GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 9 Menit 36 Detik 

Kenali Pekerjaan Serta Peran Data Analyst dalam Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a8411c88ecf8d74038da57b875368d47_x_Thumbnail800.png

Seiring berkembangnya waktu dan kecanggihan teknologi saat ini terdapat banyak profesi yang  benar-benar menyesuaikan dengan kecanggihan teknologi itu, salah satunya adalah data analyst. Data analyst merupakan profesi yang secara umum bertugas menganalisis data perusahaan untuk menghasilkan informasi dari data yang ada sehingga bisa diterapkan dalam keputusan bisnis. Pekerjaan data analyst dapat dikatakan sebagai pekerjaan yang tidak susah namun tidak mudah juga. 


Menjadi seorang data analyst memerlukan berbagai kompetensi yang merupakan gabungan dari beberapa bidang ilmu seperti matematika, statistika, pemrograman komputer, sistem informasi, strategi bisnis dan masih banyak lainnya. Selain itu untuk menjadi seorang data analyst kita perlu memiliki soft skill lainnya seperti ilmu komunikasi yang baik serta dapat bekerja secara tim maupun perorangan. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu yang perlu dimiliki oleh data analyst, selanjutnya apakah kalian tahu apa saja pekerjaan dan tugas seorang data analyst?


1. Menafsirkan Data

Data merupakan poin penting bagi seorang data analyst. Data yang diolah atau dianalisis dengan tujuan menghasilkan informasi sebaiknya merupakan data yang jelas, ringkas dan terperinci. Namun pada kenyataannya data yang ditemui di lapangan bentuknya sangatlah kompleks dan ada kalanya tidak beraturan. sehingga data perlu ditafsirkan atau diartikan sesuai dengan tujuannya. Oleh karena itu salah satu tugas dari data analyst adalah berfikir dan berinovasi untuk mengembangkan solusi dari data yang didapatkan agar dapat membuat keputusan bisnis kedepannya. 


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Mengembangkan dan Mengimplementasikan Database

Database merupakan basis data atau sekumpulan data yang diperoleh dari berbagai sumber yang nantinya akan dikelola sedemikian rupa sesuai dengan ketentuan dan tujuan tertentu. Salah satu pekerjaan seorang data analyst adalah mengembangkan serta mengimplementasikan database yang ada sehingga data yang telah terkumpul tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin. Database tersebut pun harus disimpan dengan sistem yang aman agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


3. Bekerja Sama dengan Manajemen 

Seorang data analyst perlu bekerja sama dengan pihak manajemen perusahaan untuk memprioritaskan kebutuhan bisnis dan informasi. Hal ini dilakukan baik sebelum pengolahan data maupun setelah pengolahan data. Sebelum pengolahan data pihak manajemen dan data analyst perlu membicarakan data atau variabel apa saja yang diperlukan untuk menunjang hasil analisis yang sesuai. Adapun setelah proses pengolahan data pihak manajemen dan data analyst bekerja sama dalam penerapan hasil analisis untuk proses kemajuan bisnis.


4. Membaca Trend Pasar

Hasil analisis data yang dilakukan seorang data analyst tentunya memiliki tujuan tertentu. Sebagai contoh dalam bidang penjualan barang elektronik. Dengan adanya data riwayat belanja pelanggan maka setelah dianalisis akan diketahui barang apa yang saat ini paling diminati dan dibutuhkan oleh pelanggan sehingga pihak perusahaan bisa  memaksimalkan produksi barang terlaris tersebut dan barang yang peminatnya sedikit dapat dikurangi produksinya atau memperluas jangkauan pemasaran agar semua barang laku terjual. Hal itu merupakan contoh sederhana dari tugas data analyst yang membaca trend pasar. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Gapai Mimpi Jadi Data Analyst Bersama DQLab

Data analyst saat ini menjadi profesi yang populer dan sangat diminati oleh berbagai kalangan usia. Beberapa hal yang menarik dari data analyst adalah gaji yang tinggi, jenjang karir yang menjanjikan serta waktu kerja yang fleksibel dan ilmunya yang dapat terus berkembang. Untuk menjadi data analyst kita dapat mulai mempelajari teori serta praktiknya di DQLab . Caranga sangat mudah, langsung aja coba DQLab.id/signup dan tentunya ada modul gratis loh di DQLab serta dilengkapi dengan bahasa pemrograman penunjang lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :