TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 16 Menit 3 Detik 

Kenali Pemanfaatan Metode Machine Learning dalam Industri Otomotif

Belajar Data Science di Rumah 18-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/40550803c7bc1e6800906c35486ecb91_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi digital mulai memasuki berbagai sektor industri, termasuk industri otomotif. Data-data yang dihasilkan dari berbagai teknologi ini menjadi sangat banyak dan susah diselesaikan dengan cara yang biasa. Tentu saja penggunaan Machine Learning dalam hal ini akan sangat dibutuhkan agar data yang berlimpah tersebut dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan yang tepat dan sesuai dengan keadaan dan juga dapat dilakukan secara otomatis.

Secara umum, Machine Learning merupakan mesin yang dibuat untuk mempelajari data yang ada agar dapat membuat keputusan sendiri layaknya manusia. Machine Learning ini terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan juga Reinforcement Learning. Namun bagaimanakah sebenarnya pemanfaatan Machine Learning ini dalam industri otomotif? Yuk, simak artikelnya!


1. Mobil Self Drive

Salah satu contoh pemanfaatan Machine Learning dalam dunia otomotif adalah lahirnya mobil yang dapat bergerak secara otomatis (self drive). Agar dapat bergerak secara otomatis, mobil ini akan dilengkapi oleh teknologi sensor. Dalam teknologi ini, data menjadi komponen penting yang harus ada. Itulah mengapa teknologi sensor ini dapat menghasilkan sangat banyak data yang membuat mobil dapat mengambil keputusan sendiri, seperti apakah akan belok kiri, belok kanan, dll. Tesla merupakan contoh mobil yang telah menggunakan teknologi ini. Mobil elektrik Tesla dengan fitur AI Autopilot nya dapat memprediksi 1000 objek yang berbeda untuk menghindari objek ketika menyetir.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2.Quality Control

Quality control adalah hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan otomotif. Tujuan utamanya adalah agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standar keamanan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sehingga kemungkinan untuk terjadi kecelakaan akan semakin kecil. Untuk mendeteksi kecacatan produk, praktisi data dari perusahaan otomotif dapat menggunakan Anomaly Detection dengan Image Recognition. Model dari Machine Learning akan mampu mendeteksi dengan akurat apakah terdapat kecacatan atau tidak.


3. Penentuan Waktu Service

Service mobil atau kendaraan lain harus dilakukan dalam rentang waktu tertentu untuk merawat kendaraan yang kita miliki. Namun pernahkah kamu lupa waktu service karena tidak pernah mencatat waktu service sebelumnya? Saat ini penggunaan Machine Learning juga sudah mulai digunakan oleh perusahaan otomotif untuk melakukan prediksi waktu service selanjutnya dengan menggunakan Predictive Analysis. Sehingga kamu tahu kapan harus melakukan service seperti ganti oli, air radiator, dll. 


4.Mengelola Supply Chain

Penggunaan Machine Learning juga bisa diterapkan di proses produksi. Kemajuan teknologi digital membuat proses produksi juga mulai menuju arah global, salah satunya dengan mengelola supply chain. Para praktisi data dari perusahaan otomotif akan menggunakan model analitik supply chain untuk menggambarkan stok inventori secara real time. Model ini kemudian dapat diakses oleh para suplier dan juga tim internal perusahaan sehingga akan mempermudah proses pembelian dan juga penjualan produk.


Baca Juga : Yuk Ketahui 3 Jenis Algoritma Machine Learning di Bidang Industri


5. Selain Otomotif, Pelajari Penerapan Data Science di Bidang Lainnya Bersama DQLab!

Selain otomotif, kamu juga bisa mempelajari penerapan Data Science dan Machine Learning di berbagai industri lainnya loh bersama DQLab. Wah, ini menjadi hal yang sangat menarik kan? Tenang saja, meskipun harga yang ditawarkan DQLab untuk menjadi member premiumnya terbilang sangat murah, pembuat modulnya adalah orang yang sangat kompeten di bidangnya sehingga tidak perlu khawatir jika modulnya tidak sesuai dengan keadaan di lapangan. Yuk, buruan daftarkan dirimu untuk menikmati semua modul yang ada dan juga fasilitas lainnya.



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor: Annissa Widya

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!