PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 26 Menit 34 Detik 

Kenali Pengertian Analisis Data hingga Manfaat yang Didapatkan

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1c19bdfe08b07d06447cd718551d597e_x_Thumbnail800.png

Di era digital ini hampir seluruh lini bisnis dan perusahaan sudah menerapkan data-driven untuk bisa mengoptimalkan serta memberikan peluang yang sangat positif bagi mereka. Pada data-driven sendiri penggunaannya akan berdampak pada volume jumlah yang didapatkan, mengingat data hampir setiap harinya berproduksi maka dibutuhkan analisis data yang tepat agar data dapat digunakan dengan tepat. Pada Analisis Data yang dilakukan oleh praktisi data yaitu seperti Data Scientist memungkinkan akan mengungkap sebuah insight yang bisa memajukan perusahaan atau bisnis tersebut hingga membantu kesuksesan mereka berdasarkan data. Pada artikel DQLab kali ini akan menjelaskan apa itu analisis data kepada sahabat data DQLab, roadmap analisis data hingga benefit jika kamu mengaplikasikannya pada real case industry. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai selesai!


1. Apa itu Analisis Data?

Analisis Data atau Data Analysis merupakan proses dengan menerapkan teknik statistik dan logika secara sistematis untuk menggambarkan, mengilustrasikan, mengevaluasi hingga membantu menarik kesimpulan yang menarik berdasarkan data. Sederhananya, Analisis data adalah proses memanipulasi data hingga mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan akhir operasi pada suatu perusahaan atau bisnis yang dijalankan. Analisis data akan melibatkan kumpulan data mentah, kemudian melakukan data cleaning dan data mining, serta memanajemen dataset yang dapat diakses hingga melakukan visualisasi data dengan menggunakan berbagai tools yang dibutuhkan. 


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Roadmap Analisis Data

Pada analisis data terdapat proses atau prosedur agar data tersebut dapat berguna dan bisa mendapatkan sebuah hasil yang maksimal. Analisis data tidaklah mudah prosesnya karena akan bergantung pada jenis data yang dianalisis, adapun roadmap atau perjalanan analisis data yaitu:

  • Menentukan pertanyaan untuk membantu mengetahui dasar tujuan, pada tahap ini bisa merumuskan pertanyaan berdasarkan masalah yang ada. Pertanyaan yang diajukan harus jelas, terukur dan ringkas karena nantinya pertanyaan tersebut memungkinkan menjadi solusi bagi permasalahan tersebut.

  • Mengumpulkan dataset, data yang didapatkan tentunya akan ditemukan di berbagai sumber dan jenisnya akan berbeda-beda ada data yang terstruktur dan data tidak terstruktur

  • Untuk menghindari masalah pada proses analisis, biasanya Data Scientist atau praktisi data melakukan data cleaning agar menyeragamkan format data menjadi lebih rapih dan membantu hasil analisis lebih akurat.

  • Adapun tools yang bisa digunakan untuk membantu proses analisis sesuai jenis data yang dimiliki

  • Dan terakhir, ketika hasil analisis sudah didapatkan agar mudah dipahami maka dilakukannya visualisasi data. Kamu dapat menggunakan dashboard atau bentuk visualisasi data lainnya agar lebih menarik perhatian dan memahami data dengan cermat.


3. Teknik Analisis Data dalam Penggunaannya

Sesuai pembahasan pada poin sebelumnya, setiap jenis data akan berbeda dalam menghadapinya. Membutuhkan beberapa teknik agar data tersebut bisa mendapatkan wawasan informasi yang bisa digunakan, terdapat dua jenis teknik analisis data yang bisa kamu terapkan yaitu:

  • Analisis data kuantitatif, dimana peneliti atau praktisi akan melakukan analisis dengan teknik non verbal dan penyajian data berupa data numerik.

  • Analisis data kualitatif, merupakan penelitian yang diambil data berdasarkan kualitatif seperti ekspresi, komunikasi verbal, bahasa tubuh, atau bentuk data yang tidak bisa dijelaskan berdasarkan data angka. 


4. Manfaat Analisis Data

Ketika analisis data dilakukan dengan baik dan berdasarkan logika, maka akan membantu keputusan lebih tepat dan baik. Adapun beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika menganalisis data dengan baik:

  • Membantu identifikasi masalah

  • Membantu memahami secari mendalam, spesifik dan juga sesuai target user

  • Dapat mencegah risiko

  • Membantu lebih unggul dari kompetitor lainnya

  • Membuat keputusan dan menghindari bias karena berdasarkan data

  • Menekan biaya pengeluaran


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Belajar Analisis Data yang Fun dan Aplikatif bersama DQLab Yuk!

Ingin memulainya? Kamu bisa daftarkan dengan cara signup di DQLab.id kemudian tekan "Belajar Gratis" untuk memulainya dan jangan lewatkan module GRATIS œIntroduction to Data Science with R atau œIntroduction to Data Science with Python. Dengan mulai menerapkan analisis data menggunakan teknik dan langkahnya dengan benar dapat memberikan sejumlah solusi yang sangat berguna bagi produktivitas dan efisiensi bagi perusahaan atau bisnismu!


Jangan lewatkan kesempatannya dan selamat mencoba sahabat Data DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :