BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 33 Menit 26 Detik 

Kenali Pengertian Analisis Data Menurut Para Ahli, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 21-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/84798757e83dd2e5c14d407ea37b3bd0_x_Thumbnail800.png

Analisis data merupakan salah satu tahapan penting dalam penelitian. Analisis data adalah proses untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang bermanfaat. Informasi ini akan berguna bagi para pemangku kebijakan dalam memutuskan keputusan yang akan diambil. Selain itu, proses analisis data juga digunakan agar data mentah yang ada jadi lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca, bahkan oleh orang yang tidak mengerti asal-usul dari data.

Karena analisis data termasuk ke dalam tahapan penting dari penelitian, sehingga banyak para ahli yang juga mulai mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari analisis data. Beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya antara lain adalah Prof. Dr. Sugiyono, John Tukey, Lexy J Moleong, Taylor, dan Komaruddin. Cari tahu pengertian analisis data menurut para ahli, yuk!


1. Prof. Dr. Sugiyono

Prof. Dr. Sugiyono adalah salah satu dosen di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dimana mengatakan bahwa analisis data merupakan proses yang sulit untuk dilakukan karena dalam proses analisis data peneliti harus melakukan kerja keras. Selain kerja keras, untuk melakukan analisis data, peneliti juga harus memiliki wawasan yang luas serta cara pikir kreatif karena dalam menentukan metode yang digunakan cukup tricky dan harus disesuaikan dengan data yang dimiliki.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. John Tukey

John Tukey merupakan seorang ahli Matematika yang berasal dari Amerika Serikat. John Tukey juga salah satu ahli yang mengemukakan definisi dari teknik analisis data. Menurut John Tukey, teknik analisis data adalah proses menganalisis data termasuk menafsirkan data yang sudah dilakukan analisa. Selain itu, analisis data juga termasuk teknik pengumpulan data karena proses pengumpulan data juga menentukan seberapa akurat data yang akan digunakan.


3. Lexy J. Moleong & Taylor

Selain Sugiyono dan John Tukey, Lexy J. Moleong & Taylor juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian analisis data. Menurut Lexy J. Moleong dalam bukunya yang berjudul Metode Penelitian Kualitatif, analisis data merupakan kegiatan analisis dari hasil penelitian, dimana meliputi proses memeriksa semua data dari instrumen penelitian, seperti catatan, dokumen, rekaman, dll. Sedangkan menurut Taylor, analisis data merupakan proses yang digunakan untuk menentukan tema dan juga merumuskan hipotesis.


4. Komaruddin 

Selain para ahli lainnya, Komaruddin juga termasuk ahli yang menyampaikan definisi dari analisis data. Menurut pendapat Komaruddin, analisis data merupakan kegiatan yang meliputi proses berpikir untuk merinci dan menguraikan suatu keseluruhan yang dijadikan komponen sehingga setiap komponen lebih mudah untuk dimengerti, baik itu hubungan antar komponen, serta fungsi dari masing-masing komponen ataupun fungsi secara keseluruhan. 


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Kenali Metode Analisis Data Lain dengan Menjadi Member DQLab, Yuk!

Menjadi seorang praktisi data profesional tentu harus memahami berbagai jenis analisis data yang ada. Di DQLab, kamu bisa mempelajari berbagai jenis metode penelitian yang disediakan di berbagai modul. Modul-modul ini disusun dengan menggunakan bahasa yang sangat mudah untuk dipahami bahkan oleh pemula sekalipun. Untuk mengakses modul tersebut caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu bergabung menjadi member di DQLab. Kamu bahkan bisa menikmati free modul dari DQLab. Yuk, tunggu apa lagi, buruan daftar dan jadi member di DQLab!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :