajar Data Science di Rumah 26-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-05-2024-06-27-173024_x_Thumbnail800.jpg

Data science tak hanya berkutat pada sisi teknologi semata. Belakangan ini, sektor-sektor lain juga punya peranan besar dalam mengadopsi teknologi data science. Salah satunya bidang maritim. Di Indonesia, maritim merupakan sektor prioritas karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi untuk menjadi Poros Maritim Dunia.


Poros Maritim Dunia bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengamanan kepentingan dan keamanan maritim, memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia. 


Presiden Joko Widodo sendiri mencanangkan lima pilar utama dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia sebagai poros maritim dunia. Mulai dari budaya maritim, menjaga dan mengelola sumber daya laut, komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim, dan membangun kekuatan pertahanan maritim.


Lalu, bagaimanakah peran dan posisi data science ini ketika diterapkan pada sektor maritim? Yuk, sama-sama cari tahu lewat artikel berikut sahabat DQLab!


1. Peningkatan Keamanan Maritim

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jika Indonesia ingin menjadi negara Poros Maritim Dunia akan meliputi pembangunan proses maritim dari aspek infrastruktur, politik, sosial-budaya, hukum, keamanan,dan ekonomi. Penegakkan kedaulatan wilayah laut NKRI, revitalisasi sektor-sektor ekonomi kelautan, penguatan dan pengembangan konektivitas maritim, rehabilitasi kerusakan lingkungan dan konservasi biodiversity, serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kelautan, merupakan program-program utama dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.


Keamanan menjadi prioritas utama dalam operasi maritim mengingat kompleksitas dan risiko yang terlibat. Data Science membantu dalam menganalisis pola-pola dari data historis dan real-time untuk mengidentifikasi anomali atau perilaku mencurigakan. Contohnya, sistem deteksi dini berbasis Data Science dapat mengidentifikasi pola lalu lintas kapal yang tidak biasa atau memonitor zona-zona rawan seperti perairan terpencil atau daerah berisiko tinggi kejahatan laut.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Keberlanjutan dan Biodiversitas Lingkungan

Industri maritim juga dihadapkan pada tekanan untuk mengurangi dampak lingkungan mereka. Data Science dapat membantu dalam mengidentifikasi praktik-praktik operasional yang ramah lingkungan melalui analisis data tentang emisi gas rumah kaca, penggunaan bahan bakar alternatif, dan pemantauan polusi laut. Dengan menerapkan teknologi ini, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan keberlanjutan operasional mereka.


3. Manajemen Armada dan Pemeliharaan Kapal

Data Science juga berperan penting dalam manajemen armada kapal dan pemeliharaan. Dengan memanfaatkan IoT (Internet of Things) dan sensor-sensor yang terpasang di kapal, data mengenai performa mesin, kondisi struktural kapal, dan penggunaan bahan bakar dapat terus dipantau secara real-time. Analisis Big Data dari informasi ini memungkinkan perusahaan untuk merencanakan jadwal pemeliharaan yang tepat waktu dan mengoptimalkan efisiensi operasional armada mereka.


4. Optimasi Rute dan Efisiensi Operasional

Data Science memungkinkan perusahaan pelayaran untuk mengoptimalkan rute kapal berdasarkan berbagai faktor seperti cuaca, arus laut, kepadatan lalu lintas, dan konsumsi bahan bakar. Analisis prediktif yang menggunakan Machine Learning dapat memberikan perkiraan akurat mengenai kondisi cuaca jangka pendek maupun jangka panjang, yang berkontribusi pada perencanaan operasional yang lebih efisien dan penghematan biaya yang signifikan.


Penerapan Data Science dalam industri maritim tidak hanya membuka peluang untuk meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan, tetapi juga mendukung tujuan keberlanjutan global. Dengan terus mengembangkan kemampuan analisis data mereka, perusahaan-perusahaan maritim dapat memanfaatkan informasi yang lebih akurat dan real-time untuk menghadapi tantangan masa depan dan memaksimalkan potensi pasar global yang terus berkembang.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data scientist agar bisa berkarir di industri 4.0. Buruan gabung bersama DQLab dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login